Title:


Pelayanan Publik di Era Otonomi Desa Antara Harapan dan Kenyataan (Sebuah Tinjauan Kritis)


Author:


Mail Tri Yuniningsih(1*)
Mail Sri Suwitri(2)

(1) Universitas Diponegoro, Indonesia
(2) Universitas Diponegoro, Indonesia
(*) Corresponding Author
10.31002/jpalg.v3i2.1973| Abstract views : 84 | PDF views : 0

Abstract


Pelayanan publik di era otonomi desa sekarang ini menjadi topik menarik untuk dibahas,apalagi dengan banyaknya permasalahan yang muncul di lapangan . Tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana hamonisasi Undang-Undang tentang Pemerintahan Daerah khususnya dalam kaitannya dengan kewenangan desa, menggambarkan bagaimana otonomi desa dalam kaitannya dengan kewenangan yang ada di atasnya, Jenis-jenis pelayanan administrasi desa, dan kelemahan-kelemahan yang ada dalam pelayanankepada masyarakat desa. Dari hasil penelitian terdahulu ,Rizka (2018) dapat disimpulkan bahwa pelayanan di desa memang ada bermacam-macan tetapi di lokasi penelitian khususnya masalah pengaduan dapat dikatakan belum baik.Kemudian dari penelitian yang dilakukan Nurul 2018 diketahui bahwa masalah penelitian di desa yang seharusnya dapat memuaskan masyarakat ternate masih ditemukannya ketidak ramahan,kurang perhatian dan petugas seenaknya sendiri. Kepada Pemerintah Pusat dan Daerah adalah dalam rangka mengharmoniskan komunikasi antar instansi perlunya ditingkatkan koordinasi dan menjalin kolaborasi antar aktor yang terlibat dalam pelayanan administrasi desa. Kemudian untuk Pemerintah Desa dalam rangka meningkatkan kualitas SDM perlunya diberikan pelatihan /workshop yang sifatnya baru atau penyegaran kepada perangkat desa khususnya mengenai pelayanan publik, merespon setiap keluhan/aduan yang disampaikan oleh masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan, dan melakukan pendekatan secara persuasif kepada masyarakat.


Keywords


otonomi; desa; pelayanan publik.

Full Text:

##Full Text##

References


Ibrahim, Jabal Tarik, 2003. Sosiologi Pedesaan. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Jones, Pip, 2010. Pengantar Teori-teori Fungsionalisme Hingga Post_Modernisme. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Joko, Widodo. 2001. Good Governance, Telaah dari Dimensi Akuntabilitas dan Kontrol Birokrasi Pada era Desentralisasi dan Otonomi Daerah. Surabaya: Insancendikia.Lembaga Administrasi Negara. 2001.

Margaret M, 2003. Sosiologi Kontemporer. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Nurcholis, Hanif. 2011. Pertumbuhan & Penyelenggaraan Pemerintahan Desa. Jakarta: Erlangga.

Nurcholis, H. 2005, Teori Dan Praktik Pemerintahan dan Otonomi Daerah. Jakarta: PT. Grasindo.Peraturan Daerah Kabupaten Pamekasan No. 5 Tahun 2006 Tentang Susunan Organisasi Pemerintah Desa. (Online),(http://jdih.jatimprov.go.id/kabpamekasan/index),diakses 3 Juni 2014.

Pedoman Penulisan Karya Ilmiah: Skripsi, Tesis, Disertasi, Artikel, Makalah, Laporan Penelitian Edisi Kelima. Malang: Biro Administrasi Akademik, Perencanaan Dan Sistem Informasi Bekerjasama Dengan Penerbit Universitas Negeri Malang.Widjaya. A.W. 1993. Pemerintahan Desa dan Administrasi Desa. Jakarta: PT

Reformasi Pelayanan Publik Teori, Kebijakan, Dan Implementasi. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Supriatna, Tjahya. 1993. Sistem Administrasi Pemerintahan di Daerah.Jakarta: Bumi Aksara.Sinambela, Poltak Lijan, dkk. 2010.

