Title:


Analisis Pengelolaan Air Bersih Berbasis Komunitas di Kelurahan Sungai Lekop


Author:


Mail Rafi Hidayat(1*)
Mail Adji Suradji Muhammad(2)
Mail Imam Yudhi Prastya(3)

(1) Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu sosial dan Ilmu Politik, Universitas Maritim Raja Ali Haji, Kota Tanjungpinang, Indonesia
(2) Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu sosial dan Ilmu Politik, Universitas Maritim Raja Ali Haji, Kota Tanjungpinang, Indonesia
(3) Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu sosial dan Ilmu Politik, Universitas Maritim Raja Ali Haji, Kota Tanjungpinang, Indonesia
(*) Corresponding Author
10.31002/jpalg.v4i2.3492| Abstract views : 0 | PDF views : 0

Abstract


Permasalahan kesulitan mengakses air bersih di masyarakat pedesaan, membuat pemerintah berupaya untuk mengatasi persoalan air di masyarakat dengan memberikan bantuan fasilitas seperti Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM). Masyarakat diberikan kewenangan untuk mengelolaa secara mandiri. fokus penelitian menganalisis dari pengelolaan air bersih berbasis komunitas di Kelurahan Sungai Lekop khususnya pada program SPAM, dan juga untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung dalam pengeloaannya. Peneliti menggunakan metode kualitatif  dengan pendekatan deskriptif. Informan dalam penelitian ditentukan menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah informan penelitian 11 orang. Adapun teori yang digunakan dengan  empat pendekatan fungsi manajamen dari yaitu tahapan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan serta pengawasan yang dianalisis dari nilai-nilai pengembangan komunitas meliputi nilai partisipasi, pemberdayaan, kepemilikan, serta modal sosial Hasil penelitian menunjukan bahwa pengelolaan air bersih berbasis komunitas di Kelurahan Sungai Lekop belum optimal dalam pengelolaanya, ada hambatan yang terjadi dalam pelaksanaanya sehingga belum mampu memberikan peningkatan terhadap kebutuhan air bersih dimasyarakat. Seperti pada tahap planning program berjalan sesuai dengan perencanaannya, pada tahap organizing komunitas belum mampu mengambil keputusan tentang kepengurusan dan biaya tarif. Lalu tahap actuating anggota komunitas kurang mampu berkoordinasi sehingga tidak mampu memecahkan masalah kedepannya. Selanjutnya tahap controlling  ketidaktegasan pengawasan dalam program, sehingga pengelola menjadi lalai dalam menjalankan tugasnya.

Keywords


pengelolaan air bersih; komunitas; sistem penyediaan air minum.

Full Text:

PDF

References


Amalia, K.R.(2019). Evaluasi Pengelolaan Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat di Jorong Gurun Kecamatan Harau Kabupaten Lima Puluh Kota. Jurnal Talenta Sipil, Vol.2 No.1, Februari 2019 Halaman 1-7.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Aslamiyah, Suaibatul dkk.(2014). Model Partnership Sebagai Upaya Strategis Peningkatan Pelayanan Air Bersih. Jurnal Administrasi Publik (JAP), Vol. 2, No. 1

Batten, T.R. 1974. The major issues and future direction of community development. Community Development Journal, 9(2): 96–103.

Chaizi, Nasucha. (2004). Reformasi Administrasi Publik: Teori dan Praktik. Jakarta: Grafindo.

Chandler, R. C. & J. C Piano. (1998). ThePublic Administration Dictionary. Second Edition: Santa Barbara, CA: ABC-CLIO Inc.

Crush, Jonathan. 1995. Power of Development. Routledge. New York.

Dunn, W.N. (1994). Public Policy Analysis: An Introduction. Englewood Cliffs, NJ: Prentice Hall. Inc.

Fukuyama, Francis. (2002). Trust: Kebajikan Sosial dan Penciptaan Kemakmuran. Terj Rusiani. Jogjakarta: Qalam

Insani, Safira. (2016). Efektivitas Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat PAMSIMAS) di Temanggung, Skripsi Jurusan Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Yogyakarta.

Kommarudin, (2001).Ensiklopedia Manajemen, Edisi IX, Jakarta : Bumi Aksara.

Nasdian, Fredian Tonny. (2014). Pengembangan Masyarakat.Yayasan Pustaka Obor Indonesia. Jakarta.

Mahadiansar, Ikhsan, K., Sentanu, I. G. E. P. S., & Aspariyana, A.(2020) Paradigma Pengembangan Model Pembangunan Nasional di Indonesia. Jurnal Ilmu Administrasi: Media Pengembangan Ilmu dan Praktek Administrasi https://doi.org/10.31113/jia.v17i1.550

Maryati, Sri (2018). Keberlanjutan Sistem Penyediaan Air Minum Berbasis Komunitas (Studi Kasus: Hippam Mandiri Arjowinangun, Kota Malang). Jurnal Wilayah Dan Lingkungan. P-ISSN: 2338-1604 dan E-ISSN: 2407-8751 Volume 6 Nomor 2, Agustus 2018, 131-147.

