Title:


PENGEMBANGAN USAHA RENGGINANG SEBAGAI PELUANG PENINGKATAN UMKM DESA BATULAYANG, KABUPATEN BANDUNG BARAT


Author:


Mail Aulia Nanda(1*)
Mail Masyhafira Listianingsih(2)
Mail Syalma Nurindah Al-Azhary(3)

(1) Universitas Telkom, Indonesia
(2) Universitas Telkom, Indonesia
(3) Universitas Telkom, 
(*) Corresponding Author
Abstract views : 0

Abstract


Program Pemberdayaan Masyarakat Desa (P2MD) DPM KEMA FIT 2022 menyasar masyarakat produsen rengginang di Kampung Cikakak, Desa Batulayang, Kecamatan Cililin, Kabupaten Bandung Barat. Permasalahan yang dialami oleh produsen rengginang yaitu dalam pendistribusian produk, sehingga upaya yang dapat dilakukan adalah dengan meningkatkan angka penjualan melalui media online yaitu Shopee dan pemasaran melalui media sosial Instagram. Selain itu, dibuatkan sebuah website katalog yang berisi produk khas Cililin yang akan langsung terhubung ke Shopee dan Whatsapp. Mitra yang kami sasar adalah masyarakat produsen rengginang desa Cikakak yang tercatat telah ada 14 mitra dengan satu mitra utama yaitu Rengginang Cipta Rasa. Penjualan dilakukan selama 2 bulan yaitu pada bulan Oktober-November yang tercatat sebanyak 34 bungkus rengginang. Sejauh ini, penjualan dilakukan dengan Shopee dan Google Form. Penambahan Google Form sebagai bentuk efisiensi untuk masyarakat di sekitar Telkom University. Kendala yang dihadapi setelah kegiatan adalah masyarakat yang seringkali lupa mengenai cara pengoperasian website. Sehingga, dibuatkan manual book untuk mempermudah mitra dalam penggunaan website.

References


Adisel. "Transformasi Masyarakat Petani Dari Tradisional Ke Modern." Bogor: IPB Press. 2015

Afendi, A., Fitri, M., & Firdiyanti, S. I. "Digitalisasi Bisnis Dalam Islam : Determinasi Keputusan Pembelian Ulang Pengguna Market Place Shopee di Jawa Tengah." Jurnal Ilmiah Ekonomi islam, 1124-1133. 2022

Alfiansyah, R., Aisya, R. R., Rosmaningsih, D. E., & Muthiarsih, T.. "Implementasi Strategi Brand Imagedan Promosi Media Digital Pada Pabrik Tahu." Communnity Development Journal, 7177. 2023

Kementerian Pendidikan, K. R. (2023, September 25). Program Pemberdayaan Masyarakat Desa (P2MD). Retrieved from Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.: https://kemahasiswaanptvp.kemdikbud.go.id/p2md/

Nurul Mardhiah Sitio, S. Z.. "Pengembangan Penerapan Sistem Informasi Melalui Aplikasi Bilas Outlet (UMKM SKM LAUNDRY)." Communnity Development Journal, 7183-7188. 2023

Pramita1, Y. D., Saputri, S. A., Handayani, Tildjuir, N. M., Pamungkas, A. T., & Dewi, A. A. "Optimalisasi Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Terdampak Pandemi COVID-19 di Desa Podosoko, Candimulyo, Kabupaten Magelang." Jurnal Penelitian kepada Masyarakat, 1-9. 2023

R, J. S., Fahrizal, M., Rahmayanti, S., & Oktapianti, M. S.. "Sosialisasi Digital Marketing Pada UMKM Desa Jatimekar Jatiluhur Purwakarta." ADINDAMAS (Jurnal Penelitian Kepada Masyarakat), 88-99. 2022

Riyanthi Idayua, M. H. "Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat." Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo, 2339-1510. 2021

Suryati, I." Pengaruh Ukuran Usaha Dan Sumber Modal Terhadap Penerapan Standar Akuntansi Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Bidang Jasa Atau Pelayanan Laundry Di Kecamatan Makasar Tahun 2019." Jurnal Mahasiswa Akuntansi Unsurya, 18. 2021


Article Metrics

Abstract view : 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Civitas Ministerium

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.