KAJIAN IMPLEMENTASI PARKIR DAN PENGEMBANGAN SKENARIO ON-STREET PARKING DI KOTA MAGELANG

Paska Adi Hutomo, Woro Partini, Muhammad Amin

Abstract


Jalan Pemuda adalah sistem jaringan jalan sekunder yang menghubungkan antarpusat pelayanan dalam Kota, yang merupakan daerah pusat kegiatan/perbelanjaan (CBD). Jalan Pemuda menjadi jalan yang masih sering terjadi hambatan lalu lintas karena parkir. Tujuan dari penelitian ini adalah menentukan kebutuhan parkir dan model regresi parkir pada Jalan Pemuda.  Metodelogi yang digunakan adalah mengumpulkan data lapangan, yang dilakukan dengan survei plat nomor kendaraan, survei inventarisasi, dan wawancara. Data sampel ditentukan dengan rumus Slovin, kemudian dilakukan pengolahan data dengan analisis regresi.  Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa akumulasi tertinggi terjadi pada hari Minggu yaitu pukul 11.50 - 12.00 yaitu 536 kendaraan, indeks parkir tertinggi yaitu 109%. Dengan volume kapasitas parkir 1186 kendaraan, turn over tertinggi yaitu 2,52 kend/jam/ruang, durasi parkir tertinggi yatu 0,8 jam. Berdasarkan hasil menunjukkan kapasitas parkir berpotensi mengalami kemacetan pada jalur tersebut pada pukul 10.50 – 12.00. Hasil bentuk regresi untuk kebutuhan ruang parkir kendaraan motor mendapatakan nilai regresi Y=0,11 + (-0,028).X1 + 0,970.X2, dan hasil regresi untuk kebutuhan ruang parkir kendaraan mobil mendapatkan nilai regresi Y=(-0,01) + 0,171.X1 + 0,967.X2.

Keywords


Bangkitan parkir, kebutuhan parkir, regresi.

Full Text:

PDF

References


Ansyori, Alik Alamsyah, 2005. Rekayasa Lalu lintas. Universitas Muhamadyah Malang, Malang

A.A. Jaya Wikrama, 2010, Analisis Karakteristik Dan Kebutuhan Parkir Di Pasar Kreneng, Universitas Udayana, Denpasar.

Beni Irawan, 2013, Analisis Karakteristik Parkir Pada Universitas Pasir Pengaraian, UPP, Riau.

Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kota Magelang, 2015, Studi Potensi Parkir pada Ruang Milik Jalan di Kota Magelang, Magelang.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat, 1996. Pedoman Teknis Penyelenggaraan Fasilitas Parkir, Jakarta, Indonesia.

Murlock, Edward K, 1998. Pengantar Teknik dan Perencanaan Transportasi, Erlangga, Jakarta.

Pranoto, 2008, Analisis Model Kebutuhan Parkir Sepeda Motor Pada Gedung Perkantoran Bank Di Kota Malang, Universitas Negeri Malang, Malang.

Rahayu Widhiastuti, 2013, Evaluasi Dan Analisis Kebutuhan Ruang Parkir Di Kampus Politeknik Negeri Pontianak, Polnep, Pontianak.

Saribudi, Andri, 2008, Analisis Kebutuhan lahan Parkir Pada RSU Pringadi Medan, Tugas Akhir, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia.

Sugiyono, 2009, Metode Penelitian Administrasi, Alfabeta, Bandung.

Tamin, O. Z 1997, Perencanaan dan Pemodelan Transportasi. ITB, Bandung.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 22 Th 2009, Tentang Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan, Jakarta.

Yunita A Messah, 2012 Analisis Kebutuhan Lahan Parkir Di Rumah Sakit Umum Daerah Prof. Dr. W.Z. Johannes Kupang, Undana, NTT.

Yusuf Khasani, 2015, Analisis Sistem Parkir Di Badan Jalan (On Street Parking) Terhadap Kelancaran Berlalu Lintas Di Jalan Gonilan- Pabelan (Implementasi Dari Mata Kuliah Dasar-Dasar Konstruksi Jalan dan Jembatan), UNS, Surakarta.




DOI: https://doi.org/10.31002/.v1i1.2229

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Rekayasa Infrastruktur Sipil

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Rekayasa Infrastruktur Sipil

P-ISSN: 2722-8037 E-ISSN: 2722-5844

Published by Department Civil Engineering, Faculty of Engineering, Universitas Tidar

Sekretariat : Gedung FT 3 Lantai 4, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Tidar, Jalan Kapten Suparman No 39 Magelang 56116. Email: jris@untidar.ac.id.