Title:
Pelayanan Publik di Desa Gunung Batu Kecamatan Cempaka Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur
Author:
Abstract
Abstrak
Era Milenial ditandai dengan semakin berkembangnya Ilmu dan Teknologi. Perkembangan ilmu dan teknologi ini melahirkan gaya hidup serba cepat. Gaya hidup masyarakat yang serba cepat ini dikarenakan tersambungnya gedget dengan internet yang menghasilkan koneksi di antara masyarakat, sampai pada lintas daerah, negara, bahkan benua. Kemajuan ilmu dan teknologi ini terjadi di seluruh dunia akan tetapi tidak terjadi di daerah-daerah yang tidak memiliki fasilitas jaringan internet terutama daerah-daerah yang di sebut desa. Berdasarkan hal tersebut maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Pelayanan Pemerintahan Desa di Era Milenial di Desa Gunung Batu. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pelayanan pemerintahan desa di era milenial di Desa Gunung Batu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah 1). Pelayanan publik di Desa Gunung Batu hanya berupa pemberian rekomendasi (surat Pengantar); 2). Administrasi desa masih bersifat manual; 3). Keterbatasan sarana dan prasarana; 4). Rendahnya kualitas SDM di Desa Gunung Batu
Kata Kunci : Pelayanan; Pemerintahan Desa; Era Milenial
Abstrak
Era Milenial ditandai dengan semakin berkembangnya Ilmu dan Teknologi. Perkembangan ilmu dan teknologi ini melahirkan gaya hidup serba cepat. Gaya hidup masyarakat yang serba cepat ini dikarenakan tersambungnya gedget dengan internet yang menghasilkan koneksi di antara masyarakat, sampai pada lintas daerah, negara, bahkan benua. Kemajuan ilmu dan teknologi ini terjadi di seluruh dunia akan tetapi tidak terjadi di daerah-daerah yang tidak memiliki fasilitas jaringan internet terutama daerah-daerah yang di sebut desa. Berdasarkan hal tersebut maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Pelayanan Pemerintahan Desa di Era Milenial di Desa Gunung Batu. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pelayanan pemerintahan desa di era milenial di Desa Gunung Batu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah 1). Pelayanan publik di Desa Gunung Batu hanya berupa pemberian rekomendasi (surat Pengantar); 2). Administrasi desa masih bersifat manual; 3). Keterbatasan sarana dan prasarana; 4). Rendahnya kualitas SDM di Desa Gunung Batu
Kata Kunci : Pelayanan; Pemerintahan Desa; Era Milenial.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anh Le Huu, et.al. 2011. Equitability in
Access to Rural Public Services in Vietnam : An Outlook from the Red River Delta. International Business and Managemen 2 (1):209-218. Diakses dari https://www.researchgate.net/publication/255711377
Dwiyanto, Agus. 2005. Mewujudkan Good governance Melalui Pelayanan Publik. Yogyakarta. Gajah Mada Press
Mahmudi. 2005. Manajemen Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta. UPP AMP YKPN
Maria, Eni Surasih. 2006. Pemerintah Desa dan Implementasinya. Jakarta. Erlangga
Nurcholis, Hanif. 2011. Pertumbuhan dan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa. Jakarta. Erlangga
Parasuraman, A. Berry, L.L Zeithaml, V.A. 1990. Refinement and Reassessment of the
SERVQUAL scale. Journal of Retailing. Vol. 67 No.4
Sampara, Lukman, S. 2003. Pelayanan Prima Lembaga Administrasi Negara RI. Jakarta
Sinambela, L.P, 2010. Reformasi Pelayanan Publik; Teori, Kebijakan dan Implementasi. cetakan kelima Jakarta: PT. Bumi Aksara
Tjiptono, F. 2004. Prinsip-prinsip Total Quality Service. Yogyakarta: Andi
DOI: https://doi.org/10.31002/jpalg.v3i1.1359
Article Metrics
Abstract view : 146 timesPDF - 0 times
Cited By
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Ellyza Octaleny
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-nc-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Journal of Public Administration and Local Governance
Public Administration Programme, Universitas Tidar
Jl.Kapten Suparman, No.39, Potrobangsan, Magelang Utara, Kota Magelang, Jawa Tengah, 56116
http://jurnal.untidar.ac.id/index.php/publicadmini
P-ISSN: 2614-4433
E-ISSN: 2614-4441