PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN-WRITE (POEW) DISERTAI PETA KONSEP DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI

dewi juita

Abstract


Penelitian ini dilakukan sebagai solusi dari pembelajaran yang belum sesuai dengan karakteristik pembelajaran Biologi sebenarnya. Pembelajaran Biologi menekankan pada pemberian pengalaman langsung dan menghendaki peserta didik agar memperoleh konsep Biologi yang benar. Penelitian ini menggunakan sintaks model pembeajaran berupa predict, observe, explain, dan write. Pada fase write, peserta didik menggambarkan sebuah peta konsep terkait materi tiap pertemuan yang menjelaskan hubungan antar konsep pada materi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran keterlaksanaan model POEW disertai peta konsep dalam pembelajaran Biologi serta untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik Kelas VIII di salah satu Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Kerinci. Metode yang digunakan dalam  penelitian  berupa pre experimental method dengan one group pretest posttest design. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan tes pilihan ganda sebanyak 29 soal. Soal yang diberikan sudah valid dan reliabel. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 20 peserta didik. Data dianalisis menggunakan perhitungan gain yang dinormalisasikan.  Hasil penelitian diperoleh berupa 98,25% kegiatan guru terlaksana dan 96,5% kegiatan peserta didik terlaksana dengan baik serta terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik dalam kategori sedang dengan nilai <N-Gain> sebesar 0,52.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31002/ijel.v4i1.2518

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Indonesian Journal of Education and Learning

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.