Title:


PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER MENGGUNAKAN TEKNIK KATA KUNCI


Author:


Mail Astuty Astuty(1*)
Mail Farikah Farikah(2)
Mail Mursia Ekawati(3)

(1) Universitas Tidar, Indonesia
(2) Universitas Tidar, 
(3) Universitas Tidar, 
(*) Corresponding Author
10.31002/ijel.v4i2.3870| Abstract views : 0 | PDF views : 0

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses pelatihan keterampilan menulis puisi berbasis pendidikan karakter dengan menggunakan teknik kata kunci, mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis puisi berbasis pendidikan karakter dengan menggunakan teknik kata kunci, dan mendeskripsikan persepsi guru MI se-Kota Magelang terhadap pelatihan menulis puisi berbasis pendidikan karakter menggunakan teknik kata kunci. Proses pelatihan pada pretes dan postes meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan, yaitu instrumen tes dan nontes. Teknik analisis data dalam penelitian ini digunakan teknik kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan menulis puisi berbasis pendidikan karakter menggunakan teknik kata kunci pada guru MI se-Kota Magelang. Nilai rata-rata kelas pada pretes mencapai 60,31 atau dalam kategori cukup dan mengalami peningkatan pada postes menjadi 83,70 atau dalam kategori baik. Peningkatan kemampuan menulis puisi antara pretes dan postes adalah 23,39 atau sebesar 27,90%.  Persepsi guru MI se-Kota Magelang terhadap pelatihan menulis puisi berbasis pendidikan karakter menggunakan teknik kata kunci sangat baik karena dapat meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran menulis puisi.

 

Kata kunci: keterampilan menulis puisi, pendidikan karakter, teknik kata kunci

 

Abstract

The purpose of this study was to describe the process of character education-based poetry writing skills training using keyword techniques , to describe the improvement in the ability to write poetry based on character education using keyword techniques , and to describe the perceptions of MI teachers in Magelang City towards character education-based poetry writing training using keyword technique . The training process on the pretest and posttest includes planning, action, observation, and reflection. The instruments used were test and non-test instruments. The data analysis techniques used in this study were quantitative and qualitative techniques . The results of this study indicate an increase in character education-based poetry writing skills using keyword techniques in MI teachers in Magelang City . The class average value at the pretest reached 6 0 , 31 or in the sufficient category and had an increase in the post-test to 8 3 , 70 or in either category. The increase in the ability to write poetry between pretest and posttest was 23.39 or 2 7 , 9 0 %. The perception of MI teachers in Magelang City towards writing poetry training based on character education using keyword techniques is very good because it can improve the teacher's ability to carry out learning to write poetry.  

 

Keywords: poetry writing skills, character education, keyword techniques


Keywords


keterampilan menulis puisi; pendidikan karakter; teknik kata kunci; poetry writing skills; character education; keyword techniques

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman. (2007). “Keterampilan Menulis Kretif Puisi Tentang Peristiwa Yang Paling Berkasan dengan Menggunakan Metode Discovery-Inquiri Siswa Kelas VII A SMP Negeri Donorejo Kabupaten Pacitan”. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Abidin, Yunus. 2014. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama.

Falahudin, I. (2014). Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara, (4), 104–117.

Ismawati, E., Santosa, G. B., & Ghofir, A. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran Sastra Indonesia Berbasis Pendidikan karakter di SMA/SMK. Metasastra, 9(3), 185–200. https://doi.org/DOI: 10.26610/metasastra.2016.v9i2.185-200

Jabrohim, dkk. 2003. Cara Menulis Kreatif. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Lazuardi, D. R., & Murti, S. (2018). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Menggunakan Model Pembelajaran Quantum Tipe VAK (Visual, Audiovisual, Kinestetik). Jurnal KiBASP (Kajian Bahasa, Sastra Dan Pengajaran), 2(1), 87–95. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Leow, F. T., & Neo, M. (2014). Interactive multimedia learning: Innovating classroom education in a Malaysian university. Turkish Online Journal of Educational Technology, 13(2), 99–110. Retrieved from http://www.tojet.net/articles/v13i2/13211.pdf

Linaberger, M. (2004). Poetry Top 10: Afoolproof Formula for Teaching Poetry. The Reading Teacher, 58(4), 366-372. doi: 10.1598/RT.58..4.6

Najichah, A. F., Nuryatin, A., & Mulyani, M. (2018). Persepsi Pendidik dan Peserta Didik terhadap Pengembangan Buku Bacaan Cerita Fantasi Bermuatan Nilai Moral bagi Peserta Didik SMP Kelas VII.JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia),3(2), 58-65.

Pasaribu, Parlindungan dan Taufikurrahman Lukman. 2005. Melipatgandaan Potensi Otak: Teknik Praktis Melejitkan Daya Ingat. Jakarta: PT Elek Media Komputindo.

Pradopo, Rachmad Joko. (2002). Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada Press.

Rahayu, S. (2015). Peningkatan Motivasi dan Keterampilan Menulis Puisi dengan Media Gambar pada Siswa Menengah Pertama. Kajian Linguistik Dan Sastra, 27(2), 126–133. https://doi.org/https://doi.org/10.23917/kls.v27i2.4481

Roestiyah. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta. Rineka Cipta.

Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran. PT. Rajawali Grafindo Satinem, J. (2018). Development of Teaching Materials of Poetry WritingUsing Pictures for the Elementary Students. AIAC, 9(3). Retrieved from http://journals.aiac.org.au/index.php/alls/index

Suharianto. 2009. Pengantar Apresiasi Puisi. Semarang: Bandungan Institute.

Tarigan, Henry Guntur. 1993. Prinsip- Prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa.

Waluyo, Herman J . 2003. Apresiasi Puisi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Wiyanto, Asul. 2005. Kesusastraan Sekolah. Jakarta: Gramedia




DOI: http://dx.doi.org/10.31002/ijel.v4i2.3870

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Indonesian Journal of Education and Learning

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.