Title:


Pengaruh Pemberian Fermentasi Buah Maja (Aegle marmelos) sebagai Probiotik untuk Pertumbuhan Ayam Kampung Di Kampung Udapi Hilir Distrik Prafi Kabupaten Manokwari Provinsi Papua Barat


Author:


Mail Susan Carolina Labatar(1*)
Mail Agus Supriyanto(2)
Mail Nani Zurahmah(3)

(1) Politeknik Pembangunan Pertanian Manokwari, Indonesia
(2) Politeknik Pembangunan Pertanian Manokwari, 
(3) Politeknik Pembangunan Pertanian Manokwari, 
(*) Corresponding Author
10.31002/jalspro.v5i1.5632| Abstract views : 0 | PDF views : 0

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian fermentasi buah maja sebagai probiotik untuk pertumbuhan ayam kampung yang diaplikasikan dalam air minum sabagai bahan untuk meningkatkan pertumbuhan ayam kampung. Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap pola searah dengan 3 perlakuan dan 6 ulangan untuk tiap perlakuan dengan jumlah 36 ekor ayam kampung. Setiap ulangan terdiri dari 2 ekor ayam kampung sebagai unit percobaan. Perlakuan terdiri dari P0 = pakan BR 2 + minum: air biasa, P1 = pakan BR 2 + 10% air minum fermentasi maja, dan P2 + 15% air minum fermentasi maja. Hasil pengaruh pemberian fermentasi buah maja sebagai probiotik menunjukan bahwa perlakuan tidak berpengaruh nyata (P>0,05) terhadap konsumsi pakan, konsumsi air minum,  bobot badan dan FCR (Feed Convertion Ratio). Terjadi peningkatan pada konsumsi air minum yang telah di berikan fermentasi buah maja diduga mempengaruhi sistem pencernaan pada ayam kampung yang mana fermantasi buah maja ini juga berfungsi sebagai probiotik yang mampu memperbaiki kondisi pencernaan pada ayam kampung.

Keywords


Ayam kampung, Buah maja, Fermentasi

Full Text:

PDF

References


Afrilia dan Margaretha. 2018. Mikro Organisme Lokal dari Buah Maja. Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Kalimantan Timur.

Bhavani, R. 2014. Antidiabetic Activity Medicinal Plant Aegle Marmelos (Linn.) On Alloxan Induced Diabetic Rats. International Research Journal of Pharmaceutical and Biosciences, 1(1):36-44.

Iskandar, S. 2010. Usaha Tani Ayam Kampung. Balai penelitian ternak Ciawi. Bogor.

Kusumasari, Y. F. Y., V. D. Yunianto, dan E. Suprijatna. 2012. Pemberian Fitobiotik yang Berasal dari Mahkota Dewa (Phaleria macrocarpa) terhadap Kadar Hemoglobin dan Hematokrit pada Ayam Broiler. Jurnal Aplikasi Teknologi Pangan, 1(4).

Prabowo, B. 2011. Statistik Tanaman Sayuran dan Buah Semusim Indonesia. Jakarta. Indonesia.

Rismayani. 2013. Manfaat Buah Maja Sebagai Pestisida Nabati untuk Hama Pengerek Buah Kakao (Conomorpha cramerella). Warta Penelitian dan Pengembangan Tanaman Industri, 19(3).

Sami, A. 2019. Efisiensi Pakan dan Pertambahan Bobot Badan Ayam KUB yang diberi Fitobiotik dengan Berbagai Konsentrasi. Jurnal Galung Tropika, 8(2):147-155.

Sunarti, D. 2004. Pencahayaan sebagai upaya pencegahan cekaman pada unggas tropis berwawasan animal welfare. Pidato Pengukuhan Jabatan Guru Besar dalam Ilmu Ternak Unggas Fakultas Peternakan Universitas Diponegoro. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Sunaryanto, R., dan B. Marwoto. 2013. Isolasi, Identifikasi, dan Karakterisasi Bakteri Asam Laktat dari Dadih Susu Kerbau. Jurnal Sains dan Teknologi Indonesia 14(3): 228-233.

Suprihatin. 2010. Teknologi Fermentasi. Surabaya: UNESA Pres.

Sutama, S. I.N. 1991. Pengaruh Berbagai Tingkat Energi dan Protein terhadap Performans Ayam kampung. Tesis. Bogor. Instituti Pertanian Bogor.

Yaman, A. 2010. Ayam Kampung Unggul 6 Minggu Panen. Penebar Swadaya.




DOI: http://dx.doi.org/10.31002/jalspro.v5i1.5632

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License