PENGEMBANGAN BUKU AJAR BIPA UNTUK TINGKAT PEMULA BERBASIS KEBUTUHAN PEMBELAJAR

Retma Sari, Dzikrina Dian Cahyani

Abstract


Program BIPA (Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing) mempunyai peranan penting untuk memperkenalkan bahasa Indonesia tetapi juga adat istiadat dan budaya Indonesia kepada dunia. Bersinergi dengan kebutuhan tersebut Program BIPA dituntut untuk dapat melayani kebutuhan pembelajar. Ketersediaan buku ajar BIPA yang masih terbatas menjadi kendala utama dalam pembelajaran. Seiring dengan tuntutan pembelajar maka perlu adanya pembaharuan buku ajar yang lebih praktis dan komunikatif. Membicarakan pembelajaran bahasa, lingkungan merupakan sesuatu yang sangat penting dalam kaitan dengan keberhasilan pembelajaran bahasa itu. Sehingga sehingga perlu adanya refleksi dari pola pembelajaran sebelumnya dengan konteks yang disesuaikan dengan kebutuhan pembelajar serta berinteraksi langsung dengan masyarakat untuk mendapatkan pengalaman nyata sehingga maksimal dalam pembelajarannya. Kondisi yang terlihat secara natural ini diharapkan mampu menjawab kebutuhan para pembelajar yang menuntut untuk mampu berkomunikasi dengan bahasa Indonesia secara aktif dan lancar. Langkah-langkah dalam penelitian ini dibagi tiga yaitu metode pengumpulan data, metode analisis data dan pembuatan buku ajar.Metode pengumpulan data yang dilakukan yaitu: observasi, wawancara, angket, dan melakukan studi pustaka. Subjek penelitian ini dibedakan menjadi dua macam, yakni (1) subjek  yang digunakan untuk penjaringan data dalam analisis kebutuhan belajar dan (2) subjek yang digunakan untuk triangulasi dan uji coba produk. Analisis dalam penelitian ini dimulai setelah data dari instrument dikodekan dan ditafsirkan berdasarkan checklist dan skala. Data verbal dan pemetaan domain pembelajaran BIPA digunakan untuk mengembangkan rancangan buku ajar. Data hasil triangulasi dan uji coba tersebut selanjutnya dianalisis kembali menggunakan teknik analisis domain untuk revisi produk. Jadi secara garis besar tahapan dalam penelitian ini yaitu (1) observasi, (2) merancang dan mengembangkan buku ajar, (3 validasi oleh ahli, (4) revisi produk, (5) pengimplementasian buku ajar dan (6) evaluasi/ refleksi.


Keywords


BIPA; textbook; kebutuhan; pembelajar pemula

Full Text:

PDF

References


Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. Visi dan Misi Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. http://www.badanbahasa.kemdikbud.go.id/lamanbahasa/visi_misi. Diakses tanggal 3 Agustus 2020.

Borg, W., R. & Gall., M., D. 1983. Educational Research: An Introduction. New York-London :Longman University Press.

Eko, A. 2015. Pengembangan Bahan Ajar BIPA Bermuatan Budaya Jawa Bagi Penutur Asing Tingkat Pemula. https://lib.unnes.ac.id/23068/. Diakses tanggal 3 Agustus 2020.

Indrariani, Eva. 2011. Strategi Komunikasi Mahasiswa Asing Dalam Interaksi Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Linguistik dan Edukasi (online), Vol 2, No. 1, 8 (http://ejournal.undip.ac.id/index.php/parole/article/view/1576). Diakses tanggal 3 Agustus 2020

Kartika, R., Waluyo, H., &Winarni R. 2017. BIPA (Bahasa Indonesia Penutur Asing) Sebagai Upaya Internasionalisasi Universitas Di Indonesia. file:///C:/Users/SEVEN/Downloads/1294-2443-1-SM%20(1).pdf. Diakses tanggal 3 Agustus 2020

Kusmiatun, Ari. 2015. Mengenal BIPA dan Pembelajarannya. Yogyakarta: K-Media.

Liliana, M. 2016. Internasionalisasi Bahasa Indonesia melalui Pengajaran Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (BIPA). Makalah disajikan pada Konferensi BIPA Ke-1 diselengarakan Universitas Sebelas Maret, tanggal 14 Mei 2016. https://scholar.google.co.id/citations?user=J3qfPkAAAAAJ&hl=id. Diakses tanggal 3 Agustus 2020

Lesytarini,B. 2012. Penumbuhan Semangat Kebangsaan untuk Memperkuar Karakter Indonesia melalui Pembelajaran Berbahasa. https://scholar.google.co.id/citations?user=DO92BFIAAAAJ&hl=en. Diakses tanggal 3 Agustus 2020

Permendikbud No. 27 tahun 2017. 2017. Standar Kompetensi Lulusan Kursus Dan Pelatihan Bidang Keterampilan Kepemanduan Wisata, Pemeliharaan Taman, Pekarya Kesehatan, Petukangan Kayu Konstruksi, Pemasangan Bata, Perancah, Pemasangan Pipa, Mekanik Alat Berat, Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing, Pembuatan Batik Dengan Pewarna Ramah Lingkungan, Pembuatan Malam Batik, Pembuatan Batik Dengan Pewarna Sintetis, Pembuatan Alat Canting Tulis, Dan Pembuatan Canting Cap

PP No.57 tahun 2014 tentang Pengembangan Pembinaan Dan Pelindungan Bahasa Dan Sastra Serta Peningkatan Fungsi Bahasa Indonesia

Prastowo, A. 2011. Panduan kreatif membuat bahana ajar inovatif: menciptakan metode pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Yogyakarta: Diva Pres

Sitepu. 2012. Penulisan Buku Text Pelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta Bandung.

Suyitno, I., 2014. Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) berdasarkan Hasil Analisis Kebutuhan Belajar. Wacana, Journal of the Humanities of Indonesia, 9(1). Jurnal Bahtera. Tahun. 14, No.1., 2015. https://www.researchgate.net/publication/279243879_Pengembangan_Bahan_Ajar_Bahasa_Indonesia_untuk_Penutur_Asing_BIPA_berdasarkan_Hasil_Analisis_Kebutuhan_Belajar. Diakses tanggal 3 Agustus 2020

Taftiawati, M. 2017. Strategi Komunikasi Pembelajar Bipa UPI Asal Korea Selatan Dalam Pembelajaran Bipa Tingkat Dasar. file:///C:/Users/SEVEN/Downloads/467-851-1-SM.pdf. Diakses tanggal 3 Agustus 2020.

Widyatarmo, D. 2017. Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing Berbasis Blended Learning. https://www.researchgate.net/publication/320702093_PEMBELAJARAN_BAHASA_INDONESIA_UNTUK_PENUTUR_ASING_BERBASIS_BLENDED_LEARNING. Diakses tanggal 3 Agustus 2020




DOI: https://doi.org/10.31002/ijel.v4i1.3398

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Indonesian Journal of Education and Learning

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.