Title:


Tingkah Laku (Behavior) Ayam Kampung Super yang Diberikan Fitobiotik dengan Teknologi Nanoenkapsulasi dari Minyak Buah Merah (Pandanus conoideus)


Author:


Mail Jumriani Herpina Andira(1)
Mail Nani Zurahmah(2)
Mail Maria Herawati(3*)

(1) Politeknik Pembangunan Pertanian Manokwari, Indonesia
(2) Politeknik Pembangunan Pertanian Manokwari, 
(3) Politeknik Pembangunan Pertanian Manokwari, 
(*) Corresponding Author
10.31002/jalspro.v5i1.5631| Abstract views : 0 | PDF views : 0

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesejahteraan ayam kampung super yang diberikan fitobiotik dengan teknologi nanoenkapsulasi dari minyak buah merah (Ipandanus Conoideus) tentang pemanfaatan minyak buah merah sebagai fitobiotik pengganti antibiotic,. Antibiotik yang merupakan growth promotor selama ini digunakan oleh peternak untuk meningkatkan kinerja pertumbuhan dan kesehatan ayam. penggunaan antibiotik dapat meninggalkan residu resistensi pada produk peternakan dan apabila dikonsumsi oleh manusia maka akan menyalurkan residu. Salah satu alternatif untuk menggantikan antibiotik sebagai growth promotor yang aman dan tanpa meninggalkan residu pada ternak dan produknya adalah dengan menggunakan hasil tanaman atau yang sering dikenal dengan nama fitobiotik Penelitian ini dilaksanakan untuk memanfaatkan potensi sumber daya alam yang menjadi ciri khas papua yaitu buah merah, agar bisa di manfaatkan dan bisa menjadi peluang usaha yang sangat baigus bagi peternak untuk  dan melihat tingkah laku ayam yang diberikan fitobiotik dengan teknologi nanoenkapsulasi Formula penelitian teknologi nanoenkapsulasi di campurkan pada 500ml air dengan beberapa perlakuan yaitu : P0 : air tanpa adiktif, P2 : air + minyak buah merah 2,5%, P2 : air + 2,5% nanoenkapsulasi minyak buah merah, P3 : air + 5% nanoenkapsulasi minyak buah merah, P4 : air + 10% nanoenkapsulasi minyak buah merah. Pada penelitian ini dapat dilihat bahwa pemberian fitobiotik dengan menggunakan teknologi nanoenkapsulasi tidak mengurangi tingkat kesejahteraan unggas. Dan perlakuan terbaik yaitu P2 (air + 12,5 ml Fitobiotik Nanoenkapsulasi Minyak Buah merah)

Keywords


Ayam kampung super, Buah merah, Fitobiotik, Teknologi nanoenkapsulasi, Tingkah laku

Full Text:

PDF

References


Andisuro, R. 2011. Tingkah Laku Ayam Broiler di Kandang Tertutup dengan Suhu dan Warna Cahaya Berbeda. Skripsi. Bogor: Departemen Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan, Fakultas Peternakan, Institut Pertanian Bogor.

Arnita, W. W. 2011. Budidaya Ayam Broiler 28 Hari Panen. Yogyakarta: Pinang Merah.

Deni, E. 2010. Performa dan respon Fisiologi Ayam Broiler yang Diberi Ransum mengandung 1,5% Ampas Buah Merah (Pandanus conoideus) Pada Waktu Suhu Kandang Yang Berbeda. Tesis. Sekolah Pasca Sarjana Institut Teknologi Pertanian Bogor

Gaskins, H.R., C.T. Collier, dan D.B. Anderson. 2006. Antibiotics as growth promotants: mode of action. Animal Biotechnology, 13:29-42.

Grashorn, M. 2010. Use of phytobiotics in broiler nutrition – An alternative to infeed antibiotics. Journal of Animal and Feed Sciences. 19:319–328.

Greiner, R. 2009. Current and projected applications of nanotechnology in the food sector. Nutrire: rev. Soc. Bras. Alim. Nutr. J. Brazilian Soc.

Gunawan dan D.T.H, Sihombing. 2004. Pengaruh suhu lingkungan tinggi terhadap kondisi fisiologis dan produktivitas ayam buras. BPTP Bengkulu dan Fakultas Peternakan IPB. Wartazoa, 14(1).

Heni, S.P. 2007. Pengaruh Penggunaan Minyak Kelapa Dalam Ransum Terhadap Konsumsi Pakan, Peningkatan Bobot Badan, Konversi Pakan Dan Karkas Broiler Periode Finisher. Skripsi. Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya Malang

Hidayat, L. 2015. Pengaruh Penambahan Campuran Fitobiotik, Acidifier, dan Probiotik Bentuk Non Enkapsulasi Dan Enkapsulasi Dalam Aditif Pakan Terhadap Karakteristik Usus Itik Pedaging. Disertasi.Universitas Brawijaya.

Mohanraj, V.J., dan Y. Chen. 2006. Nanoparticles a review. Tropical Journal of Pharmaceutical Research Article 5:561–573.

Sundari, Zuprizal, dan R. Martien. 2014. The Effect Nanocapsule of Turmeric Extracts in Rations on Nutrient Digestibility of Broiler Chickens. Animal Production, 16: 107–113.

Septiana, M. 2014. Efek Penambahan Campuran Acidifier dan Fitobiotik Alami dalam Bentuk Non dan Enkapsulasi dalam Pakan Komersial terhadap Kualitas Telur Ayam Petelur. Disertasi. Universitas Brawijaya.

Sulistyoningsih, M. 2007. Respon Fisiologis dan Tingkah Laku Ayam Broiler Periode Starter Akibat Cekaman Temperatur dan Awal Pemberian Pakan yang Berbeda. Tesis. Universitas Diponegoro.

Syaefullah, B. L., M. Herawati, N. P. V. T. Timur, E. E. Bachtiar, dan F. Maulana. 2019. INCOME OVER FEED COST PADA AYAM KAMPUNG YANG DIBERI NANOENKAPSULASI MINYAK BUAH MERAH (Pandanus conoideus) VIA WATER INTAKE. Jurnal Triton, 10(2), 54-61.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2014 Tentang Perubahan Atas Undang-undang Nomor 18 Tahun 2009 Tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan.




DOI: http://dx.doi.org/10.31002/jalspro.v5i1.5631

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License