PENYISIPAN PENGETAHUAN BUDAYA DALAM BUKU AJAR BIPA YANG DITERBITKAN KEMENDIKBUD DAN MEDAN KATA

Agata Krismonita Permatasari

Abstract


 Program BIPA (Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing) mempunyai peranan penting untuk memperkenalkan bahasa Indonesia tetapi juga adat istiadat dan budaya Indonesia kepada dunia. Bersinergi dengan kebutuhan tersebut Program BIPA dituntut untuk dapat melayani kebutuhan pembelajar. Buku ajar BIPA yang dibuat oleh kemendikbud mengandung pengisipan unsur budaya Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana implementasi kearifan budaya Indonesia yang ada dalam buku ajar BIPA milik kemendikbud berjudul sahabatku Indonesia tingkat A1 dan A2. Metode penelitian yang digunakan yaitu menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian, yaitu teknik membaca dan catat. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa dalam Buku BIPA miliki kemendikbud yang berjudul sabatku Indonesia tingkat A1 dan A2 sudah memiliki implikasi dengan kearifan budaya yang ada di Indonesia. Dalam buku BIPA Sahabatku Indonesia tingkat A1 terdiri atas 6 Unit. Sedangkan dalam buku BIPA Medan Kata tingkat A2 terdiri atas 7 unit. Unit tersebut, yaitu, pasar ikan lama, pekerjaan, ke bioskop, tetangga baru, olahraga, berwisata, dan cerita rakyat.


Keywords


BIPA, Kearifan Budaya Indonesia, Buku Ajar Kemendikbud

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31002/ijel.v6i1.4005

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Indonesian Journal of Education and Learning

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.