Title:


Pengaruh Penggunaan Gearbox pada Mesin Peningkat Produktivitas Sale Pisang dengan Metode Translation Pressed Screw


Author:


Mail Rinal Choerul Anam(1*)
Mail Wahyucandra Ramadhani Ramadhani(2)
Mail Linda Fauziyah Fauziyah(3)
Mail Lusida Kiswari Kiswari(4)
Mail Rusly Kusuma Ghani Atha(5)

(1) Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Tidar, Magelang, Indonesia., Indonesia
(2) Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Tidar, Magelang, Indonesia., 
(3) Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP, Universitas Tidar, Magelang, Indonesia., Indonesia
(4) cJurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP, Universitas Tidar, Magelang, Indonesia., Indonesia
(5) Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Tidar, Magelang, Indonesia., Indonesia
(*) Corresponding Author
10.31002/jom.v5i2.5276| Abstract views : 0 | PDF views : 0

Abstract


Usaha sale pisang lidah yang terletak di Kecamatan Kuwarasan merupakan salah satu produksi sale pisang yang terkenal di Kebumen. Seiring meningkatnya permintaan menjadikan produsen membutuhkan perubahan mesin yang dapat meningkatkan kecepatan dalam kapasitas produksi. Mesin dapat ditingkatkan kecepatan putarannya dengan melepas gearbox pada mesin. Mesin Peningkat Produktifitas Sale Pisang dengan Metode translation pressed screw menggunakan gearbox untuk meningkatkan tenaga pelumat sehingga putaran menjadi lambat. Mesin tanpa gearbox dapat meningkatkan putaran dan hasil sale pisang yang cepat. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh terhadap hasil cetakan sale pisang dengan gearbox dan tanpa gearbox pada mesin produksi. Metode penelitian menggunakan studi literatur tentang perhitungan kerja mesin dengan gearbox dan tanpa gearbox, uji coba mesin, dan analisis data hasil penelitian. Hasil mesin tanpa gearbox didapatkan kecepatan pelumat bertambah hingga 44 kali lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan gearbox sehingga dalam satu kali proses membutuhkan waktu 67 detik. Mesin tanpa gearbox menghasilkan sale pisang dengan tekstur yang kasar dan tebal sedangkan mesin dengan gearbox menghasilkan sale pisang yang tipis dan simetris. Maka disarankan penggunaan gearbox pada mesin dengan mempertimbangkan kualitas sale pisang.

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik Kabupaten Kebumen., (2018), Kecamatan Kuwarasan dalam Angka 2018. BPS Kabupaten Kebumen. Kebumen.

Putri, T.K. D, Veronika. A, Ismail. A, Kurniawan. Y, Maxiselly. A.W, Irwan. W, Sutari., (2015), Pemanfaatan Jenis-jenis Pisang (banana dan plantain) Lokal Jawa Barat berbasis Produk Sale dan Tepung, Jurnal Kultivasi, 14(2).

Riana, M.H. (200)0, Pengobatan Tradisional dan Khasiat Tanaman Untuk Anak-anak, PT. Gramedia Pustaka Utama, Yogyakarta.

Purnama, Y. A., & Nadliroh, K. (2021), Rancang Bangun Mesin Penggerak Untuk Alat Pembuat Keripik Pisang Otomatis. In Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi) (Vol. 5, No. 3, pp. 313-318).

Qurohman, M. T., Romadhon, S. A., & Usman, W. J. (2020), Efektivitas Putaran Terhadap Hasil Cacah Pada Mesin Shredder Plastik. Nozzle: Journal Mechanical Engineering, 9(1), 10-14.

Prastyo, D. T. (2020), Pengaruh Kecepatan Putar Pisau Potong Terhadap Produktifitas Mesin Pencacah Plastik Polyethylene Terephthlate, (Doctoral dissertation, Institut Teknologi Nasional Malang).




DOI: http://dx.doi.org/10.31002/jom.v5i2.5276

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.