Title:


TEKNIK VISIT EACH OTHER DALAM PEMBELAJARAN SOSIOLOGI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATERI LEMBAGA SOSIAL


Author:


Mail Cipto Lelono(1*)

(1) SMA Negeri 5 Magelang, Indonesia
(*) Corresponding Author
10.31002/ijel.v1i1.437| Abstract views : 166 | PDF views : 0

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh motivasi belajar dan hasil belajar Sosiologi materi Lembaga Sosial  yang rendah pada kelas XII IPS 1 (kelas olah raga). Oleh sebab itu penelitian ini ditujukan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Adapun tindakan yang digunakan dalam meningkatkan kedua hal tersebut adalah proses pembelajaran aktif teknik Visit Each Other (VEO). Penelitian ini menggunakan tiga tahapan yaitu Pra Siklus, Siklus I dan Siklus II, yang masing-masing siklus menggunakan tiga kali pertemuan. Data penelitian  diperoleh dari penjaringan angket siswa dan tes dengan soal pilihan ganda. Penjaringan angket untuk mengetahui perkembangan motivasi belajar, sedangkan tes dengan soal pilihan ganda untuk mengetahui perkembangan hasil belajar. Adapun data penelitian  dianalisa secara deskriptif-kualitatif. Hasil penelitian menjelaskan bahwa implementasi proses pembelajaran aktif teknik Visit Each Other(VEO) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Motivasi belajar pada Pra Siklus diperoleh rata-rata 21,5(kategori sedang). Persentase siswa memperoleh skor motivasi tinggi dan sangat tinggi baru 5 siswa (17,5%). Sedang pada Siklus I rata-rata motivasi belajar meningkat menjadi 30,3(kategori tinggi).Persentase siswa memperoleh skor kategori tinggi dan sangat tinggi sebesar 12 siswa(41,4%). Selanjutnya pada Siklus II rata-rata motivasi belajar sebesar 37(kategori tinggi). Persentase siswa memperoleh skor kategori tinggi dan sangat tinggi sebanyak 24 siswa(82,8%). Dengan demikian hingga akhir Siklus II, motivasi belajar mengalami peningkatan. Sedangkan hasil belajar pada Pra Siklus diperoleh rata-rata 46(kategori kurang), pada Siklus I meningkat menjadi 66,3(kategori cukup), pada Siklus II diperoleh rata-rata sebesar 77,1(kategori baik). Selanjutnya diketahui bahwa persentase ketuntasan belajar pada Pra Siklus sebesar 6,9%, Siklus I sebesar 48,3%, selanjutnya pada Siklus II persentase ketuntasan  belajar  meningkat menjadi 75,8%.Dengan demikian hingga akhir Siklus II, hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Berdasar data di atas dapat disimpulkan bahwa implementasi proses pembelajaran aktif teknik Visit Each Other(VEO) dapat meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa.


Keywords


pembelajaran aktif, Visit Each Other(VEO), motivasi belajar

Full Text:

##Full Text##


DOI: http://dx.doi.org/10.31002/ijel.v1i1.437

Article Metrics

Abstract view : 166 times
##Full Text## - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017