METODE DIRECTED CONVERSATION AND WRITING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBUAT DAN MEREAL SENTENCE PADA KALIMAT PENGANDAIAN TYPE II
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membuat dan mereal sentence pada kalimat pengandaian Type II. Rancangan penelitian yang ditetapkan berupa tindakan kelas. Prosedur dan langkah-langkah penelitian mengikuti prinsip-prinsip dasar yang berlaku dalam penelitian tindakan kelas. Peneliti akan menganalisis data dengan menggunakan teknik deskriptif komparatif dan dilanjutkan dengan refleksi yang akan dianalisis data tersebut adalah : Data kemampuan membuat kalimat pengandaian type ke- II kondisi awalakan peneliti bandingkan dengan data kemampuan membuat kalimatpengandaian type II. Siklus I kemudian peneliti juga akan membandingkandata kemampuan membuat kalimat pengandaian type ke- II siklus Idengan data kemampuan membuat kalimat pengendaian type ke- II siklusII. Dan peneliti juga akan membandingkan data kemampuan membuatkalimat pengandaian type Ke- II kondisi awal dengan data kemampuanmembuat kalimat pengandaian type ke- II kondisi akhir. Analisis data kemampuan mereal sentence kelimat pengandaian type ke -II konsisi awal akan peneliti bandingkan dengan data kemampuan mereal sentence kalimat pengandaian type ke- II siklus I. kemudian peneliti juga akan membandingkan data kemampuan mereal sentence kalimat pengandaian type ke- II siklus I dengan data kemampuan mereal sentence kalimat pengandaian type ke- II siklus II. Dan peneliti juga akan membandingkan data kemampuan mereal sentence kalimat pengandaian type ke- II kondisi awal dengan data kemampuan mereal sentence kalimat pengandaian type keĀII kondisi akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa directed conversation and writing cukup efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam membuat kalimat pengandaian dalam bahasa Inggris leh karena itu disarankan pada semua pihak untuk dapat menerapkan metode directed conversation and writing. Metode ini sebagai salah satu alternatif dalam mengurangi kejenuhan dan mengembangkan inovasi siswa dalam berbahasa Inggris.