Title:


Pengaruh Tumpuan Beban Terhadap Kekuatan Frame dan Laju Kecepatan Smart Pedicap Hybrid Untidar


Author:


Mail A. Noor Setyo HD(1*)
Mail Nur Hayati(2)

(1) Universitas Tidar, Indonesia
(2) Universitas Tidar, Indonesia
(*) Corresponding Author
10.31002/jom.v7i2.8079| Abstract views : 0 | PDF views : 0

Abstract


Moda transportasi berbasis lokal yang memenuhi unsur keamanan, kenyamanan menjadi prioritas ketika program pariwisata menjadi unggulan daerah. Salah satu alternatif yakni kendaraan listrik, untuk mewujudkan pelayanan yang baik dari sisi transportasi, karena wisatawan mudah dan cepat melakukan eksplorasi ke beberapa tempat wisata sesuai keinginan. Becak listrik dengan penggerak Brushless DC (HUB-BLDC) kendaraan listrik sederhana, murah, praktis dan bebas polusi,. Penelitian berjudul “Smart Pedicab Untidar Dengan Sistem Hybrid” bertujuan untuk menghasilkan prototype becak listrik dengan kapasitas 3000 N yang kuat, dan tangguh, dibuat menggunakan HUB BLDC 10 in 72 Volt 2000 Watt sebagai penggerak utama, power suplly battery Li Ion kapasitas 72 Volt 25 Ah, dan Engine Generator Set daya 7 Kw sebagai pensuplly arus ke batterai. Penelitian diawali desain rangka, dan simulasi menggunakan software Ansys 16. Hasil simulasi menunjukkan, pada beban 1600 N, 2100 N, dan 3000 N diperoleh tegangan (stress) frame maksimum 22,035 N/mm2, regangan 4,6601e-5 mm/mm, dan defleksi 0,070534 mm. Sedang hasil uji jalan, pada kondisi jalan datar beban laju kecepatan mampu mencapai 57 km/jam, 50 km/jam dan 40 km/jam, sebaliknya pada kondisi jalan miring 90 laju kecepatan mengalami penurunan hingga 60% dari kondisi jalan datar yakni 17 km/jam, 13 km/jam dan 11 km/jam. Hasil akhir menyimpulkan, frame masih dalam kondisi aman terlihat dari hasil simulasi tegangan ijin masih jauh di atas tegangan aktual, sedang laju kecepatan menurun dengan naiknya beban akibat daya penggerak kurang karena kebutuhan gaya traksi dan torsi tinggi.

 

Keywords


Smart Pedicab, hybrid, gaya traksi.

Full Text:

PDF

References


AN857 “Brushless DC Motor Control Made Easy” 2002 Microchip Technology Inc.

Bambang Sujanarko, BLDC Motor Control for Electric Vehicle Based On Digital Circuit and Proportional-Integral Controller, International Journal of Advanced Research in lectrical, Electronics and Instrumentation Engineering (An ISO 3297.

Boukehili Adel, Zhang Youtong, Sun Shuai, “Parallel HEV Hybrid Controller Modeling for Power Management”, World Electric Vehicle Journal, 2010.

Callister,William D.,” Materials science and engineering: an introduction”.John Wiley & Sons, Inc.New York. 2009

Hendi Saryanto, 2013. Tutorial Solidworks Lecturer of Mechanical Engineering. Programs Universitas muhammdiyah, Tangerang.

Nugroho, C. B. (2016). Analisis Solidwork pada Rangka Mesin Press Bottle Jack 20 Ton dengan. Jurnal Integrasi, 8(1), 12–15.

Paul M. Kurowski,” Engineering Analysis with SolidWorks Simulation 2012”,Schroff Development Corporation 2012

Zhao, Jian., Yu, Yangwei. AN047 “Brushless DC Motor Fundamentals Application Note” 2011




DOI: http://dx.doi.org/10.31002/jom.v7i2.8079

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.