Title:


GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI SOLUSI PEMBELAJARAN JARAK JAUH MATA PELAJARAN ADMINISTRASI UMUM


Author:


Mail Ika - Sriyani(1*)

(1) SMK Negeri 1 Surakarta, Indonesia
(*) Corresponding Author
10.31002/ijel.v4i2.3111| Abstract views : 0 | PDF views : 0

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk memperoleh gambaran pelaksanaan pembelajaran jarak jauh mata pelajaran Adminisstrasi Umum sebagai upaya menekan penyebaran covid-19 di lingkungan sekolah. Salah satu solusi pembelajaran jarak jauh adalah menggunakan Google Classroom sebagai media pembelajaran interaktif berbasis e-learning yang memudahkan guru dan peserta didik melakukan proses belajar mengajar di rumah untuk menunjang pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Pemanfaatan Google Classroom saat ini sangat efektif dan efisien yang tidak terbatas oleh ruang dan waktu. Guru dapat memberikan materi secara online, baik berupa teks, gambar, audio, maupun video kepada peserta didik. Selain itu guru dapat membuat daftar hadir peserta didik engan menggunakan link dari google form yang dikirimkan dalam Google Classroom. 


This research is a qualitative research which aims to obtain an overview of the implementation of distance learning in General Administration subjects as an effort to suppress the spread of covid-19 in the school environment. One distance learning solution is to use Google Classroom as an e-learning-based interactive learning media that makes it easier for teachers and students to carry out the teaching and learning process at home to support learning based on information and communication technology. The use of Google Classroom today is very effective and efficient, which is not limited by time and space. Teachers can provide material online, in the form of text, images, audio, and video to students. In addition, the teacher can make an attendance list of students using the link from the google form that is sent to the Google Classroom.


Keywords


Distance Learning;Covid-19;Google Classroom

Full Text:

PDF

References


Ahmad, I. F. (2020). Alternative Assessment in Distance Learning in Emergencies Spread of Coronavirus Disease ( Covid-19 ). Jurnal Pedagogik, 07(01), 195–222.

Borneo Akcaya, J., Asrin, F., Sholikhin, A., Tanjungpura, U., & Penelitian dan Pengembangan Provinsi Kalimantan Barat, B. (2020). Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Di Tengah Dampak Penyakit Virus Corona 19 Bagi Pengajar Utilizing Google Classroom As an Interactive Learning Medium in the Middle of Impact Corona Virus Dieseas 19 for Teachers. Jurnal-Litbang.Kalbarprov.Go.Id, 6(1), 93–102. http://jurnal-litbang.kalbarprov.go.id:8088/index.php/litbang/article/view/159

Butar-butar, F. K. R., Agustin, D., & Marisi, C. G. (2018). Model Pembelajaran Blended Learning Dan Google Classroom Dalam Mengefektifkan Proses Belajar Mengajar Di Era Revolusi Industri 4 . 0. 3(2), 65–72.

Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81–89. https://doi.org/10.31605/ijes.v2i2.659

Maharani, N., & Kartini, K. S. (2019). Penggunaan google classroom sebagai pengembangan kelas virtual dalam keterampilan pemecahan masalah topik kinematika pada mahasiswa jurusan sistem komputer. PENDIPA Journal of Science Education. https://doi.org/10.33369/pendipa.3.3.167-173

Marharjono. (2020). Manfaat Pembelajaran Sejarah Menggunakan Google Classroom Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 56–63. https://jurnal-dikpora.jogjaprov.go.id/index.php/jurnalideguru/article/download/155/176

Pujilestari, Y. (2020). Dampak Positif Pembelajaran Online Dalam Sistem Pendidikan Indonesia Pasca Pandemi Covid-19. In Adalah.

Savitri, D. I. (2019). Penggunaan Pembelajaran 4.0 Berbantuan Aplikasi Google Classroom Dan Google Form Dalam Mata Kuliah Ilmu Sosial Budaya Dasar 4.0. Jurnal Borneo Sintek, 2(1), 20–25. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Wicaksono, V. D., & Rachmadyanti, P. (2016). Pembelajaran Blended Learning melalui Google Classroom di Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pendidikan PGSD UMS & HDPGSDI Wilayah Timur, 513–521. http://hdl.handle.net/11617/9144




DOI: http://dx.doi.org/10.31002/ijel.v4i2.3111

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Indonesian Journal of Education and Learning

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.