Title:


ANALISIS VARIASI FRAKSI VOLUME SERAT IJUK SEBAGAI BAHAN KOMPOSIT TERHADAP KEKUATAN TARIK


Author:


Mail Xander Salahudin(1*)
Mail Catur Pramono(2)
Mail Moh. Ibah Alfauzi(3)
Mail Endang Mawarsih(4)

(1) Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Tidar, Indonesia
(2) Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Tidar, Indonesia
(3) Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Tidar, Indonesia
(4) Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Tidar, Indonesia
(*) Corresponding Author
10.31002/jom.v4i1.3400| Abstract views : 0

Abstract


Komposit adalah material yang terdiri dari dua atau lebih yang disusun sedemikian rupa dalam skala makroskopik sehingga diperoleh kombinasi sifat fisik dan mekanik yang lebih  baik. Perkembangan teknologi komposit saat ini sudah mengalami pergeseran dari bahan komposit berpenguat serat sintetis atau glass menjadi komposit berpenguat serat alam. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui variasi fraksi volume serat ijuk sebagai bahan komposit terhadap kekuatan tarik. Material komposit yang digunakan dalam penelitian adalah serat ijuk sebagai penguat yang disusun secara acak dengan panjang serat 90 mm dan resin yang digunakan adalah resin polyester yang berfungsi sebagai pengikat serat ijuk, pembuatan komposit ini menggunakan metode hand lay up. Variasi fraksi volume serat ijuk yang dipakai adalah 35%, 40%, 45% dan 50%, pada penelitian komposit serat ijuk, metode pengujian yang digunakan adalah kekuatan tarik. Berdasarkan hasil penelitian didapat nilai kekuatan tarik tertinggi komposit serat ijuk yaitu pada fraksi volume serat 45% dengan nilai kekuatan tarik rata-rata 70,22  MPa, sedangkan nilai kekuatan tarik terendah komposit serat ijuk pada fraksi volume serat 35% dengan nilai kekuatan tarik rata-rata 46,4 MPa.

References


Asfarizal, (2016), Karakteristik Komposit Berbasis Serat Kelapa dan Komposit Berbasis Serat Aren, Institut Teknologi Padang.

Effendi, Dedi, S., (2010), Prospek Pengembangan Tanaman Aren (Arenga pinnata Merr) Mendukung Kebutuhan Bioetanol di Indonesia, Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan.

Samlawi, K. A., Arifin, Y. F., Permana, P.Y., (2017), Pembuatan Dan Karakteriasi Material Komposit, Serat Ijuk (Arenga Prinnata) Sebagai Bahan Baku Cover Body Sepeda Motor, Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Lambung Mangkurat.

Wahyu, P., Aditya, Sumarji, Djumhariyanto, D., (2014), Pengaruh Variasi Panjang Serat Dan Variasi Fraksi Volume Terhadap Kekuatan Mekanik Material Komposit Polyester Dengan Penguat Serat Daun Nanas, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Jember.




DOI: http://dx.doi.org/10.31002/jom.v4i1.3400

Article Metrics

Abstract view : 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.