Title:


ANALISIS PENILAIAN FAKTOR KERUSAKAN JALAN DENGAN PERBANDINGAN METODE BINA MARGA, METODE PCI (PAVEMENT CONDITION INDEX), DAN METODE SDI (SURFACE DISTRESS INDEX) (Studi Kasus Ruas Jalan Patuk-Dlingo, Kec. Dlingo, Kab. Bantul)


Author:


Mail Anisa Gusnilawati(1*)

(1) , 
(*) Corresponding Author
10.31002/jris.v2i1.3388| Abstract views : 0 | PDF views : 0

Abstract


Ruas Jalan Patuk Dlingo merupakan akses jalan wisata alam hutan pinus yang sangat populer di Kecamatan Dlingo sehingga keadaan infrastruktur jalan harus menunjang dalam sektor pariwisata daerah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kondisi permukaan perkerasan jalan dan membandingkan nilai kondisi perkerasan jalan berdasarkan tiga metode, yaitu Bina Marga, Pavement Condition Index (PCI), Surface Distress Index (SDI), yang digunakan sebagai dasar untuk mengetahui jenis penanganan pemeliharaan jalan dan untuk menghitung tebal perkerasan menggunakan metode Bina Marga 2013. Penilaian kondisi visual diperoleh dengan melakukan survey lapangan secara langsung. Hasil penelitian nilai kondisi kerusakan Jalan Patuk Dlingo pada ketiga metode yaitu metode Bina Marga nilai UP 7,92 tergolong program pemeliharaan rutin, nilai rata-rata 39,7% yang kategori  jelek (poor), metode SDI rata-rata nilai 11,8 tergolong dalam penanganan pemeliharaan secara rutin. Dengan adanya penelitian penilaian kondisi jalan yang menggunakan metode Bina Marga, PCI, dan SDI dapat memberikan gambaran tingkat kerusakan Jalan Patuk Dlingo, yang dapat digunakan sebagai data base untuk perencanaan dan pelaksanaan rehabilitasi dan pemeliharaan jalan.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31002/jris.v2i1.3388

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Rekayasa Infrastruktur Sipil

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Rekayasa Infrastruktur Sipil

P-ISSN: 2722-8037 E-ISSN: 2722-5844

Published by Department Civil Engineering, Faculty of Engineering, Universitas Tidar

Sekretariat : Gedung FT 3 Lantai 4, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Tidar, Jalan Kapten Suparman No 39 Magelang 56116. Email: jris@untidar.ac.id.