Title:


STRATEGI CSR INDONESIA POWER UNIT PEMBANGKIT MRICA DALAM PEMBENTUKAN DAN PEMBINAAN PROGRAM UNGGULAN


Author:


Mail Dinda Nadia Mabrurroh(1*)
Mail Wisnu Widjanarko(2)
Mail Nuryanti Nuryanti(3)

(1) Universitas Jenderal Soedirman, Indonesia
(2) Universitas Jenderal Soedirman, Indonesia
(3) Universitas Jenderal Soedirman, Indonesia
(*) Corresponding Author
10.31002/jkkm.v7i1.7678| Abstract views : 0 | PDF views : 0

Abstract


Terlepas adanya dampak positif dan negatif dari berdirinya perusahaan di suatu wilayah, perusahaan memiliki tanggung jawab untuk memberikan manfaat bagi masyarakat melalui program corporate social responsibility (CSR). Indonesia Power UP Mrica turut serta menjalankan program CSR. Salah satu yang menjadi program unggulannya yaitu Program Kopi Konservasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi CSR Indonesia Power UP Mrica dalam pembentukan dan pembinaan program unggulan. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Indonesia Power menggunakan manajemen public relations  yang secara lebih rinci dituangkan pada 4 langkah strategi. Strategi perintisan dilakukan dengan mengidentifikasi masalah dengan melibatkan stakeholders dan akademisi, serta melibatkan konsultan CSR dalam penyusunan program. Strategi penguatan, perusahaan membentuk kelompok binaan yang mendapat pengakuan dan disahkan oleh pemerintah setempat. Strategi pengembangan, kelompok binaan yang telah dibentuk mendapat pembinaan berupa edukasi non formal untuk menunjang keberhasilan program. Saat kelompok binaan dari program sudah mandiri, perusahaan akan melakukan exit strategy.


Keywords


ILMU KOMUNIKASI, PUBLIC RELATIONS

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31002/jkkm.v7i1.7678

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Komunikasi dan Kajian Media

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. View My Stats