STUDI KASUS KINERJA SIMPANG BERSINYAL PADA SIMPANG BERSINYAL MAGELANG-TEMPEL KABUPATEN SLEMAN, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
Abstract
Jalan Raya Magelang-Yogyakarta dihubungkan oleh sebuah simpang bersinyal salah satunya yaitu simpang 4 Magelang-Tempel. Kondisi arus lalu lintas di ruas jalan tersebut cukup padat terlebih pada jam sibuk dan tidak jarang terjadi tundaan lalu lintas akibat menurunnya kinerja simpang bersinyal. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif yang berupa pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data berupa data primer yang didapat dari survei lapangan. Hasil dari penelitian ini dianalisis menggunakan MKJI 1997 dan PTV Vissim. Alternatif yang dipilih adalah dengan dibangun flyover pada simpang bersinyal pada ruas jalan utama. Berdasarkan analisis MKJI 1997 pada kondisi eksisting nilai tundaan simpang rata-rata sebesar 89,94 det/smp dengan LOS F. Sedangkan nilai tundaan simpang rata-rata menggunakan aplikasi PTV Vissim sebesar 37 det/smp dengan LOS D. Kinerja simpang bersinyal menggunakan alternatif flyover memberikan nilai tundaan simpang rata-rata menggunakan MKJI 1997 sebesar 32,1 det/smp dengan LOS D dan aplikasi PTV Vissim sebesar 12,93 det/smp dengan LOS B.
Full Text:
PDFReferences
AASHTO. 2001. A Policy on Geometric Design of Highways and Streets, 4th for Evolutionary Calibration of VISSIM by Multy-Threading. Badan Pusat Statistik Kabupaten Sleman. Jumlah Penduduk Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta
Departemen Permukiman dan Prasarana Wilayah. (2004). Marka Jalan. Jakarta: Departemen Permukiman dan Prasarana Wilayah.
Direktorat Jenderal Bina Marga. (1992). Tata Cara Perencanaan Persimpangan Sebidang Jalan Perkotaan. Jakarat: Dinas Bina Marga
Direktorat Jenderal Bina Marga. (1997). Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI). Jakarta: Dinas Bina Marga.
https://id.wikipedia.org/wiki/VisSim . Diakses pada 20 Maret 2022
Khisty, Jostin C., Dasar-Dasar Rekayasa Transportasi, Erlangga, Jakarta, 2005 Miro, Fidel, Pengantar Sistem Transportasi,Erlangga, Jakarta. 2012
Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 13 Tahun 2014 tentang Rambu Lalu Lintas. Jakarta: Menteri Perhubungan Republik Indonesia.
DOI: https://doi.org/10.31002/jris.v3i1.5763
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Rekayasa Infrastruktur Sipil
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Rekayasa Infrastruktur Sipil
P-ISSN: 2722-8037 E-ISSN: 2722-5844
Published by Department Civil Engineering, Faculty of Engineering, Universitas Tidar
Sekretariat : Gedung FT 3 Lantai 4, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Tidar, Jalan Kapten Suparman No 39 Magelang 56116. Email: jris@untidar.ac.id.