Rancang Bangun Inkubator Telur Ayam Menggunakan DHT 11 Sebagai Sensor Suhu dan Kelembaban

Dwi Novianto, Ika Setyowati, Widitya Tri Nugraha

Abstract


Dusun Gentan, Desa Purwosari, Kec. Tegalrejo, Kab. Magelang terdapat kelompok tani bernama SERASI yang terdiri dari 17 anggota. Lima dari anggota kelompok tani tersebut mempunyai usaha ternak ayam kampung kemudian dijual ke pasar dan atau ke rumah makan. Numun usaha tersebut masih berskala industri rumah tangga dengan proses penetasan telur secara tradisional yaitu membuatkan rumah-rumahan untuk tempat induk ayam mengerami telurnya. Dengan metode penetasan tersebut, beberapa telur hilang atau pecah karena dimangsa oleh tikus. Oleh karena itu diperlukan inkubator telur ayam yang kuat dan dapat menjaga suhu dan kelembaban dan serta pemutaran telur secara otomatis. Pembacaan suhu dan kelembaban memanfaatkan sensor DHT11, sedangkan pemutar telur menggunakan motor AC syncronus torsi tinggi. Arduino nano digunakan sebagai pengatur suhu dan kelembaban serta penghitung waktu maju sebagai acuan pemutaran telur. Kesalahan pembacaan suhu dan kelembaban adalah 0,891% dan 5,861% secara berurutan. 


Keywords


Inkubator; Telur Ayam; DHT11; Arduino Nano;

Full Text:

PDF

References


I. Nurhadi dan E. Puspita, “Rancang Bangun Mesin Penetas Telur Otomatis Berbasis Mikrokontroler ATMega8 Menggunakan Sensor SHT11,” Eepis final project, 2009.

R. Dewanti, “PENGARUH BOBOT DAN FREKUENSI PEMUTARAN TELUR TERHADAP FERTILITAS, DAYA TETAS, DAN BOBOT TETAS ITIK LOKAL,” Buletin Peternakan, vol. 38, no. 1, hlm. 16–20.

W. S. M. Sanjaya dkk., “The development of quail eggs smart incubator for hatching system based on microcontroller and Internet of Things (IoT),” dalam 2018 International Conference on Information and Communications Technology (ICOIACT), 2018, hlm. 407–411.

R. H. Rahim, A. M. Rumagit, dan A. S. Lumenta, “Rancang Bangun Alat Penetas Telur Otomatis Berbasis Mikrokontroler ATMega8535,” Jurnal Teknik Elektro dan Komputer, vol. 4, no. 1, hlm. 1–7, 2015.

S. Shafiudin, F. J. Rohma, A. E. Prasetya, dan R. Firmansyah, “Pemantauan Ruang Inkubator Penetasan Telur Ayam Dengan Berbasis Telemetri Menggunakan Arduino Uno R3,” Jurnal Nasional Teknik Elektro, vol. 5, no. 1, hlm. 26–35, 2016.


Article Metrics

Abstract view : 183 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 SEMNAS "PENGELOLAAN SUMBER DAYA ALAM BERKESINAMBUNGAN DI KAWASAN GUNUNG BERAPI"

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

E-ISSN : 2716-330X