Title:


Deskripsi Kemampuan Representasi Matematis dalam Pembelajaran Geometri


Author:


Mail Wanda Nugroho Yanuarto(1*)

(1) University of Muhammadiyah Purwokerto, Indonesia
(*) Corresponding Author
10.31002/ijome.v1i1.888| Abstract views : 323 | PDF views : 0

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis mahasiswa semester 1 Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Purwokerto melalui pembelajaran GAB (Geometri Analitik Bidang) yang termodifikasi dengan teori Dienes dan Van Hiele. Kemampuan representasi matematis merupakan kemampuan untuk mengungkapkan gagasan atau ide-ide matematika dalam upaya untuk mencari suatu solusi dari masalah yang sedang dihadapi. Oleh karena itu, dengan merepresentasikan idenya mahasiswa akan mengalami kemudahan dalam menyelesaikan suatu permasalahan matematika. Model pembelajaran yang digunakan adalah model pembelajaran yang termodifikasi dengan teori belajar Dienes dan teori belajar Van Hiele. Subjek penelitian adalah mahasiswa semester 1 kelas A yang berjumlah 35 mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Purwokerto, sedangkan objek penelitian adalah seluruh proses dan hasil pembelajaran matematika dengan penerapan pembelajaran yang termodifikasi Dienes dan Van Hiele untuk mengetahui deskripsi kemampuan representasi matematis mahasiswa di kelas tersebut. Instrumen penelitian berupa lembar observasi kemampuan representasi matematis, pedoman wawancara, dan tes kemampuan representasi matematis. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran pada mata kuliah Geometri Analitik Bidang yang telah dimodifikasi dengan teori belajar Dienes dan Van Hiele dapat membantu perkembangan kemampuan representasi matematis mahasiswa. Pengembangan pembelajaran dilakukan sesuai dengan kebutuhan pada mahasiswa.


Keywords


kemampuan representasi matematis; pembelajaran GAB; teori Dienes; teori Van Hiele

Full Text:

PDF

References


Creswell, J. W. (2012). Educational Research. Boston: Pearson Education.

Creswell, J. W. (2012). Research Design. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fraenkel, R. J., & Wallen, E. N. (2010). How To Design And Evaluate Research in Education. Boston: Mc Graw Hill.

Gagatsis, Athanasios. A Review of The Research on The Role of External Representations on Understanding And Learning Mathematics And Problem Solving. Diakses pada tanggal 5 Mei 2016, pada

http://www.uia.no/no/content/download/28532/317673/file/gagatsis_h04.pdf.

Ruseffendi. (1992). Materi Pokok Matematika 3. Jakarta: Depdikbud.

Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suherman, E, et al. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA.

Van Hiele, P.M. (1999). Developing Geometric Thinking through Activities That Begin with Play. Teaching Children Mathematics, 5(6): 310-316. Reston: NCTM.




DOI: http://dx.doi.org/10.31002/ijome.v1i1.888

Article Metrics

Abstract view : 323 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Indonesian Journal of Mathematics Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

             

ISSN: 2654-3907 (print) | 2654-346X (online)

Jalan Kapten Suparman No.39, Magelang, Jawa Tengah, Indonesia 56116

Phone (0293) 364113  Fax. (0293) 362438

Website : http://jurnal.untidar.ac.id/index.php/ijome