ANALISIS PENGUJIAN POROSITAS TERHADAP HASIL POST CURING KOMPOSIT KAMPAS REM

Herru Santosa Budiono, Eko Surojo, Nurul Muhayat, Ikhwan Taufik

Abstract


Bahan pembuatan kampas rem biasanya terbuat dari bahan asbestos, namun bahan tersebut memiliki banyak efek negatif terutama untuk kesehatan. Karena itu dikembangkan sebuah material yang ramah lingkungan dan juga memenuhi syarat untuk bahan kampas rem. Penggunaan material alam yaitu serat cantula yang dipadukan dengan phenolic resin dan juga bahan lainnya menghasilkan sebuah komposit kampas rem yang tidak kalah kuat dan juga ramah lingkungan. Bahan phenolic resin akan menghasilkan gas ammonia ketika bahan itu terkena panas. Gas ammonia yang terbentuk didalam material dapat mengakibatkan internal defect yang dapat menurunkan kekuatan material. Untuk itu dilakukan treatment tambahan untuk menghilangkan gas ammonia. Post curing adalah sebuah treatment yang berfungsi untuk meningkatkan kekuatan dari material, dan juga digunakan untuk membuang gas ammonia yang terbentuk. Spesimen uji dibuat dengan memvariasikan lama proses post curing. Pengujian bending, foto makro dan SEM sudah dilakukan pada pada penelitian sebelumnya untuk mengtahui efek dari post curing pada kekuatan material. Pengujian porositas dilakukan untuk menunjang kesimpulan dari penelitian sebelumnya. Hasilnya menunjukan bahwa post curing memberikan pengaruh pada pembentukan porositas didalam material komposit.

Full Text:

##Full Text##

References


U. D. Idris, V. S. Aigbodion, I. J. Abubakar, and C. I. Nwoye, “Eco-friendly asbestos free brake-pad: Using banana peels,” J. King Saud Univ. - Eng. Sci., vol. 27, no. 2, pp. 185-192, 2015.

K. K. Ikpambese, D. T. Gundu, and L. T. Tuleun, “Evaluation of palm kernel fibers (PKFs) for production of asbestos-free automotive brake pads,” J. King Saud Univ. - Eng. Sci., vol. 28, no. 1, pp. 110-118, 2016.

J. H. Gweon, B. S. Joo, and H. Jang, “The effect of short glass fiber dispersion on the friction and vibration of brake friction materials,” Wear, vol. 362-363, pp. 61-67, 2016.

C. Menapace, M. Leonardi, G. Perricone, M. Bortolotti, G. Straffelini, and S. Gialanella, “Pin-on-disc study of brake friction materials with ball-milled nanostructured components,” Mater. Des., vol. 115, pp. 287-298, 2017.

Liu, Y., Fan, Z., Ma, H., Tan, Y., & Qiao, J. (2006). Application of nano powdered rubber in friction materials. Wear, 261(2), 225-229. https://doi.org/10.1016/j.wear.2005.10.011

Schwartz, M.M. 1984. Composite Material Handbook, Mc Graw Hill Inc, Ranogajeg, J, 1999.

Peter J. Blau. (2001). Compositions , Functions , and Testing of Friction Brake Materials and Their Additives, (September).

Louis Pilato. (2010). Resins, Phenolic Century, A. 598 Watchung Road Bound Brook NJ 08805 USA. Retrieved from pilato-consulting@att.net

A. Izumi, Y. Shudo, T. Nakao, and M. Shibayama, “Cross-link inhomogeneity in phenolic resins at the initial stage of curing studied by 1H-pulse NMR spectroscopy and complementary SAXS/WAXS and SANS/WANS with a solvent-swelling technique,” Polym. (United Kingdom), vol. 103, pp. 152-162, 2016.

Morrison T. N. (2004). Practical Guidelines for the Efficient Postbaking of Molded Phenolic. Novelty ; Wisconsin

Atiqullah, M. M. (2007) ‘Effect of Defects on Mechanical Properties of Composites ; Undergraduate Research on Materials’.

Atiqullah, M. M. (2007) ‘Effect of Defects on Mechanical Properties of Composites ; Undergraduate Research on Materials’.

Stark, W. et al. (2009) ‘Online monitoring of thermoset post-curing by dynamic mechanical thermal analysis DMTA’, Polymer Testing. Elsevier Ltd, 28(6), pp. 561-566. doi; 10.1016/j.polymertesting.2009.02.005.

Kumar, D. S. et al. (2015) ‘Effect of post-curing on thermal and mechanical behavior of GFRP composites’, IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 75(1). doi; 10.1088/1757-899X/75/1/012012.




DOI: https://doi.org/10.31002/jom.v4i2.3414

Refbacks

  • There are currently no refbacks.