Title:


Pelaksanaan Pelayanan Prima di Mal Pelayanan Publik Kabupaten Nganjuk


Author:


Mail Dida Rahmadanik(1*)
Mail Shafira Ayu Permatasari(2)

(1) Program Studi Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, Indonesia
(2) Program Studi Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, Indonesia
(*) Corresponding Author
10.31002/jpalg.v5i2.4803| Abstract views : 0 | PDF views : 0

Abstract


Pelayanan Publik merupakan pelayanan yang wajib diberikan pemerintah kepada masyarakat. Pelayanan wajib yang wajib diberikan adalah pelayanan prima sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan dan menganalisis pelaksanaan pelayanan prima di Mal Pelayanan Publik Kabupaten Nganjuk. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan pedoman wawancara, observasi, dan analisis data. Hasil analisis yang sudah dilakukan peneliti dapat diketahui bahwa dari segi transparansi, akuntabilitas, kondisional, partisipatif, kesamaan hak dan keseimbangan hak serta kewajiban dapat berjalan dengan baik diikuti oleh pemikiran yang positif dari pihak pelayanan publik dan pengunjung sebagai konsumen di Mal Pelayanan Publik Nganjuk ini. Namun, terdapat perbaikan yang harus dilakukan pihak pelayanan publik, terutama dari sisi fasilitas pendukung.


Keywords


Masyarakat; Pelaksanaan Pelayanan; Mal Pelayanan Publik.

Full Text:

PDF

References


Efendi, Nur. (2015). Pengembangan Sumber Daya Manusia Berbasis Kompetensi di Kantor Pemerintah Kota Bandar Lampung. Dalam MIMBAR. Volume 31, No.1 hal 1-10

G. Warni. (2014). Teori Pelayanan Publik. http://repository.uin-suska.ac.id/4070/3/BAB%20II.pdf

Moleong, LJ. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya

Muluk, Khairul. (2008). Knowledge Management: Kunci Sukses Inovasi Pemerintahan Daerah. Malang: Bayumedia Publishing.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. (2019). Mal Pelayanan Publik Suatu Perjalanan Pembaharuan. Jakarta, DKI: HUMAS Menpan RB. Diakses pada 16 September, 2020 dari https://www.menpan.go.id/site/berita-terkini/mal-pelayanan-publik-suatu-perjalanan-pembaharuan

Yuniningsih, Tri dkk. (2019). Pelayanan Publik di Era Otonomi Desa Antara Harapan dan Kenyataan (Sebuah Tinjauan Kritis). Journal of Public Administration and Local Governance. 1973-5551-1-SM.pdf




DOI: http://dx.doi.org/10.31002/jpalg.v5i2.4803

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Dida Rahmadanik, Shafira Ayu Permatasari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Journal of Public Administration and Local Governance

Public Administration Programme, Universitas Tidar

Jl.Kapten Suparman, No.39, Potrobangsan, Magelang Utara, Kota Magelang, Jawa Tengah, 56116

http://jurnal.untidar.ac.id/index.php/publicadmini

 P-ISSN: 2614-4433

 E-ISSN: 2614-4441