Title:


ANALISIS SEMIOTIKA KETIMPANGAN GENDER DALAM FILM “UANG PANAI MAHA(R)L”


Author:


Mail Orcid Salma Hanin Zayyana(1*)

(1) Universitas Negeri Malang, Indonesia
(*) Corresponding Author
10.31002/jkkm.v5i2.3980| Abstract views : 0 | PDF views : 0

Abstract


Film Uang Panai’ (Uang Maha(R)L) merupakan film dengan genre komedi-romantis yang berani mengangkat kebudayaan siri’ yang telah menjadi suatu masalah sosial yang telah berkembang di masyarakat suku Bugis terpengaruh dari budaya uang panai’. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi dan menganlisis ketimpangan gender dalam Film “Uang Panai Maha(R)L” melalui analisis semiotika model Roland Barthes. Hasil penelitiannya (1) Berdasarkan gugus teori keadilan libertarianisme maka, dalam Film “Uang Panai Maha(R)L” direpresentasikan terdapat ketimpangan gender. Namun sebaliknya, dari perspektif gugus teori utilitarianisme, tidak direpresentasikan praktik ketimpangan gender. (2) Jika diambil perspektif gugus teori keadilan libertarianisme maka, Film “Uang Panai Maha(R)L” telah menampilkan gerakan perlawanan terhadap ketimpangan gender.

Keywords


Film Uang Panai’, Ketimpangan Gender, Semiotika, Libertarianisme, Utilitarianisme

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31002/jkkm.v5i2.3980

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Komunikasi dan Kajian Media

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. View My Stats