Title:


BIMBINGAN TEKNIS BUDIDAYA TANAMAN SEHAT DI DESA NGRUPIT KECAMATAN JENANGAN KABUPATEN PONOROGO


Author:


Mail Purwati Purwati(1*)
Mail Suluh Agung Prabowo(2)
Mail Mayang Ayudya Handini(3)

(1) Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Kab. Ponorogo, Indonesia
(2) Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Kab. Ponorogo, Indonesia
(3) Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Timur, Indonesia
(*) Corresponding Author
Abstract views : 0

Abstract


Bimbingan teknis budidaya tanaman sehat dilaksanakan di Desa Ngrupit Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo. Pada musim tanam kedua (MK-I) terjadi serangan penyakit kerdil hampa di sebagian sawah di desa tersebut hingga menimbulkan gagal panen. Sebagai upaya untuk mencegah terjadinya penyakit kerdil hampa di musim tanam selanjutnya, petani perlu menerapkan budidaya tanaman sehat. Bimbingan teknis ini dilakukan dengan memberikan materi tentang penyakit kerdil hampa pada tanaman padi dan pencegahannya. Selanjutnya dilakukan praktek pembuatan bahan organik untuk memperkuat daya tahan tanaman, yaitu MOL, PGPR, dan bubur california. Dengan dilaksanakannya bimbingan teknis ini, petani dapat meningkatkan pengetahuannya tentang budidaya tanaman sehat dan penyakit kerdil hampa tidak terjadi lagi.


References


Harfafina. R, dan Ida. E. “Manajemen Tanaman Sehat Budidaya PAdi Untuk Meningkatakan Produksi dan Pendapatan USahatani PAdi”. Cemara Vol. 17 No. 2, Nopember 2020.

Mulyanto, Jundi, T.K, Yohanzen PB. “Pengadaan Sosialisa Pengembangan Sistem Budidaya Sehat Di Desa Karanglo, Kecamtan Polanharjo, Kabupaten Klaten” Jurnal PengabdianTeknologi Tepat Guna Vol 4 No.1 2023, pp. 48-56.

Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Ponorogo. 2022. Laporan Kinerja (LKj) Tahun 2022. Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Ponorogo. Ponorogo

Soleh, Mochammad Irfan. (19 Juli 2022). Budidaya Tanaman Sehat Solusi Keamanan dan Mutu Pangan. tanamanpangan.pertanian.go.id. https://www.gramedia.com/best-seller/cara-menulis-daftar-pustaka-dari-internet/.


Article Metrics

Abstract view : 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Civitas Ministerium

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.