Title:


EVALUASI KONDISI PERKERASAN LENTUR DAN IDENTIFIKASI PENYEBAB KERUSAKAN DI JALAN MAGELANG –KALIANGKRIK


Author:


Mail Sonia Puspitasari(1*)
Mail Muhammad Amin(2)
Mail Dwi Sat Agus Yuwana(3)

(1) , Indonesia
(2) , Indonesia
(3) , Indonesia
(*) Corresponding Author
10.31002/jris.v3i1.4185| Abstract views : 0 | PDF views : 0

Abstract


Ruas jalan Magelang – Kaliangkrik STA 13+000 – STA 15+000 merupakan jalan yang menghubungkan antara Kecamatan Bandongan dan Kecamatan Kaliangkrik. Secara visual di jalan ini banyak dijumpai permukaan jalan dalam kondisi rusak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi dan tingkat kerusakan jalan sesuai metode Pavement Condition Index (PCI) serta memberikan alternatif perbaikan sesuai kondisi permukaan perkerasan jalan tersebut.

Evaluasi perkerasan jalan dilakukan dengan mencari data karakteristik beton aspal menggunakan alat Core Drill dan pengujian  Dynamic Cone Penetrometer (DCP) untuk mencari nilai CBR lapangan, serta evaluasi kondisi permukaan perkerasan dengan metode PCI untuk menentukan nilai kondisi jalan yang nantinya digunakan sebagai acuan pemilihan perbaikan.

Hasil evaluasi perkerasan pengujian Core Drill didapatkan rata-rata kepadatan beton aspal sebesar 97,79%, rata-rata kadar aspal sebesar 3,18% , dan rata-rata presentase berat agregat yang lolos saringan 1/2”, 3/8”, NO. 8, NO. 16, NO. 50, NO. 100, NO. 200 berada dibawah spesifikasi dari Bina Marga. Berdasarkan pengujian DCP diperoleh nilai CBR rata-rata sebesar 3,006%. Hasil evaluasi kondisi perkerasan diperoleh nilai PCI sebesar 39,4 % dengan rating buruk (poor). Berdasarkan nilai PCI maka alternatif penanganan dengan cara pemeliharaan rutin dengan biaya sebesar Rp 39.636.409,72, sedangkan lapis tambah (overlay) dengan metode Bina Marga 2017 didapat tebal lapis sebesar 3 cm biayanya sebesar  Rp 484.882.886,00. Penanganan yang tepat sesuai dengan tingkat kerusakan jalan adalah memberi lapis tambah (overlay) untuk meningkatkan rating jalan menjadi lebih baik.


Keywords


Kerusakan Jalan, Pavement Condition Index (PCI), Core Drill, Pemeliharaan Jalan.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31002/jris.v3i1.4185

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Rekayasa Infrastruktur Sipil

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Rekayasa Infrastruktur Sipil

P-ISSN: 2722-8037 E-ISSN: 2722-5844

Published by Department Civil Engineering, Faculty of Engineering, Universitas Tidar

Sekretariat : Gedung FT 3 Lantai 4, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Tidar, Jalan Kapten Suparman No 39 Magelang 56116. Email: jris@untidar.ac.id.