Mondy. R. Wayne dan Premeaux, Shane R. (1995). Management: Concepts, Practices, and Skills. Massachusetts : Allyn and

Pasolong, Harbani. (2008). Teori Administrasi Publik. Bandung: CV Alfabeta.

Phillips, Rhonda dan Robert H. Pittman. (2008). An Introduction to Community Development. Taylor & Francis E-Library. New York

Prihatin, Rohani Budi. (2015). Penyediaan Air Bersih di Indonesia: Peran Pemerintah, Pemerintah Daerah, Swasta, dan Masyarakat. Jakarta pusat: Pusat Pengkajian, Pengolahan Data dan Informasi (P3DI) Sekretariat Jenderal DPR RI.

Putnam, R.D. 2000. Bowling Alone: The Collapse and Revival of American Community. New York: Simon and Schuster

Qodriyatun, S. N. (2015) .Penyediaan Air Bersih Di Indonesia: Peran Pemerintah, Pemerintah Daerah, Swasta, Dan Masyarakat. Jakarta pusat.P3DI Setjen DPR RI dan Azza Grafika.

Robinson, Jerry W dan Gary Paul Green. (2011). Introduction to Community Development: Theory, Practice, and Service-Learning. SAGE Publication Inc. USA.

Santoso, A. H. M., Wahyono, B. (2017). Manajemen Pelayanan Program.VCT. HIGEIA, 2(2): 205- 215 (jurnal)

Santono.(2010). Air Bersih dan Sanitasi sebagai Kebijakan Sosial.Komunitas Indonesia untuk Demokrasi.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sulistiyani, A.T. (2004). Kemitraan dan Model-Model Pemberdayaan.Yogyakarta: Gaya Media

Syahra, Rusydi. 2003. “Modal Sosial: Konsep dan Aplikasi”. Jurnal Masyarakat dan Budaya, Vol 5 (1): 1-22

Swanepoel, Henni dan Frik De Beer. 2006. Community Development: Breaking The Cycle Of Poverty. Fourth Edition.Juta and Co Ltd. Lansdowne, South Africa.

Terry, George dan Leslie W. Rue.(2010). Dasar-dasar manajemen.Cetakan kesebelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Veriasa, Thomas dan Waite, Mashuri. (2018). Konsep pengembangan masyarakat in Book: antara pengembangan komunitas, pemberdayaan dan partisipasi. DO-10.13140.

Vitriyana, Igadhini. (2018). Manajemen Pelaksanaan Program Penyediaan Air Minumdan Sanitasi Berbasis Masyarakat.Higeia Journal Of Public Health Research&Development.http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/higeia.diakses pada tanggal 19 januari 2019.

Winarno, Budi. (2007). Kebijakan Publik :Teori dan Proses. Yogyakarta :Med Press

Yefni, Haris. M. 2019. Pemberdayaan Lingkungan Melalui Program Penyediaan Air Minum Dan Sanitasi Berbasis Masyarakat(Pamsimas) Desa Padang Mutung Kampar. Jurnal Masyarakat Madani Vol. 4 No. 1. Juni 2019

Yudiatmaja, W. E., Yudithia., Samnuzulsari, T., & Suyito. (2020). Social capital of local communities in the water resources management: an insight from Kepulauan Riau. MS&E, 771(1), 012067.

Yudiatmaja, W. E. (2016) Pembangunan Berbasis Kearifan Lokal: Kritik terhadap Model Pembangunan Kapitalis. Jurnal Dialektika Publik. 1(1), 100-113

Dokumen

Undang-undang dasar 1945 Pasal 33 ayat (1)

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah.

Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor :18/Prt/M/2007 Tentang Penyelenggaraan Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum.

Peraturan Bupati Bintan Nomor 01 Tahun 2018 Tentang pedoman Pelaksanaan Pengelolaan Sistem Penyediaan Air Minum.




DOI: http://dx.doi.org/10.31002/jpalg.v4i2.3492

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Rafi Hidayat, Adji Suradji Muhammad, Imam Yudhi Prastya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Journal of Public Administration and Local Governance

Public Administration Programme, Universitas Tidar

Jl.Kapten Suparman, No.39, Potrobangsan, Magelang Utara, Kota Magelang, Jawa Tengah, 56116

http://jurnal.untidar.ac.id/index.php/publicadmini

 P-ISSN: 2614-4433

 E-ISSN: 2614-4441