Title:


FORMULASI PERSUASIF DAN KREDIBILITAS PRODUK DALAM PRAKTIK ENDORSEMENT PADA AKUN INSTAGRAM SELEBRITIS


Author:


Mail Vannyora Okditazeini(1*)
Mail Erfina Ningsih Pasaribu(2)
Mail M. Kholikul Alim(3)

(1) UIN Mahmud Yunus Batusangkar, Indonesia
(2) Kementerian Pariwisata, Indonesia
(3) Perhimpunan Pengembangan Media Nusantara (PPMN), Indonesia
(*) Corresponding Author
10.31002/jkkm.v7i2.7902| Abstract views : 0 | PDF views : 0

Abstract


Penelitian ini mengidentifikasi kajian tentang praktik endorsement yang dilakukan oleh selebriti dengan berfokus pada selebriti yang memiliki jumlah followers akun Instagram terbanyak tahun 2018. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Instagram menjadi salah satu alat dalam melakukan endorsement bagi pelaku bisnis melalui selebriti untuk memasarkan produknya. Terdapat lima selebriti yang diteliti berdasarkan jumlah followers terbanyak, yaitu Ayu TingTing, Raffinagita, Laudya Cynthia Bella, Prilly Latuconsina, dan Syahrini. Dari hasil penelitian dengan jumlah sampel sebanyak 1926 postingan, terdapat 969 postingan yang merupakan tergolong dalam bentuk praktik endorsement. Peneliti menemukan bahwa cara implisit merupakan cara yang paling jarang dipilih oleh selebriti dalam melakukan aktivitas endorsement. Sedangkan cara co-present merupakan cara yang paling banyak digunakan selebriti. Dari penelitian ini diketahui juga bahwa ternyata para selebriti tidak hanya melakukan endorsement pada produk-produk dari perusahaan, melainkan melakukan endorsement pada produknya sendiri. Dengan demikian, penggunaan selebriti di instagram dapat membangun kemenarikan dan kredibilitas produk melalui berbagai bentuk pesan yang disampaikan.

Keywords


endorsement, marketing, selebriti, kemenarikan, kredibilitas

Full Text:

PDF

References


Wartakotalive. (2017, July 27). Retrieved May 1, 2018, from tribunnews.com: http://wartakota.tribunnews.com/2017/07/27/10-artis-pemilik-akun-instagram-terbanyak-nomor-4-paling-dahsyat-dan-termuda

Abeza, G., O'Reilly, N., Seguin, B., & Nzindukiyimana, O. (2017). The World's Highestpaid Athletes, Product Endorsement, and Twitter. Aport, Business, and Management: An International Journal, 7(3), 332-355. https://doi.org/10.1108/SBM-08-2016-0040.

APJII. (2018). APJII. Retrieved Mei 14, 2018, from apjii.or.id: https://apjii.or.id/content/read/39/27/PROFIL-PENGGUNA-INTERNET-INDONESIA-2014

Berelson, B. (1952). Content Analysis in Communication Research. New York: Free Press.

Dwivedi, A., Johnson, L., & McDonald, R. (2015). Celebrity Endorsements. Self-Brand Connection and Relationship Quality. International Journal of Advertising, 35(3), 486-503. htpps://doi.org/10.1080/02650487.2015.1041632

Grave, J. (2017). Exploring the Perception of Influencers vs Traditional Celebrities. Proceedings of the 8th Internationa; Conference on Social Media & Society #SMSociety17, (p. https://doi.org/10.1145/3097286.3097322).

Kim, I., & Kuljis, J. (2010). Applying Content Analysis to Web based Content . The ITI 32nd Int. Conf. on Information Technology Interfaces, (pp. 283-288). Cavtat,Croatia.

KOMINFO. (2017). Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. Retrieved Mei 14, 2018, from kominfo.go.id: https://kominfo.go.id/content/detail/12506/siaran-pers-no22hmkominfo012018-tentang-survei-penggunaan-tik-serta-implikasinya-terhadap-aspek-sosial-budaya-masyarakat/0/siaran_pers

Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 12. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Krippendorff, K. (1980). Content analysis: An Introduction to its Methodology. London: Sage Publications.

Lim, W. M. (2016). A blueprint for sustainability marketing: Defining its conceptual boundaries for progress. Marketing Theory, Vol. 16(2) , 232–249 .

Liputan6. (2016, Oktober 12). Liputa6. Retrieved Mei 14, 2018, from liputan6.com: https://www.liputan6.com/bisnis/read/2624730/dirjen-pajak-akui-selebgram-dan-jual-beli-online-bakal-dipajaki

Neuendorf, K. A. (2002). The Content Analysis Guidebook Second Edition. London: Sage Publications.

Phua, J., Jin, S., & Hahm, J. (2017). Celebrity-Endorsed e-cigarette Brand Instagram Advertisements: Effects on Young Adults' Attitudes Towards e-cigarettes and Smoking Intentions. Jounal of Health Psycology, 23(4), 550-560. https://doi.org/10.1177/1359105317693912.

Tribunews. (2017, Desember 12). Tribun Kaltim. Retrieved Mei 14, 2018, from tribunews.com: http://kaltim.tribunnews.com/2017/12/12/wow-instagram-5-artis-indonesia-ini-masuk-daftar-100-akun-dengan-follower-terbanyak-tahun-2017?page=3

Wardani, A. S. (2017, July 10). Liputan6. Retrieved May 1, 2018, from www.liputan6.com: https://www.liputan6.com/tekno/read/3017828/5-artis-indonesia-dengan-follower-instagram-terbanyak




DOI: http://dx.doi.org/10.31002/jkkm.v7i2.7902

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Komunikasi dan Kajian Media

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. View My Stats