PEMANFAATAN POTENSI ALAM DAN KEARIFAN LOKAL UNTUK MENDUKUNG PROMOSI PARIWISATA KREATIF SLEMAN YOGYAKARTA

wardiyanta wardiyanta, M. Syamsu Hidayat, Fitroh Adilla

Abstract


Penelitian ini mengenai perkembangan pariwisata kreatif Sleman di daerah sekitar Gunung Merapi. Pengambilan data, selain menggunakan metode observasi, juga metode dokumentasi wawancara dengan para pakar dan pelaku industri jasa pariwisata dan jasa makanan. Analisis data menggunakan metode analisis konten. Hasil menunjukkan banyak kegiatan pariwisata kreatif telah berkembang di Sleman, misalnya berkembangnya, home stay, wisata kuliner dan berbagai kegiatan pariwisata yang melibatkan budaya setempat. Keberhasilan dan keberlanjutan menggunakan kearifan lokal untuk mempromosikan pariwisata Sleman melalui proses pariwisata kreatif tergantung pada faktor-berikut: basis komunitas yang kuat, sumber daya alam yang subur, pengelola yang dapat menciptakan kepercayaan, basis budaya yang kuat, partisipasi dari masyarakat lokal, operasi yang berkelanjutan dan inovasi dalam pengembangan pariwisata kreatif.


Keywords


Promosi Pariwisata; Kearifan Lokal; Pariwisata Kreatif

Full Text:

PDF

References


Ohridska-Olson, R. Dan Ivanov,S. Creative Tourism Business Model And Its Application Dalam, 2010

Wurzburger, R.. Creative Tourism : A Global Conversation: How to Provide Unique Creative Experiences for Travelers Worldwide. As Presented at the 2008 Santa Fe & UNESCO International Conference on Creative Tourism in Santa Fe, New Mexico, USA. Santa Fe: Sunstone Press, 2009

Sumiman Udu, Pengembangan Pariwisata Dan Hilangnya Tanah-tanah Sara di Wakatobi: kajian atas perlawanan masyarakat adat, Prosiding The 4 th International Conference on Indonesian Studies: “Unity, Diversity and Future”, 2012

Seri Pongpit and Vichit Nantasuwan. Community Model Scheme, People Research and Development. Phthumtani University, 2002.

Richards, G. dan Raymond, C. Creative Tourism. ATLAS News, 2000. Vol. 23, pp. 16-20.

UNESCO. (2006). Towards Sustainable Strategies for Creative Tourism. Discussion Report of the Planning Meeting for 2008 International Conference on Creative Tourism, Santa Fe, New Mexico, U.S.A., October 25-27, 2006.

Badan Pusat Statistik (BPS). Data Objek Wisata Kabupaten Sleman 2006. BPS. Jakarta. 2006.

Ohridska-Olson, R. Dan Ivanov,S. Creative Tourism Business Model And Its Application Dalam, 2010

Richards, G. EUROTEX: Trans-national Partnership Linking Crafts and Tourism. Dalam World Tourism Organization (ed.) Joining Forces-Collaborative Processes for Sustainable and Competitive Tourism. UNWTO: Madrid, 2010. pp. 83-89 [10] Pandit S. Ilmu Pariwisata. Pradnya Paramita. Jakarta. 1986.

Sammeng A. M. 2001. Cakrawala Pariwisata. Balai Pustaka. Jakarta

Soekadijo R. G. Anatomi Pariwisata. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta. 2000.


Article Metrics

Abstract view : 121 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 SEMNAS "PENGELOLAAN SUMBER DAYA ALAM BERKESINAMBUNGAN DI KAWASAN GUNUNG BERAPI"

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

E-ISSN : 2716-330X