Title:


Analisis Sistem Kelistrikan Bodi pada Sepeda Motor Matik Yamaha Mio


Author:


Mail Rinasa Agistya Anugrah(1*)
Mail Faizal Bagus Adi Nugraha(2)

(1) Program Studi Teknologi Mesin, Fakultas Program Vokasi, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Indonesia
(2) Program Studi Teknologi Mesin, Fakultas Program Vokasi, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Indonesia
(*) Corresponding Author
10.31002/jom.v5i2.5274| Abstract views : 0 | PDF views : 0

Abstract


Sepeda motor Yamaha Mio merupakan varian motor matik yang digemari oleh masyarakat, khususnya para penggemar modifikasi. Kelistrikan merupakan bagian terpenting yang harus ada pada sepeda motor, salah satunya adalah kelistrikan bodi. Kelistrikan bodi meliputi kelistrikan pada lampu kepala, lampu rem, lampu tanda belok (sein), dan klakson (horn). Perawatan dan perbaikan perlu dilakukan pada sistem kelistrikan bodi tersebut agar semua dapat selalu menjalankan fungsinya dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan prosedur perawatan dan perbaikan dengan langkah yang efektif dan efisien. Metode yang digunakan dalam perawatan dan perbaikan dikenal dengan istilah troubleshooting. Troubleshooting sistem lampu kepala, lampu rem, lampu sein, dan horn dilakukan dalam penelitian ini untuk mengetahui adanya permasalahan yang ada dan mencari sumber permasalahan itu hingga penyelesaian masalah tersebut. Hasil dalam penelitian ini secara keseluruhan sistem kelistrikan bodi pada sepeda motor Yamaha Mio ini dalam kondisi yang baik sehingga dapat menjalankan fungsinya dengan baik.

Full Text:

##Full Text##

References


Herman, “AISI Pertanyakan Jumlah Populasi Sepeda Motor di Indonesia,” beritasatu.com, Jakarta, p. 1, Dec. 27, 2016.

S. Saxena, A. Gopal, and A. Phadke, “Electrical consumption of two-, three- and four-wheel light-duty electric vehicles in India,” Appl. Energy, vol. 115, no. 2014, pp. 582–590, 2014, doi: 10.1016/j.apenergy.2013.10.043.

R. Septian, “Ini 5 Pabrikan Penyumbang Ekspor Sepeda Motor Terbesar di Indonesia,” gridoto.com, p. 1, Dec. 29, 2017.

“Modifikasi Motor Mio Semua Varian,” otoflik.com, p. 1, 2021.

R. W. Amiarja, “Analisis Rangkaian Sistem Kelistrikan Bodi Yamaha Mio-J,” Universitas Negeri Semarang, 2013.

S. Aribowo and S. E. Pranoto, “Pembuatan Media Praktik Sistem Kelistrikan Lampu Tanda Belok Sepeda Motor Supra Sebagai Media Praktik di SMK NU Bodeh Pemalang,” J. Tek. Otomotif dan Mesin, vol. 2, pp. 51–58, 2021, [Online]. Available: https://ejurnal.poltekbajatgl.ac.id/index.php/jtmo/article/view/17/19.

M. Azmi, D. S. Putra, W. Purwanto, T. Sugiarto, and D. Fernandez, “Implementasi Jaringan Syaraf Tiruan untuk Mengendalikan Lampu Sein Sepeda Motor,” INVOTEK J. Inov. Vokasional dan Teknol., vol. 19, no. 2, pp. 75–82, 2019, doi: 10.24036/invotek.v19i2.622.

S. Anggoro, Z. Nurisna, M. Safitri, and A. W. Pratama, “Analisis Sistem Kelistrikan Body pada Sepeda Motor Suzuki Nex-FI,” Quantum Tek., vol. 2, no. 2, pp. 75–79, 2021.

Y. Motor, Yamaha Mio Service Manual, First. Yamaha Motor Co., Ltd., 2003.




DOI: http://dx.doi.org/10.31002/jom.v5i2.5274

Article Metrics

Abstract view : 0 times
##Full Text## - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.