Title:


PENGARUH USER GENERATED CONTENT TERHADAP PERILAKU PARA FOODIE PENGGUNA MEDIA SOSIAL DALAM PERSPEKTIF KOMUNIKASI, TEKNOLOGI DAN MASYARAKAT DI INDONESIA


Author:


Mail Maria Anasthasia Rayinda(1*)

(1) Universitas Pelita Harapan, 
(*) Corresponding Author
10.31002/jkkm.v3i2.1257| Abstract views : 370 | PDF views : 0

Abstract


Unggahan foto makanan dan atau posting mengenai review makanan di platform media sosial seperti Instagram, maupun aplikasi foodie atau penggila makanan yang juga memiliki akun instagram seperti Zomato, Qraved dan Foody, ternyata mempengaruhi tren makanan yang populer di kalangan masyarakat di Indonesia. Ini merupakan salah satu bentuk dari user generated content (UGC) yang menunjukkan pengaruh komunikasi dengan menggunakan teknologi di kalangan masyarakat. User generated content (UGC) sendiri merupakan salah satu bentuk dari era teknologi web 2.0 yang membuat masyarakat menggunakan teknologi media secara interaktif. Implementasi yang akan dilihat disini adalah ketika masyarakat saling berbagi review mengenai suatu makanan lalu makanan tersebut akhirnya menjadi populer atau tren di kalangan foodie atau penggila makanan di Indonesia.


Keywords


user generated content (UGC), media sosial, foodie, komunikasi, teknologi, masyarakat

Full Text:

PDF

References


Dwityas, Nindyta Aisyah. (2016). Komunikasi dan Pariwisata: Peran User Generated Content bagi Traveller dalam Media Sosial. Jurnal Simbolika. Vol. 2. Nomor 1.

Tzeng, Jang-Ruey, dkk. (2009). A Study of A Web 2.0-based Educative Platform. Journal of Systemics, Cybernetics and Informatics. Vol. 7 Number 4. pp. 38-43

Guest, Greg, dkk. (2013). Collecting Qualitative Data: A Field Manual for Applied Research. Sage Publications.

Onwuegbuzie, Anthony J. dan Rebecca Frels. (2016). Seven Steps to a Comprehensive

Literature Review A Multimodal and Cultural Approach. Sage Publications.

Johnston, Melissa P.. (2014). Secondary Data Analysis: A Method of which the time has come. Qualitative and Quantitative Methods in Libraries. Vol. 3. pp. 619-624

Bruns, Axel. (2016). The International Encyclopedia of Communication Theory and Philosophy. John Wiley and Sons Inc. pp. 1-5

Schramm, Wilbur. (1971). Nature of Communications between humans (The Process and Effect of Mass Communication). Urbana: University of Illinois Press. pp.3-53

Pacey, Arnold. (2015). The Culture of Technology. MIT Press Edition. (Vol. 69). pp. 6

Timasheff, N. S. (1952). The Basic Concepts of Sociology. American Journal of Sociology. Vol. 58. No. 2. pp. 176–186.

Bounds, Andy. (2013). The Snowball Effect: Communication Techniques to Make You Unstoppable. Capstone. 1st edition.




DOI: http://dx.doi.org/10.31002/jkkm.v3i2.1257

Article Metrics

Abstract view : 370 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Komunikasi dan Kajian Media

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. View My Stats