Title:


PENGUJIAN AERODINAMIKA TERHADAP MODEL UJI MASK OF CAR KERETA API DI INDONESIA LOW SPEED TUNNEL


Author:


Mail Gunawan Wijiatmoko(1*)
Mail Syariefatunnisa Syariefatunnisa(2)

(1) BPPT, (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi), BBTA3 (Balai Besar Teknologi Aerodinamika, Aeroelastika dam Aeroakustika), Kawasan PUSPIPTEK Gedung 240, Tangerang Selatan, 15314, Indonesia
(2) BPPT, (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi), BBTA3 (Balai Besar Teknologi Aerodinamika, Aeroelastika dam Aeroakustika), Kawasan PUSPIPTEK Gedung 240, Tangerang Selatan, 15314, Indonesia
(*) Corresponding Author
10.31002/jom.v4i2.3410| Abstract views : 0 | PDF views : 0

Abstract


Di dalam industri otomotif di dunia, produsen pasti menginginkan kendaraan yang aerodinamis sehingga irit dalam mengkomsumsi energi. Parameter aerodinamis ini dapat ditunjukkan secara kuantitatif melalui besaran gaya hambat. Demikian juga dengan industri kereta api. Pengujian Mask of Car Kereta api ini bertujuan untuk memvalidasi nilai dari koefisien gaya hambat dari salah satu bentuk Mask of Car kereta api yang sedang dalam tahap perancangan. Koefisien gaya hambat untuk benda berbentuk “bulk” seperti kereta api sekitar 1, sehingga diharapkan koefisien gaya hambat dari model uji yang diukur nilainya kurang dari 1. Model uji berupa model uji aerodinamika triple car skala 1:25 dengan Mask of Car di ujungnya. Pengujian dilakukan dengan meletakkan model uji di dalam seksi uji terowongan angin yang mempunyai penampang 4 m x 3 m, kemudian ditiup angin dengan kecepatan 44 m/s dengan variasi sudut (-) 45 derajat kurang dari sama dengan beta kurang dari sama dengan 45 derajat . Pengukuran gaya hambat dilakukan menggunakan internal balance, yang dipasang di bawah seksi uji. Di bawah model uji dipasang ground board untuk meminimalkan efek lapisan batas seksi uji. Hasil pengukuran menunjukkan koefisien gaya hambat dari mask of car yang dirancang adalah 0.84.

Full Text:

##Full Text##

References


Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 14 tahun 2015 tentang Rencana Induk Pembangunan Industri Nasional Tahun 2015 – 2035, pp. 10.

Hong-qi Tian, “Formation mechanism of aerodynamic drag of high-speed train and some reduction measures”, Journal of Central South University of Technology, 16, pp. 166-171, 2009.

Stephen Childress, “An Introduction to Theoritical Fluid Dynamics”, pp. 98, 2008.

J. A. Schetz, “Aerodynamics of high-speed trains, ” Annual Review of Fluid Mechanics, vol. 33, pp. 371-414, 2001.

Ullen Gulcat, “Fundamentals of modern Unsteady Aerodynamics”, Springer, second edition, Istambul, pp. 50, 2016.

P. Derkowski, High-Speed Rail Aerodynamic Assessment and Mitigation Report, hal. 135, 2015.

EN 14067 Railway applications - Aerodynamics - Part 4: Requirements and test procedures for aerodynamics on open track," ed: CEN/TC 256, 2010.

C. Pozrikidis, “Fluid Dynamics”, Theory, Computation, and Numerical Simulation, Third Edition, Springer, hal. 672, 2017




DOI: http://dx.doi.org/10.31002/jom.v4i2.3410

Article Metrics

Abstract view : 0 times
##Full Text## - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.