Title:
Pelaksanaan Pelayanan Prima di Mal Pelayanan Publik Kabupaten Nganjuk
Author:
Abstract
Pelayanan Publik merupakan pelayanan yang wajib diberikan pemerintah kepada masyarakat. Pelayanan wajib yang wajib diberikan adalah pelayanan prima sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan dan menganalisis pelaksanaan pelayanan prima di Mal Pelayanan Publik Kabupaten Nganjuk. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan pedoman wawancara, observasi, dan analisis data. Hasil analisis yang sudah dilakukan peneliti dapat diketahui bahwa dari segi transparansi, akuntabilitas, kondisional, partisipatif, kesamaan hak dan keseimbangan hak serta kewajiban dapat berjalan dengan baik diikuti oleh pemikiran yang positif dari pihak pelayanan publik dan pengunjung sebagai konsumen di Mal Pelayanan Publik Nganjuk ini. Namun, terdapat perbaikan yang harus dilakukan pihak pelayanan publik, terutama dari sisi fasilitas pendukung.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Efendi, Nur. (2015). Pengembangan Sumber Daya Manusia Berbasis Kompetensi di Kantor Pemerintah Kota Bandar Lampung. Dalam MIMBAR. Volume 31, No.1 hal 1-10
G. Warni. (2014). Teori Pelayanan Publik. http://repository.uin-suska.ac.id/4070/3/BAB%20II.pdf
Moleong, LJ. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya
Muluk, Khairul. (2008). Knowledge Management: Kunci Sukses Inovasi Pemerintahan Daerah. Malang: Bayumedia Publishing.
Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. (2019). Mal Pelayanan Publik Suatu Perjalanan Pembaharuan. Jakarta, DKI: HUMAS Menpan RB. Diakses pada 16 September, 2020 dari https://www.menpan.go.id/site/berita-terkini/mal-pelayanan-publik-suatu-perjalanan-pembaharuan
Yuniningsih, Tri dkk. (2019). Pelayanan Publik di Era Otonomi Desa Antara Harapan dan Kenyataan (Sebuah Tinjauan Kritis). Journal of Public Administration and Local Governance. 1973-5551-1-SM.pdf
DOI: http://dx.doi.org/10.31002/jpalg.v5i2.4803
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Cited By
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Dida Rahmadanik, Shafira Ayu Permatasari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Journal of Public Administration and Local Governance
Public Administration Programme, Universitas Tidar
Jl.Kapten Suparman, No.39, Potrobangsan, Magelang Utara, Kota Magelang, Jawa Tengah, 56116
http://jurnal.untidar.ac.id/index.php/publicadmini
P-ISSN: 2614-4433
E-ISSN: 2614-4441