Title:


SQ3R MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS NONFIKSI


Author:


Mail Siti Maesaroh(1*)

(1) SMA Negeri 3 Boyolali, Indonesia
(*) Corresponding Author
10.31002/ijel.v4i2.3137| Abstract views : 0 | PDF views : 0

Abstract


Beberapa penelitian membuktikan bahwa kemampuan membaca pemahaman peserta didik berkategori rendah. Berdasarkan kondisi tersebut, Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk mengaplikasikan metode SQ3R dalam rangka meningkatkan kemampuan membaca pemahaman teks nonfiksi peserta didik Kelas XI IIS-2 SMA Negeri 3 Boyolali. Penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan angket untuk mengumpulkan data dengan teknik tes dan nontes. Analisis datanya menggunakan teknik kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu Siklus I dan Siklus II. Masing-masing siklus terdiri atas tiga komponen utama yang mencakup perencanaan, tindakan dan pengamatan, serta refleksi. Dalam proses pembelajaran, penelitian ini menerapkan lima tahapan metode SQ3R, yaitu Survey, Question, Read, Recite, dan Review. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode SQ3R dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman teks nonfiksi peserta didik kelas XI IIS-2 SMA Negeri 3 Boyolali dan dapat mengubah perilaku peserta didik ke arah yang positif

 


Keywords


metode SQ3R; membaca pemahaman; teks nonfiksi' SQ3R method; reading comprehension; non-fiction text

Full Text:

PDF

References


Akhadiah, Sabarti. 1993. Bahasa Indonesia I. Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Ambarsari, Yuni. (2015). Penerapan Metode SQ3R Dalam Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SD Negeri Trirejo. Jurnal PGSD FKIP Universitas Sebelas Maret. III (1), hlm. 1-6.

Aunurrahman. 2008. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Dalman. 2013. Keterampilan Membaca. Jakarta: Rajawali Pers.

Kriswanto, dkk. (2005). Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Metode Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 46 Parepare. Jurnal Publikasi Pendidikan UNM. V (3) hlm.235-242.

Rofi’uddin, Ahmad. 1999. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Jakarta: Dekdikbud.

Soedarso. 2002. Speed Reading Sistem Membaca Cepat dan Efektif. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Somadayo, Samsu. (2011). Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Ternate: Graha Ilmu

Subyantoro. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Semarang: Unnes Press.

Tarigan. (2013). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: CV. Angkasa




DOI: http://dx.doi.org/10.31002/ijel.v4i2.3137

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Indonesian Journal of Education and Learning

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.