Title:


Inovasi Infusa Kulit Kayu Akway Pada Performa Ayam Broiler di Kampung Warmomi Distrik Manokwari Selatan


Author:


Mail Sritiasni Sritiasni(1*)
Mail Daliana Abriani(2)
Mail Muhammad Agung Purnomo(3)
Mail Purwanta Purwanta(4)
Mail Petrus Dominikus Sadsoeitoeboen(5)

(1) Politeknik Pembangunan Pertanian Manokwari, Indonesia
(2) Politeknik Pembangunan Pertanian Manokwari, 
(3) Politeknik Pembangunan Pertanian Manokwari, 
(4) Politeknik Pembangunan Pertanian Manokwari, 
(5) Politeknik Pembangunan Pertanian Manokwari, 
(*) Corresponding Author
10.31002/jalspro.v5i1.5634| Abstract views : 0 | PDF views : 0 | PDF views : 0

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian infusa kulit kayu akway terhadap performa ayam broiler dengan dosis yang berbeda di Kampung Warmomi Distrik Manokwari Selatan Kabupaten Manokwari. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 3 perlakuan dan 4 ulangan, menggunakan 60 ekor DOC ayam broiler dengan jenis kelamin yang berbeda yaitu 30 ekor jantan dan 30 ekor betina. Perlakuan dalam penelitian ini terdiri dari P0 air minum tanpa kulit kayu akway, P1 air minum 1000 ml + 3 gram kulit kayu akway (3 gr/liter) dan P2 air minum sebanyak 1000 ml + 5 gram kulit kayu akway (5 gr/liter). Peubah yang diamati yaitu konsumsi pakan, konsumsi minum, bobot badan akhir dan konversi pakan. Metode analisis data menggunakan Analysis Of Variance (ANOVA), bila terdapat perbedaan maka diuji lanjut menggunakan metode Duncan’s Multiple Range Test (DMRT). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian infusa pada air minum tidak berpengaruh nyata (P>0,05) terhadap konsumsi pakan, konversi dan pakan, bobot badan akhir konsumsi minum. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemberian infusa kulit kayu akway dengan dosis berbeda tidak berpengaruh nyata pada performa ayam broiler pada variabel konsumsi pakan, konversi pakan, bobot badan akhir dan konsumsi minum.

Keywords


Ayam broiler, Infusa, Kayu akway

Full Text:

PDF PDF

References


Badan Pengawas Obat dan makanan RI. 2011. Acuan Sediaan Herbal. Volume ke 6 Edisi 1. Jakarta.

Cepeda G., N. M. Lisangan, K. M. Roreng, I. E. Permatasari, C. D. Manalu, dan W. Tainlain. 2018. Aktivitas penangkalan radikal bebas dan kemampuan reduksi ekstrak kulit kayu akway (Dyrmis piperita Hook. F.). Jurnal Aplikasi Teknologi Pangan, 7(4): 168-173.

Christie, E. J. C. Montolalu, Yohanes, dan A.R. Langi. 2018. Pengaruh Pelatihan Dasar Komputer dan Teknologi Informasi Bagi Guru-Guru dengan Uji-T Berpasangan (Paired Sample T Test). Jurnal Matematika dan Aplikasi de CartesiaN, 7(1):44 -46.

Dalimartha, S. 2014. Tumbuhan Sakti Atasi Asam Urat. Jakarta: Penebar Swadaya.

Fahrudin, A., W. Tanwiriah, dan H. Indrijani. 2016. Konsumsi Ransum, Pertambahan Bobot Badan dan Konversi Ransum Ayam Lokal. Jimmy’s Farm Cipanas Kabupaten Cianjur.

Fati, N., R. Siregar, dan M. U. Luthfi. 2019. Pengaruh Pemberian Infusa Daun Bangun-Bangun (Coleus amboinicus, Lour) Terhadap Performa Broiler. Journal of Livestock Ana Animal Health, 2(1):5-9.

Nahrowi, E. B. Laconi, M. Ridla, dan A. Jayanegara. 2019. Komponen Antinutrisi Pada Pakan. IPB Press. Bogor.

Qurniawan, A., I. I. Arief, dan R. Afnan. 2016. Performans Produksi Ayam Pedaging pada Lingkungan Pemeliharaan dengan Ketinggian yang Berbeda di Sulawesi Selatan. Jurnal Veteriner, 17(4):622-633.

Rasyaf, M. 2008. Panduan Beternak Ayam Pedaging. Penebar Swadaya. Jakarta.

Saputra, W. Y., L. D. Mahfudz dan N. Suthama. 2013. Pemberian Pakan Single Step Down Dengan Penambahan Asam Sitrat Sebagai Acidifier Terhadap Performa Pertumbuhan Broiler. Animal Agriculture Journal.

Syakir, M., N. Bermawie, H. Agusta, dan E. N. Paisey. 2011. Karakterisasi Sifat Morfologi dan Penyebaran Kayu Akway (Drimys sp.) di Papua Barat. Jurnal Penelitian Tanaman Industri, 17(4):169-173.

Uzer, F. N. Irianti, dan Roesdiyanto. 2013. Penggunaan Pakan Fungsional dalam Ransum Terhadap konsumsi Pakan dan Pertambahan Bobot Badab Ayam Broiler. Jurnal Ilmiah Petenakan, 1(1):282-288.

Widodo, W. 2009. Perbandingan Performans Dua Strain Broiler Yang Mengonsumsi Air Kunyit. Jurnal Ilmiah Ilmu-ilmu Peternakan, 13:146-152.




DOI: http://dx.doi.org/10.31002/jalspro.v5i1.5634

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License