Title:


STUDI MODA TRANSPORTASI ONLINE GOJEK DAN GRAB DENGAN METODE TOPSIS DI KOTA MAGELANG


Author:


Mail Bima Satria Gishella(1*)

(1) , Indonesia
(*) Corresponding Author
10.31002/jris.v2i1.4184| Abstract views : 0 | PDF views : 0

Abstract


Persaingan di perusahaan jasa yang semakin ketat menuntut pelaku usaha untuk memberikan kualitas pelayanan yang terbaik agar dapat memenuhi keinginan pelanggan. Pengguna jasa akan merasa puas dengan perusahaan jasa trasportasi online yang telah diberikan sehingga konsumen tidak akan berpaling ke pesaing. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pelayanan, peforma, harga dan kemananan konsumen menurut persepsi pengguna Go-Jek dan Grab di Kota Magelang.

Penelitian ini merupakan penelitian komparatif. Informasi mengenai penelitian didapatkan dari teknik pengumpulan data yang telah dilakukan terhadap subyek penelitian yaitu pengguna moda transportasi online Go-Jek dan Grab. Populasi dalam penelitian ini adalah orang yang pernah menggunakan Go-Jek dan Grab, sedangkan sampel kuesioner penelitian adalah 100 responden yang terdiri dari 50 pengguna yang sudah pernah menggunakan jasa transportasi Go-Jek dan 50 pengguna yang sudah pernah menggunakan jasa transportasi Grab. Penelitian ini menggunakan metode Technique For Orders Reference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS). Penelitian ini dilakukan di Kota Magelang pada 20 Maret 2020.

Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata hasil perhitungan penelitian yang sudah dihitung dengan rumus TOPSIS yang diaplikasikan menggunakan software excel untuk merangking alternatif menghasilkan rangking 1 untuk transportasi online Grab dengan nilai preferensi 0.552248142 dan transportasi online Go-jek berada dirangking 2 dengan nilai preferensi 0.447751858.


Keywords


Go-Jek dan Grab, Transportasi online, Metode Topsis.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31002/jris.v2i1.4184

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Rekayasa Infrastruktur Sipil

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Rekayasa Infrastruktur Sipil

P-ISSN: 2722-8037 E-ISSN: 2722-5844

Published by Department Civil Engineering, Faculty of Engineering, Universitas Tidar

Sekretariat : Gedung FT 3 Lantai 4, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Tidar, Jalan Kapten Suparman No 39 Magelang 56116. Email: jris@untidar.ac.id.