Title:


Penggunaan Fitobiotik Nanoenkapsulasi Minyak Buah Merah terhadap Persentase Karkas dan Lemak Abdominal Ayam Broiler


Author:


Mail Aswandi Aswandi(1*)
Mail Alvians Alfrendo Kelmaskosu(2)
Mail Purwanta Purwanta(3)

(1) Politeknik Pembangunan Pertanian Manokwari, Indonesia
(2) Politeknik Pembangunan Pertanian Manokwari, 
(3) Politeknik Pembangunan Pertanian Manokwari, 
(*) Corresponding Author
10.31002/jalspro.v5i1.5637| Abstract views : 0 | PDF views : 0

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tinggkat pengunaan fitobiotik nanoendkapsulasi minyak buah merah terhadap presentase karkas dan lemak Adominal, dan meningkatkan pengetahuan peternak tentang pengaruh pemberian fitobiotik nanoenkapsulasi minyak buah merah yang diberikan pada rasum ayam broiler. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) menggunakan 36 ekor DOC (Day Old Chick) broiler terbagi menjadi 3 perlakuan dan 4 ulangan yaitu: P0 = air minum tanpa aditif (kontrol), P1 = air minum + 2,5% nanoenkapsulasi bioaktif minyak buah merah, P2 = air minum + 5% nanoenkapsulasi bioaktif minyak buah merah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan fitobiotik nanoenkapsulasi minyak buah merah dalam air minum tidak berpengaruh nyata terhada presentase karkas dan lemak abdominal, untuk presentase karkas ayam broiler pada P1 lebih tinggi dari pada P0 dan P2

Keywords


Fitobiotik, Minyak buah merah, Nanoenkapsulasi, Persentase karkas dan lemak

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S.1997. Prosedur Kajian Suatu Pendekatan Praktek. PT Rineka Cipta. Jakarta.

Al-sultan. 2003. Penimbunan lemak abdominal dipengaruhi beberapa faktor. Penebar Swadaya. jakarta

Budi, I.M. dan F.R. Paimin. 2005. Buah Merah. Cetakan ke-3. Penebar Swadaya. Jakarta.

Charoen, P. 2006. Manual Manajemen Broiler CP 707. Charoen Pokphand Indonesia, Jakarta

Daud, M., W. G. Piliang dan P. Kompiang. 2007. Persentase dan kualitas karkas ayam pedaging yang diberi probiotik dan prebiotik dalam ransum. JITV, 12 (3):167-174.

Febrina, E., D. Gozali, dan T. Rusdiana. 2007. Formulasi sediaan emulsi buah merah (Pandanus conoideus Lam.) sebagai produk antioksidan alami. Laporan Kajian. Kajian Peneliti Muda (LITMUD) UNPAD. Universitas Padjajaran. Jatinangor.

Greiner, R. 2009. Current and projected applications of nanotechnology in the food sector. Nutrire: rev. Soc. Bras. Alim. Nutr. J. Brazilian Soc. Food Nutr, São Paulo. 34: 243–260.

Helena, M. D. 2011. Persentase Karkas dan Potongan Komersial Ayam Broiler yang diberi Pakan Nabati dan Komersial. Skripsi. Fakultas Peternakan Institut Pertanian. Bogor.

Mahdi, J., J. Djajadisastra, dan L. Maya. 2009. Pembuatan Mikroemulasi dari Minyak Buah Merah. Majalah Ilmu Kefarmasian, 6(1):18-27.

Limbongan, J. dan A. Malik. 2009. Peluang pengembangan buah merah (Pandanus conoideus Lam.) di provinsi papua. Jurnal Litbang Pertanian, 28(4).

Ollong, A.R., Wihandoyo, dan Y. Erwanto. 2012. Penampilan produksi ayam broiler yang diberi pakan mengandung minyak buah merah (Pandanus conoideus Lam.) pada aras yang berbeda. Buletin Peternakan, 36(1):14-18.

Ollong, A.R., A.N. Tethool, dan R. Arizona. 2017. Pengaruh Berbagai Taraf Ampas Buah Merah (Pandanus conoideus Lam.) Dalam Ransum Komersial Terhadap Persentase Panjang dan Bobot Organ Pencernaan Itik Lokal Jantan. Seminar Nasional Peternakan, Makassar 18 September tahun 2017, 173-180.

Permana, D.S. 2019. Buah Merah (Pandanus conoideus): Taksonomi, Habitat, dan Morfologi. https://foresteract.com/buah-merah-pandanus-conoideus/

Resnawati, H. 2004. Bobot potongan karkas dan lemak abdomen ayam ras pedaging yang diberi ransum mengandung tepung cacing. Seminar Nasional Teknologi Peternakan dan Veteriner. Balai Kajian Ternak, Bogor.

Syaefullah, B. L., M. Herawati, N. P. V. T. Timur, E. E. Bachtiar, dan F. Maulana. 2019. INCOME OVER FEED COST PADA AYAM KAMPUNG YANG DIBERI NANOENKAPSULASI MINYAK BUAH MERAH (Pandanus conoideus) VIA WATER INTAKE. Jurnal Triton, 10(2), 54-61.




DOI: https://doi.org/10.31002/jalspro.v5i1.5637

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License