Title:


Pelayanan Publik di Desa Gunung Batu Kecamatan Cempaka Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur


Author:


Mail Ellyza Octaleny(1*)

(1) Public Administration Doctoral Programme , Universitas Diponegoro, Indonesia, Indonesia
(*) Corresponding Author
10.31002/jpalg.v3i1.1359| Abstract views : 146 | PDF views : 0

Abstract


Abstrak

Era Milenial ditandai dengan semakin berkembangnya Ilmu dan Teknologi. Perkembangan ilmu dan teknologi ini melahirkan gaya hidup serba cepat. Gaya hidup masyarakat yang serba cepat ini dikarenakan tersambungnya gedget dengan internet yang menghasilkan koneksi di antara masyarakat, sampai pada lintas daerah, negara, bahkan benua. Kemajuan ilmu dan teknologi ini terjadi di seluruh dunia akan tetapi tidak terjadi di daerah-daerah yang tidak memiliki fasilitas jaringan internet terutama daerah-daerah yang di sebut desa. Berdasarkan hal tersebut maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Pelayanan Pemerintahan Desa di Era Milenial di Desa Gunung Batu. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pelayanan pemerintahan desa di era milenial di Desa Gunung Batu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah 1). Pelayanan publik di Desa Gunung Batu hanya berupa pemberian rekomendasi (surat Pengantar); 2). Administrasi desa masih bersifat manual; 3). Keterbatasan sarana dan prasarana; 4). Rendahnya kualitas SDM di Desa Gunung Batu

Kata Kunci : Pelayanan; Pemerintahan Desa; Era Milenial

Abstrak

Era Milenial ditandai dengan semakin berkembangnya Ilmu dan Teknologi. Perkembangan ilmu dan teknologi ini melahirkan gaya hidup serba cepat. Gaya hidup masyarakat yang serba cepat ini dikarenakan tersambungnya gedget dengan internet yang menghasilkan koneksi di antara masyarakat, sampai pada lintas daerah, negara, bahkan benua. Kemajuan ilmu dan teknologi ini terjadi di seluruh dunia akan tetapi tidak terjadi di daerah-daerah yang tidak memiliki fasilitas jaringan internet terutama daerah-daerah yang di sebut desa. Berdasarkan hal tersebut maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Pelayanan Pemerintahan Desa di Era Milenial di Desa Gunung Batu. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pelayanan pemerintahan desa di era milenial di Desa Gunung Batu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah 1). Pelayanan publik di Desa Gunung Batu hanya berupa pemberian rekomendasi (surat Pengantar); 2). Administrasi desa masih bersifat manual; 3). Keterbatasan sarana dan prasarana; 4). Rendahnya kualitas SDM di Desa Gunung Batu

 

 

Kata Kunci : Pelayanan; Pemerintahan Desa; Era Milenial.

   

Keywords


Kata Kunci : Pelayanan; Pemerintahan Desa; Era Milenial

Full Text:

PDF

References


Anh Le Huu, et.al. 2011. Equitability in

Access to Rural Public Services in Vietnam : An Outlook from the Red River Delta. International Business and Managemen 2 (1):209-218. Diakses dari https://www.researchgate.net/publication/255711377

Dwiyanto, Agus. 2005. Mewujudkan Good governance Melalui Pelayanan Publik. Yogyakarta. Gajah Mada Press

Mahmudi. 2005. Manajemen Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta. UPP AMP YKPN

Maria, Eni Surasih. 2006. Pemerintah Desa dan Implementasinya. Jakarta. Erlangga

Nurcholis, Hanif. 2011. Pertumbuhan dan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa. Jakarta. Erlangga

Parasuraman, A. Berry, L.L Zeithaml, V.A. 1990. Refinement and Reassessment of the

SERVQUAL scale. Journal of Retailing. Vol. 67 No.4

Sampara, Lukman, S. 2003. Pelayanan Prima Lembaga Administrasi Negara RI. Jakarta

Sinambela, L.P, 2010. Reformasi Pelayanan Publik; Teori, Kebijakan dan Implementasi. cetakan kelima Jakarta: PT. Bumi Aksara

Tjiptono, F. 2004. Prinsip-prinsip Total Quality Service. Yogyakarta: Andi




DOI: https://doi.org/10.31002/jpalg.v3i1.1359

Article Metrics

Abstract view : 146 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Ellyza Octaleny

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Journal of Public Administration and Local Governance

Public Administration Programme, Universitas Tidar

Jl.Kapten Suparman, No.39, Potrobangsan, Magelang Utara, Kota Magelang, Jawa Tengah, 56116

http://jurnal.untidar.ac.id/index.php/publicadmini

 P-ISSN: 2614-4433

 E-ISSN: 2614-4441