Title:


Peningkatan Kapasitas Aplikasi Mobile “Magelang Cerdas” dalam Rangka Peningkatan Pelayanan Publik


Author:


Mail RM Mahendradi(1*)
Mail Hardi Warsono(2)

(1) Program Doktoral Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Diponegoro, Indonesia
(2) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Diponegoro, Indonesia
(*) Corresponding Author
10.31002/jpalg.v4i2.3489| Abstract views : 0 | PDF views : 0

Abstract


Dalam mewujudkan konsep smart city di Kota Magelang, pada tahun 2017 Pemerintah Kota Magelang meluncurkan aplikasi mobile berbasis android bernama Magelang Cerdas. Aplikasi Magelang Cerdas merupakan aplikasi yang memuat informasi seputar Kota Magelang seperti: informasi mengenai destinasi wisata Kota Magelang, berbagai kuliner dan fasilitas umum, serta pelayanan publik seperti layanan kesehatan, perizinan, dan perpajakan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis aplikasi Magelang Cerdas menggunakan perspektif Open Government yaitu dengan 3 prinsip Open Government (transparansi, kolaborasi, dan partisipasi). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah mix method (kualitatif dan kuantitatif) dengan menggunakan strategi penelitian observasi. Lokus penelitiannya adalah 12 fitur dan sub-fitur dalam aplikasi Magelang Cerdas. Data sekunder diperoleh melalui observasi dalam aplikasi Magelang Cerdas, sedangkan data primer diperoleh dengan cara melakukan wawancara kepada pihak pengembang dan user. Hasil perhitungan menggunakan skala likert dalam penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi Magelang Cerdas mendapatkan skor yang masuk kedalam kategori Baik untuk transparansi, kolaborasi, dan partisipasi. Meskipun masuk dalam kategori baik, namun aplikasi ini masih jauh dari kata sempurna. Dari hasil wawancara dengan pihak pengembang, dapat diketahui bahwa aplikasi ini masih dalam pengembangan sehingga masih banyak kekurangan yang ditemukan terutama dalam hal kemanfaatannya serta upaya menarik minat masyarakat Kota Magelang untuk mau menggunakan aplikasi tersebut Aplikasi Magelang Cerdas.


Keywords


smart city; aplikasi mobile; open government.

Full Text:

##Full Text##

References


Andhika, Lesmana Rian. (2017). Perbandingan Konsep Tata Kelola Pemerintah : Sound Governance, Dynamic Governance, Open Government. Jurnal Ekonomi & Kebijakan Publik. Vol.8, No.2

Budiman, Arif Yudha. Darmawan, Irfan. Kurniawati, Amelia. (2015). Analisis Dan Perancangan Sistem Social e-Learning untuk Mendukung Program Bandung Smart City. Jurnal Tugas Akhir : Fakultas Rekayasa Industri. Vol.02,No.01

Cohen, B, 2012. The top 10 smart cities on the planet. https://www.fastcodesign.com/1679127/the-top-10-smart-cities-on-the-planet. diakses pada April 2019

Creswell, J. W., Clark, V. L. 2008. The Mixed Methods Reader. CA : SAGE

Creswell, J. W. (2013). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed Edisi Ketiga. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Creswell John.W. 2014. Penelitian Kualitatif & Desain Riset. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sari, Desti Riska. 2018. “Implementasi Pelayanan Publik Berbasis Aplikasi Smart Netizen Pada kabupaten Lampung Tengah (studi kasus Desa buyut Udik kecamatan Gunung Sugih”. Fakultas Ushuluddin Dan Studi Agama. Universitas Islam Negeri Intan. Lampung

Direktorat Politik dan Komunikasi Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional / BAPPENAS. (2015). Review Implementasi Open Government Indonesia (2011-2014).

Djunaedi, Achmad. 2014. Smart City: Solusi Permasalahan Masa Depan Perkotaan di Indonesia. Yogyakarta:Makalah dipresentasikan pada Seminar Nasional “Smart City”: Solusi untuk Permasalahan Perkotaan di Indonesia, 1 Maret.

Kurnaedi, Didi. (2017). Penerapan “Live” Smart City Kota Tanggerang. Jurnal TAM (Technology Acceptance Model). Vol.8, No.1

Evans, M. A, & Campos, A. (2013). Open government initiatives: Challenges of citizen participation. Journal of Policy Analysis and Management, 32(1), 172–185.

