Title:


UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA KONSEP LOGARITMA MENGGUNAKAN TEKNIK TGT


Author:


Mail Endang Kristiyani(1*)

(1) SMA Negeri 5 Magelang, Indonesia
(*) Corresponding Author
10.31002/ijel.v1i1.434| Abstract views : 264 | PDF views : 0

Abstract


 

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa SMA Negeri 5 Magelang dalam belajar Matematika pada standar kompetensi memahami konsep logaritma, melalui pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT). Sebanyak 30 siswa kelas X I dilibatkan dalam kegiatan ini. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dimana setiap siklus terdiri atas dua putaran. Siklus I jumlah anggota sebanyak tujuh dan delapan orang, siklus II sebanyak 3 dan 4 orang. Pada setiap siklus dilakukan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pada setiap siklus dilaksanakan satu kali tes akhir siklus untuk mengukur tingkat pencapaian hasil belajar. Dalam penelitian ini yang diamati adalah peningkatan hasil belajar dan keaktifan siswa. Data tentang hasil belajar siswa diperoleh melalui ulangan tes akhir siklus dan keaktifan siswa diperoleh melalui  pengamatan partisipasi aktif anggota kelompok sebagai tingkah laku yang mencerminkan keaktifan belajar yang dilakukan oleh obsrever. Penelitian ini dilakukan pada semester gasal Tahun Pelajaran 2016/2017. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik meningkat secara signifikan setelah menggunakan model kooperatif teknik  Team Game Ttournament (TGT). Jika dibandingkan dengan penggunaan metode  sebelumnya pada pra siklusi ketuntasan klasikal 26.67 % meningkat menjadi 70.00 % pada siklus I kemudian meningkat lagi menjadi 86.67 % pada siklus II. Nilai rata-rata kelas pada pra siklus sebesar 58.45 meningkat menjadi 74.66 pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 78.90 pada siklus II. Hasil kajian juga menunjukkan adanya peningkatan keaktifan belajar siswa dari pra siklus ke siklus I, yaitu dari keaktifan rendah (rata-rata skor 15.50), meningkat menjadi  keaktifan tinggi (rata-rata skor 25.50) dan pada siklus II meningkat lagi menjadi sangat tinggi (rata-rata skor 33.93).


Keywords


Team Game Tournament, Pembelajaran aktif, Hasil Belajar Siswa

Full Text:

##Full Text##


DOI: http://dx.doi.org/10.31002/ijel.v1i1.434

Article Metrics

Abstract view : 264 times
##Full Text## - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017