Title:


MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PENGELASAN PERALATAN LAS OKSI ASETILIN MENGGUNAKAN TEKNIK CROSSWORD PUZZLE


Author:


Mail Heri Kusdiyanto(1*)

(1) SMK Negeri 1 Batealit-Jepara, Indonesia
(*) Corresponding Author
10.31002/ijel.v4i2.3108| Abstract views : 0 | PDF views : 0

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa dalam berpikir kritis, bertanya, berkomunikasi dan berkarya  melalui penerapan model pembelajaran Crossword Puzzle. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan menggunakan teknik tes, dokumentasi dan observasi. Data yang diperoleh diolah dan dianalisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perhatian siswa dalam pelajaran sangat tinggi,   menjawab pertanyaan guru (dengan inisiatif sendiri) sedang, mengerjakan tugas sangat tinggi,bertanya sedang, dan kemauan untuk mencari sumber belajar lain sangat tinggi. Hasil belajar siswa meningkat menjadi 78,84% terjadi peningkatan 20,89% jika dibandingkan sebelum menerapkan model pembelajaran Crossword Puzzle. Oleh karena itu, para guru pengelasan oksi asetilin diharapkan menerapkan model pembelajaran Crossword Puzzle pada proses pembelajaran sebagai alternatif model pembelajaran, khususnya pokok bahasan pengelasan las oksi asetilin. Para peneliti dapat mengembangkan hasil penelitian ini lebih mendetail pada mata pelajaran pengelasan atau lainnya.


Keywords


Crossword Puzzle, acetyline oxy welding

Full Text:

PDF

References


Ali, Muhammad. 2008. “Guru Dalam Proses Belajar Mengajar.” In Indonesia.

Aqib, Zaenal. 2008. “Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru SMP, SMA, SMK.” In Indonesia.

Djamarah, Syaiful Bahri, Aswan Zain. 1995. “Strategi Belajar Mengajar.” In Indonesia.

Hamalik, Oemar. 2001. “Proses Belajar Mengajar.” In Indonesia.

Model-model pembelajaran.www.muhfida.com.

Soedjono. 1999. Las Karbit. Bandung : PT. Remaja Rosdakara.

Suryana, Didik, Djaindar Sidabutar.1978. Petunjuk Praktek Las Asetilin dan Las Listrik 1.

Jakarta : Depdikbud.

Silberman, Mel. 2009. “Active Learning 101 Strategi Pembelajaran Aktif.” In Indonesia, 1–320.

Sudjana, Nana. 1987. “Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar.” In Indonesia.

Umaryadi. 2007. Pengelasan, Pematrian, Pemotongan dengan Panas dan Pemanasan.

Surakarta: Yudistira

Yogaswara, Eka. 2003. “Mengelas Dengan Proses Las Oksi-Asetilin SMK.” In Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.31002/ijel.v4i2.3108

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Indonesian Journal of Education and Learning

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.