Title:


EXPERIENTIAL MARKETING DALAM PENGEMBANGAN PARIWISATA BERKELANJUTAN PASCA BENCANA DI PROVINSI BANTEN


Author:


Mail Orcid Intan Putri Cahyani(1*)
Mail Maria Febiana Christanti(2)

(1) Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta, Indonesia
(2) Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta, Indonesia
(*) Corresponding Author
10.31002/jkkm.v5i2.3796| Abstract views : 0 | PDF views : 0

Abstract


Pariwisata  rentan terhadap bencana seperti yang dialami oleh Provinsi Banten. Baru saja berusaha pulih dari bencana tsunami dan gempa bumi, kini mereka dihadapkan dengan pandemic covid-19. Pariwisata pasca bencana membuat orang mengalami perubahan perilaku konsumsi mereka. Riset ini bertujuan untuk menguraikan experiential marketing dalam pengembangan pariwisata berkelanjutan pascabencana di Provinsi Banten. Berangkat dari metode studi kasus, data dalam Studi deskriptif kualitatif ini diperoleh melalui monitoring platform digital, FGD virtual dan data sekunder berupa webinar dan berita tentang kepariwisataan. Saat ini konsumen potensial pariwisata didominasi oleh genereasi milenial yang cenderung untuk membagikan pengalamannya melalui media sosial. Virtual Tourism melalui unggahan di media sosial menjadi pilihan terbaik saat ini sebagai bentuk dream building dan membantu menjaga minat berwisata. Exciting Banten sebagai branding pariwisata sangat berkaitan erat dengan Feel experience. Saat ini Banten telah memiliki aplikasi excitingbanten.id yang mengintegrasikan Geographic Information System dengan Bussiness Intelligent untuk membangun system pantauan potensi pariwisata yang bersifat open access dan multi resources. Bentuk digitalisasi selanjutnya adalah dengan mengintensifkan komunitas virtual seperti GenPi. Protokol kesehatan CHSE menjadi pengalaman baru dalam berwisata pasca pandemic COVID-19 dan sangat berkaitan dengan prinsip environmentally feasible dan socially acceptable. Bentuk pengalaman utama dalam pariwasat pasca bencana saat ini menekankan pada unsur kesehatan, kenyamanan dan keselamatan.


Keywords


Digitalisasi, Experiential Marketing, Pasca Bencana, Pariwisata Berkelanjutan, Tujuan Pariwisata

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31002/jkkm.v5i2.3796

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Komunikasi dan Kajian Media

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. View My Stats