Title:


Pelaksanaan InovasiiPelayanan PerizinaniMelalui Program “Debat” padaiDinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Pasaman


Author:


Mail Yesi Oktavia(1*)
Mail Sujianto Sujianto(2)

(1) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Riau, Pekanbaru, Indonesia
(2) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Riau, Pekanbaru, Indonesia
(*) Corresponding Author
10.31002/jpalg.v5i2.4805| Abstract views : 0 | PDF views : 0

Abstract


Pada masa sekarang ini perizinan berusaha sudah menggunakan sistem online namun tingkat pengetahuan masyarakat terhadap perizinan online masih rendah. Dalam upaya meningkatkan pelayanan perizinan dan meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap perizinan online DinasiPenanaman Modalidan PelayanankTerpadu SatukPintu KabupatenkPasaman membuat suatu inovasi program baru yang diberi nama program DEBAT dimana DEBAT ini singkatan dari (Datangi, Edukasi, Bantu, Terbitkan). Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan inovasi pelayanan perizinan melalui program DEBAT pada DinasiPenanaman ModalidaniPelayanan TerpaduDSatu PintuDKabupaten PasamanGdan apa saja faktor penghambat pelaksanaan inovasi tersebut. Lokasi penelitian ini dilakukan di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Pasaman. Jenis dan sumber data dalam penulisan ini ialah data primer dan data sekunder. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan wawancara. Analisis data melalui tahapan mulai dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa dalam pelaksanaan program DEBAT bahwa secara umum Pelaksanaan Inovasi Pelayanan Perizinan Melalui Program DEBAT Pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Pasaman sudah berjalan cukup baik. Dalam penerapan inovasi menurut Rogers terdapat beberapa atribut yang dapat dijadikan ukuran untuk menilai pelaksanaan inovasi yang telah disimpulkan yaitu sebagai berikut: Keuntungan Relatif, Adapun keuntungan yang dirasakan masyarakat salah satunya yaitu biaya ongkos yang dikeluarkan untuk mengurus izin berkurang. Kesesuaian, bahwa program DEBAT ini bertujuan untuk memberi kemudahan masyarakat dalam mengurus izin dan program DEBAT ini sangat sesuai dengan kebutuhan masyarakat saat ini. Kerumitan, dalam pelaksanaan inovasi DEBAT ini terkendala akan jaringan dan kegagapan masyarakat akan teknologi yang membuat pelayanan menjadi lebih lama dari waktu yang ditargetkan sebelumnya. Kemungkinan dicoba, Inovasi Program DEBAT telah di uji coba di Kecamatan Bonjol. Kemudahan diamati, dengan hadirnya inovasi DEBAT ini masyarakat merasa terbantu sekali dan mempermudah masyarakat memahami sistem perizinan online.


Keywords


E-Government; Pelaksanaan; Inovasi; Program.

Full Text:

PDF

References


Aji, Retu dkk. (2017). Inovasi Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Kabupaten Sidoarjo Dalam Meningkatkan Kualitas layanan. Universitas Muhamadiyah Semarang.

Anggraini, F. (2019). Pelaksanaan Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik Pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) (Perspektif Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2018). Universitas Negeri Semarang.

Arya, F. A. (2018). AJEP: Strategi Inovasi Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu dan Perindustrian Kabupaten Padang Pariaman Dalam Pelayanan Publik. Jurnal Administrasi dan Kebijakan Publik: Universitas Andalas.

Darman, D. (2018). Inovasi Sektor Publik Dalam Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor Kota Makasar. Universitas Negeri Makasar.

Julianto, M. I. (2019). Pelaksanaan Inovasi Pelayanan Perizinan Oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Pekanbaru Tahun 2016-2017. JOM FISIP, Vol. 6: Universitas Riau.

Karina, R., & Hany, E. (2019). Inovasi Program Online Single Submission (OSS) Dalam Layanan Izin Usaha Di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Sidoarjo. Univesitas Negeri Surabaya.

Kemurata, H. (2020). Analisis Penyelenggaraan Inovasi Pelayanan Publik Pada Mal Pelayanan Publik Kota Pekanbaru. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim.

Noviantama, Y. (2017). Implementasi Kebijakan Program Pendamping Desa Di Desa Bogorejo Kecamatan Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran. Universitas Lampung.

Robby, B. & Tarwini, W. (2019). Inovasi Pelayanan Perizinan Melalui Online Single Submission (OSS): Studi Pada Izin Usaha Di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Bekasi. Jurnal Ilmiah Administrasi Pembangunan.

Septiadi, A. (2019). Pelaksanaan Inovasi Pelayanan Perizinan Pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Cirebon. Universitas Padjadjaran.

Shory, R., & R.F.S Tua Harapan. (2019). Kemiskinan, Inovasi dan Program Keluarga Harapan. Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 15, 293-299. Januari 2019.

Suriadi. (2019). Inovasi Pelayanan Izin Usaha Kecil dan Mikro (UKM) Di Kabupaten Luwu Utara. Universitas Muhammadiyah Makasar.

Hardiyansyah. (2001). Kualitas Pelayanan Publik (konsep, dimensi, implementasinya). Yogjakarta: Gava Media.

Haris, H. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Salemba Humainika.

HR, R. (2016). Hukum Administrasi Negara. Jakarta: Rajawali Pers.

Muluk, M. & R. Khairul. (2008). Knowlage Management (Kunci Sukses Inovasi Pemerintah Daerah). Malang: Banyumedia.

Nugroho D., Riant. (2004). Kebijakan Publik, Formulasi, Implementasi dan Evaluasi. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Nugroho D., Riant. (2013). Metode Penelitian Kebijakan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.31002/jpalg.v5i2.4805

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Yesi Oktavia, Sujianto Sujianto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Journal of Public Administration and Local Governance

Public Administration Programme, Universitas Tidar

Jl.Kapten Suparman, No.39, Potrobangsan, Magelang Utara, Kota Magelang, Jawa Tengah, 56116

http://jurnal.untidar.ac.id/index.php/publicadmini

 P-ISSN: 2614-4433

 E-ISSN: 2614-4441