Sunardjo, Unang. 1984. Pemerintahan Desa dan Kelurahan.Bandung: Tarsito.Surjadi. 2009. Pengembangan Kinerja Pelayanan Publik. Bandung: PT Refika Aditama.Undang-Undang RI No. 6 Tahun 2014 Tentang Desa. (Online),

Ritzer, George, Douglas J. Goodman, 2008. Teori Sosiologi Dari Teori Sosiologi Klasik Sampai Perkembangan Mutakhir Teori Sosial Postmodern: Kreasi Wacana, Yogyakarta.

Rosalina Maya, 2013. Pembangunan Infrastruktur Di Desa Kuala Lapang Dan Desa Taras Kecamatan Malinau Barat Kabupaten Malinau. Jurnal, Volume 1, Nomor 1, 2013: 106-120).

Roza Claudia Sanger, 2009. Kinerja Aparatur Pemerintah Jom FISIP Volume 2 No. 1 –Febuari 2015 Page 10 Kecamatan Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik (Suatu Studi Pelayanan E-Ktp Di Kecamatan Langowan Timur).

Soekanto, Soerjono, 2013. Sosiologi Suatu Pengantar: Rajawali Pers, Jakarta.

Shadily, Hasan, 1993. Sosiologi Untuk Masyarakat Indonesia: PT. Rineka Cipta, Jakarta.

Sumardjono, Dardjo, Junuzal Junus, 1990/1991. Pendayagunaan Aparatur Pemerintah Desa & Kelurahan. Jakarta: PT. Union Cipta Muda.

Sunarto, Kamanto, 2004. Pengantar sosiologi. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Tjondronegoro, Soediono M.P, 1999. Keping-keping Sosiologi Dari Pedesaan: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan &Kebudayaan, Bogor.

Upe, Ambo, 2010. Tradisi Aliran Dalam Sosiologi Dari Filosofi Positivistik Ke Post Positivistik: Rajawali Pers, Jakarta.

Widjaja, Haw, 2002. Otonomi Daerah Dan Daerah Otonom: Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Widjaja, Haw, 2004. Otonomi Desa Merupakan Otonom Yang Asli, Bulat Dan Utuh: Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Yuanda Handayani, 2013. Disiplin Aparat Kelurahan Terhadap Pelayanan kepada Masyarakat Di Kelurahan Maharatu Kecamatan Marpoyan Damai Kota Pekanbaru, Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Universitas Riau.

Rizka, 2018, Kolaborasi Stakeholders dalam Pemberdayaan Masyarakat, Skripsi, Departemen Administrasi Publik, FISIP-UNDIP, Semarang.

Nurul Aqidah, 2018, Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa di desa Tumapel kecamatan Duduk Sampeyan kabupaten Gresik, Skripsi, Departemen Administrasi Publik, FISIP-UNDIP, Semarang.

Peraturan perundangan

Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) No. 1 Tahun 2015 tentang Pedoman Kewenangan Berdasarkan Hak Asal Usul dan Kewenangan Lokal Berskala desa.

Peraturan Daerah Kabupaten Pamekasan Nomer 8 Tahun 2006 Tentang Badan Permusyawaratan Desa. (Online), (http://jdih.jatimprov.go.id/kabpamekasan/index), diakses 3 Juni 2014.

UU No. 6/2014 tentang Pemerintahan Desa




DOI: http://dx.doi.org/10.31002/jpalg.v3i2.1973

Article Metrics

Abstract view : 84 times
##Full Text## - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Tri Yuniningsih, Sri Suwitri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Journal of Public Administration and Local Governance

Public Administration Programme, Universitas Tidar

Jl.Kapten Suparman, No.39, Potrobangsan, Magelang Utara, Kota Magelang, Jawa Tengah, 56116

http://jurnal.untidar.ac.id/index.php/publicadmini

 P-ISSN: 2614-4433

 E-ISSN: 2614-4441