Title:


Introduksi Weekend Service di Kantor Badan Pertanahan Nasional Kota Tangerang, Provinsi Banten


Author:


Mail Samodra Wibawa(1*)
Mail Markus Bandhu(2)
Mail Fadlurrahman Fadlurrahman(3)

(1) Universitas Gadjah Mada, Indonesia
(2) Universitas Gadjah Mada, Indonesia
(3) Universitas Tidar, Indonesia
(*) Corresponding Author
10.31002/jpalg.v5i1.3858| Abstract views : 0 | PDF views : 0

Abstract


Penelitian ini mendeskripsikan pengelolaan perubahan yang dilakukan oleh Kantor Badan Pertanahan Nasional Kota Tangerang dengan ditambahkannya waktu kerja pada hari Sabtu dan Minggu. Dengan metode kualitatif ditemukan bahwa: (1) Pegawai pada prinsipnya tidak keberatan dengan penambahan waktu kerja, namun seringkali mereka absen atau terlambat masuk kerja; tapi sebaliknya (2) Penambahan jam kerja pada waktu weekend ini ternyata tidak maksimal dimanfaatkan oleh masyarakat pengguna layanan; (3) Motivasi pegawai untuk mejalankan tugas weekend service adalah motivasi intrinsik (pegawai memanfaatkan fasilitas kantor untuk menyelesaikan tugas lain) dan motivasi ekstrinsik (upaya pimpinan meyakinkan pegawai dengan cara: penerapan kelompok kerja, insentif, fleksibilitas waktu kerja dan penggunaan teknologi). Disarankan agar dilakukan evaluasi berkala guna menilai manfaat program ini, baik bagi pegawai maupun masyarakat.


Full Text:

PDF

References


Arifana, Dian. (2015). Pengaruh Manajemen Perubahan Terhadap Gaya Kepemimpinan Serta Dampaknya Pada Motivasi Kerja dan Kinerja Karyawan Di PT. Bank Tabungan Pensiunan Nasional Purna Bakti Cabang Jember.Jurnal Relasi, Vol. 11, No. 2.

Blum, M. L., dan Naylow, V. C. (1986). Industrial Psychology. New York, NY: Tennpen and Row.

Cummings, Thomas G., dan Christopher G. Worley. (2005). Organization Development & Change, 9th Edition. South Western.

Dent, Eric B., dan Susan G. Goldberg. (1999). Chalenging Resistance to Change.Journal of Applied Behavioral Science 1999; 35; 25.

Firdaus, A. (2017). Pengaruh Pemberian Insentif, Kompetensi dan Beban Kerja Terhadap Disiplin Kerja Keryawan pada PT. Bank Tabungan Pensiun Nasional (BTPN) Cabang Pekanbaru. JOM Fekon, Vol. 4, No. 1

Flagello, Jane R. (1998). Management Dynamics: Concepts on Management for a New Century. New York: Pearson Publications Company.

Gibson, James L., John M. Ivancevich, James H. Donnelly, dan Robert Konopaske. (2012). Organizations: Behavior, Structure, Processes, Fourteenth Edition. New York: McGraw-Hill.

Hariandja, Marihot Tua Effendi. (2002). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Grasindo.

Hasibuan, Malayu S. P. (2006). Organisasi dan Motivasi: Dasar Peningkatan Produktivitas. Jakarta: Bumi Aksara.

Hersey, Paul, dkk. Management of Organizational Behavior. (1996). New Jersey: Prentice-Hall, Inc.

Khoiron. (2017). Pelayanan Publik dan Keadilan Sosial. Publisa. Vol. 2, No. 1.

Kreitner, Robert dan Angelo Kinicki. (2004). Organizational Behavior. Fifth Edition. McGraw Hill. New York.

LAN. (2011). Strategi manajemen perubahan dan strategi komunikasi.

Nawawi, Hadari. (1997). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Bisnis yang Kompetitif. Yogyakarta: Gajah Mada University Press

Nutt, P. C. dan R. W. Backoff. (1997). Facilitating transformational change. Journal ofApplied Behavioral Science. Vol. 33, Issue 4

Osborne, Stephen P. dan Kerry Brown. (2005). Managing Change and Innovation in Public Service Organizations. Routledge: New york.

Reiss, M. (2012). Change Management; A Balanced and Blended Approach. Norderstedt; Books on Demand Gmbl I.

Ristiani, I. Y. (2020). Manajemen Pelayanan Publik Pada Mall Pelayanan Publik di Kabupaten Sumedang Provinsi Jawa barat. Coopetition: Jurnal Ilmiah Manajemen, XI (2), 165-177

Robbins, Stephen P. Dan Timothy A. Judge. (2009). Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.

Sabran dan Toni N. Kumayza. (2015). Kajian Manajemen Perubahan dalam Implementasi Reformasi Birokrasi di Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara. Jurnal Ilmu Sosial MAHAKAM, Vol. 4, No. 1

Winardi, J. (2005). Manajemen Perubahan. Jakarta: Kencana.

Yogaswara, F., M. Al Musadieq dan Ika Ruhana. (2014). Pengaruh Insentif Terhadap Motivasi dan Dampaknya pada Kinerja (Survei pada Karyawan AJB BUMIPUTERA 1912 Kantor Cabang Malang Celaket. Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. 9, No. 1




DOI: http://dx.doi.org/10.31002/jpalg.v5i1.3858

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Samodra Wibawa, Markus Bandhu, Fadlurrahman Fadlurrahman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Journal of Public Administration and Local Governance

Public Administration Programme, Universitas Tidar

Jl.Kapten Suparman, No.39, Potrobangsan, Magelang Utara, Kota Magelang, Jawa Tengah, 56116

http://jurnal.untidar.ac.id/index.php/publicadmini

 P-ISSN: 2614-4433

 E-ISSN: 2614-4441