Geiger, C. P & Lucke, J. von (2012). Open government and (linked) (open) (government) (data). eJournal of eDemocracy and Open Government, 4, 265–278.

Hilgers, D. (2012). Open government. Journal of Business Economics, 82(6), 631–660. Information and Privacy Commissioner of Ontario. (2016). Open Government: Key Concepts and Benefits. Diakses dari https:// www.ipc.on.ca/wp-content/uploads/ 2016/09/Open-Government- Key-Concepts-and-Benefits.pdf

Larasati, F. P., Hernawati, R. (2018). Analisis Aplikasi Bukittinggi Smart Dalam Meningkatkan Pelayanan Pemerintahan Bukittingi. Prosiding Hubungan Masyarakat, Vol.4, No.1

Lee, G., & Kwak, Y. H (2012). An open government maturity model for social media-based public engagement. Government Information Quarterly 29, 492–503.

Malamud, C. (2010). By the People. In D. Lathrop & L. Ruma (Eds.), Open Government: Collaboration,Transparency, and Participation in Practice. O’Reilly. Manyika, J., Chui, M., Groves, P., Farrell, D.,

Moleong, Lexy J. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Noveck, B. S. (2010). The Single Point of Failure. In D. Lathrop & L. Ruma (Eds.), Open Government : Collaboration, Transparenc, and Participation in Practice. O’Reilly

Umar, H. (2005). Metode Penelitian untuk Penelitian dan Tesis Bisnis Edisi Baru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Patel, P. R., & Padhya, H. J. (2014). Review paper for Smart City, 1–6.

Pratama, Agus Eka. 2014. Smart City Beserta Cloud Computing. Bandung: Informatika.

Purwanto, Erwan Agus., Sulistyastuti, Dyah Ratih. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif untuk Administrasi Publik dan Masalah-masalah Sosial. Yogyakarta: Gava Media

Rachmawati, Rini., Ramadhan, E., Rohmah, A. A. (2018). Aplikasi Smart Province “Jogja Istimewa” : Penyediaan Informasi Terintegrasi dan Pemanfaatannya. Majalah Geografi Indonesia, Vol. 32, No. 1

Rogers, P., & Lindsey, T. D. (2012). Principles of Open Government Data. CRB Shoty Subjects : Open Government Series, (August), 2.

https ://opengovdata.org/

Seifert, J. W., dan Bonham, G. M. (2003). The Transformative Potential of E-Government in Transitional Democracies. Proccedings of The International Conference on Public Administration in the 21st Century: Concepts, Methods, Technologies, School of Public Administration, Lomonosov Moscow State University.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Bandung: Alfabeta

Supardi, M.d, (2006). Metodologi Penelitian. Mataram : Yayasan Cerdas Press

Tarance, Morrison, Actionable learning- A handbook for Capacity Building Through Case Based Learning, ADB Institute, 2001

The World Bank Group, “E-Government Definition”. http://www.worldbank.org/publicsector/e-Government/definition.htm Dikunjungi 5 Agustus 2019

Wirtz, W. Bernd & Birkmeyer, Steven. (2015). Open Government : Origin, Development, and Conceptual Perspectives. Routledge. International Journal of Public Administration, 00 : 1-16, 2015 World Justice Project. (2015). Open Government Index 2015 Report. Washington D.C

Wulandari, St.N.A. 2018. Strategi Dinas Komunikasi dan Informatika dalam Meningkatkan Kesadaran Penggunaan Aplikasi TAPROSE Smart City. Fakiltas Dakwah Dan Komunikasi. Surabaya




DOI: http://dx.doi.org/10.31002/jpalg.v4i2.3489

Article Metrics

Abstract view : 0 times
##Full Text## - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 RM Mahendradi, Hardi Warsono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Journal of Public Administration and Local Governance

Public Administration Programme, Universitas Tidar

Jl.Kapten Suparman, No.39, Potrobangsan, Magelang Utara, Kota Magelang, Jawa Tengah, 56116

http://jurnal.untidar.ac.id/index.php/publicadmini

 P-ISSN: 2614-4433

 E-ISSN: 2614-4441