EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN “BUKU AJAIB” TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA KELAS VII SMPN 11 MAGELANG
Abstract
Penelitian ini berlandaskan pada permasalahan yang terdapat di SMPN 11 Magelang, yaitu rendahnya kemampuan siswa kelas VII dalam menulis teks prosedur. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran Buku Ajaib terhadap kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 11 Magelang. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 11 Magelang tahun ajaran 2020/2021 yang terdiri dari 5 kelas dengan jumlah 160 siswa. Sampel penelitian ini adalah kelas VII B berjumlah 32 siswa dengan teknik simple random sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah One Grup Pretest-Posttest, yaitu eksperimen yang dilakukan pada satu kelompok saja tanpa pembanding. Kemudian teknik analisis data yang dilakukan adalah (1) analisis deskriptif, (2) uji normalitas, (3) uji paired sampel t test (jika data normal). Nilai rata-rata pretest dalam menulis teks prosedur adalah 60,21 dengan kategori cukup. Nilai rata-rata posttest dalam menulis teks prosedur adalah 84,75 dengan kategori baik. Setelah dilakukan analisis, diperoleh bahawa kemampuan siswa menulis teks prosedur sebelum dan sesudah menggunakan media Buku Ajaib berdistribusi normal dan berdasarkan tabel paired sampel test menunjukkan terdapat pengaruh yang bermakna terhadap perbedaan perlakukan yang diberikan. Dapat disimpulkan bahwa media Buku Ajaib efektif digunakan untuk pembelajaran teks prosedur.
Abstract
This research is based on the problems found in SMPN 11 Magelang, namely the low ability of class VII students in writing procedural texts. The purpose of this study was to determine the effectiveness of the Buku Ajaib learning media on the ability to write procedural texts for class VII students of SMP Negeri 11 Magelang. The population of this study was all seventh grade students of SMPN 11 Magelang for the academic year 2020/2021 with a total of 160 students. The sample of this research is class VII B with simple random sampling technique. The research method used is experimental research. The research design used was One Group Pretest-Posttest, namely experiments carried out on only one group without comparison. Then the data analysis techniques carried out are (1) descriptive analysis, (2) normality test, (3) paired sample t test (if the data is normal). The average value of the pretest in writing procedure text is 60.21 with sufficient category. The average posttest score in writing procedure text is 84.75 with good category. After the analysis, it was found that the students' ability to write procedure texts before and after using the Ajain Book media was normally distributed and based on the paired sample test table, it showed that there was a significant effect on the difference in the treatment given. So it can be concluded that the Magic Book media is effectively used for learning procedure text.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustina, E. S. (2017). Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks: Representasi Kurikulum 2013. AKSARA Jurnal Bahasa dan Sastra. Vol. 18, No. 1, Hal. 84-99, April 2017.
Damayanti, A. E., Syafei, I., Komikesari, H., & Rahayu, R. (2018). Kelayakan Media Pembelajran Fisika Berrupa Buku Saku Berbasis Android pada Materi Fluida Statis. Indonesian Journal of Science and Mathematices Educational, https://doi.org/10.24042/ijsme.v1i1.2476.
Kemendikbud. 2016. Bahasa Indonesia Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan-Edisi Revisi. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang.
Lesmana, Ervina Dwi (2020). Efektivitas Model Pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Confidante, Satisfacetion) Terhadap Kemampuan Menulis Surat Pribadi Siswa Kelas VII SMP Negeri 11 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Skripsi, Universitas Negeri Medan.
Nuraenita, A., Pratiwi, W. D., Nurhasanah, E. (2021). Keefektifan Penggunaan media gambar Seri dalam Pembelajaran Menulis Teks Prosedur pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol. 3 (4). Hlm 1922-1935.
Saddhono, Kundharu & Slamet, Y. (2014). Pembelajaran Ketrampilan Berbahasa Indonesia Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta.
Undang-undang RI 2003 NO. 20, Sistem Pendidikan Nasional.
DOI: https://doi.org/10.31002/ijel.v6i1.5407
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Indonesian Journal of Education and Learning

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.