PERAN LINGSAT DALAM PEMAHAMAN KOMPETENSI TRIGONOMETRI

harda pantjana

Abstract


Mitigasi bencana merupakan suatu aktivitas yang berperan sebagai tindakan dari pengurangan dampak bencana, atau usaha yang dilakukan untuk mengurangi korban ketika bencana terjadi, baik korban jiwa maupun harta benda. Bahan ajar interaktif merupakan salah satu sarana untuk mempermudah pemahaman siswa terhadap mitigasi bencana alam biologi dan hidrologi. Proses pemahaman mitigasi bencana disajikan melalui teks, audio dan visual serta dilengkapi dengan kuis interaktif. Tujuan penelitian ini yaitu mendesain bahan ajar interaktif bertema mitigasi bencana alam biologi-covid 19 dan hidrometeorologi-banjir. Jenis penelitian pengembangan yang mengadopsi pada ADDIE tetapi tahap yang sudah dilakukan oleh peneliti hanya pada tahap analisis dan desain. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas lima SDN 1 Karyamulya untuk memperoleh data analisis kebutuhan siswa yang terdiri dari data demografi, kondisi sosial ekonomi, dan gaya belajar. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata siswa berusia 10-11 tahun, siswa telah dapat menerima pembelajaran secara abstrak dan berpikir secara logis. Tingkat pendidikan dan profesi orang tua sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran daring. Siswa dan orang tua harus beradaptasi dengan teknologi. Berdasarkan gaya belajar visual diperoleh informasi bahwa siswa lebih mudah memahami materi dalam bentuk gambar sebanyak 70%, siswa lebih suka mencari materi dalam bentuk gambar dan memahami petunjuk melalui gambar masing-masing sebesar 50%.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31002/ijel.v6i1.6688

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Indonesian Journal of Education and Learning

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.