Title:


UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DENGAN TEKNIK SELF REGULATION


Author:


Mail Nur Charisatun(1*)

(1) SMA Negeri 5 Magelang, 
(*) Corresponding Author
10.31002/ijel.v1i1.435| Abstract views : 294 | PDF views : 0

Abstract


Rumusan masalah penelitian ini adalah seberapa besar pengaruh penggunaan  Teknik Self Regulation melalui  layanan penguasaan konten dapat   Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas X-B SMA Negeri 5 Magelang Semester Genap Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini dilakukan dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa pada siklus 1 rata-rata 66,4%, dan pada siklus 2 rata rata 81,7%, maka mengalami peningkatan 15,3%. Hasil observasi aktivitas siswa dalam mengikuti layanan juga mengalami peningkatan pada siklus 1 rata rata menunjukkan bahwa sebanyak 64,66% keaktifan siswa (baik), 74,66 % perhatian siswa (baik), 66% mengajukan pertanyaan (baik) , 59,33% kemampuan menjawab (cukup baik), 62% siswa berpendapat (baik).dan pada siklus 2  sebanyak 85% keaktifan siswa (sangat baik), 85 % perhatian siswa (sangat baik), 77% mengajukan pertanyaan (baik) , 71% kemampuan menjawab (baik), 77% siswa berpendapat (baik). Maka dapat disimpulkan bahwa layanan penguasaan konten dengan teknik self regulation dapat meningkatkan motivasi belajar.


Keywords


motivasi belajar, layanan penguasaan konten,self regulation

Full Text:

##Full Text##


DOI: http://dx.doi.org/10.31002/ijel.v1i1.435

Article Metrics

Abstract view : 294 times
##Full Text## - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017