Title:
STRATEGI CSR INDONESIA POWER UNIT PEMBANGKIT MRICA DALAM PEMBENTUKAN DAN PEMBINAAN PROGRAM UNGGULAN
Author:
Abstract
Terlepas adanya dampak positif dan negatif dari berdirinya perusahaan di suatu wilayah, perusahaan memiliki tanggung jawab untuk memberikan manfaat bagi masyarakat melalui program corporate social responsibility (CSR). Indonesia Power UP Mrica turut serta menjalankan program CSR. Salah satu yang menjadi program unggulannya yaitu Program Kopi Konservasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi CSR Indonesia Power UP Mrica dalam pembentukan dan pembinaan program unggulan. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Indonesia Power menggunakan manajemen public relations yang secara lebih rinci dituangkan pada 4 langkah strategi. Strategi perintisan dilakukan dengan mengidentifikasi masalah dengan melibatkan stakeholders dan akademisi, serta melibatkan konsultan CSR dalam penyusunan program. Strategi penguatan, perusahaan membentuk kelompok binaan yang mendapat pengakuan dan disahkan oleh pemerintah setempat. Strategi pengembangan, kelompok binaan yang telah dibentuk mendapat pembinaan berupa edukasi non formal untuk menunjang keberhasilan program. Saat kelompok binaan dari program sudah mandiri, perusahaan akan melakukan exit strategy.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.31002/jkkm.v7i1.7678
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Cited By
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Komunikasi dan Kajian Media
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. View My Stats