PELAKSANAAN WORKSHOP SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) yang bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan workshop mampu meningkatkan kompetensi guru dalam menerapkan model pembelajaran kooperatif. Penelitian ini memanfaatkan Forum Kelompok Kerja Guru sebagai wahana pengembangan kompetensi guru. Penelitian dilaksanakan dua siklus dengan masing-masing tiga pertemuan. Tahapan penelitian ini meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi atau pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan di Sekolah Binaan Kecamatan Kranggan Kabupaten Temanggung pada bulan Agustus sampai November 2017. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kompetensi guru dalam menyusun perencanaan dan pelaksanaan model pembelajaran kooperatif. Peningkatan tersebut ditunjukkan dengan nilai rata-rata dari 78,21 pada siklus 1 dan 88,57 pada siklus 2. Kenaikan antara siklus-1 dan siklus-2 sebesar 10,36 poin atau sebesar 13,24%. Disamping itu nilai terendah pada siklus-2 sebesar 80 sebagai bahan pembanding sudah melampaui batas keberhasilan kinerja. Tingkat pemahaman guru dalam memahami konsep penyusunan Perencanaan dan pelaksanaan model pembelajaran kooperatif mengalami peningkatan atau terjadi kenaikan nilai rata-rata antara siklus-1 yaitu dari 58,57 menjadi 85,36 atau naik 27,21 poin atau sebesar 46,45%. Adapun hasil pelaksanaan workshop meingkat dari 76,25 pada siklus-1 menjadi 91,25 pada siklus-2.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Burden. P.R. dan Byrd. D.M. 1999. Method for effective teaching. Second Edition. Boston. Allyn and Bacon.
Dimyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Ditjen PMPTK. Depdiknas.2008. Metode dan teknik supervisi. Jakarta: Depdiknas
Gumelar dan Dahyat. 2002. Administrasi pendidikan dasar teoritis dan praktis
profesional. Bandung: Angkasa.
Isjoni. 2011. Cooperative learning efektivitas pembelajaran kelompok. Bandung : ALFABETA
Joice, Bruce dan Marsha Weil (1980). Models of teaching. New Jersey. Prentice Hall, Inc
Lie, Anita. 2007. Cooperative learning. mempraktikkan cooperative learning di ruang-ruang kelas. Jakarta: Gramedia.
Muhaimin 2004. Paradigma pendidikan islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E, 2004. Implementasi Kurikulum 2004 Panduan Pembelajaran KBK. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sergiovanni, T.J. 1987. The principalship: a. reflective practice perspective.
Boston: Allyn and Bacon, Inc.
Suprijono, Agus. 2010. Cooperative learning teori & aplikasi paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Sudjana. 2004. Metode & teknik pembelajaran partisipatif. Bandung: Falah
Sugiyono, 2011. Metode penelitian pendidikan pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan R&D. Bandung Alfabeta.
Surya, Muhammad. 2003. Psikologi pembelajaran dan pengajaran. Bandung: Yayasan Bhakti Winaya.
Trianto. 2010. Model pembelajaran terpadu konsep, strategi dan implementasinya dalam kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.
DOI: https://doi.org/10.31002/ijel.v3i1.1416
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Indonesian Journal of Education and Learning

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.