Title:


Evaluasi Kebijakan Pendidikan Jarak Jauh Pada Program TTM Studi di Kecamatan Mangoli Utara


Author:


Mail Mohbir Umasugi(1*)

(1) Program Studi Administrasi Negara, Fakultas Hukum, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Terbuka, Indonesia
(*) Corresponding Author
10.31002/jpalg.v5i2.4808| Abstract views : 0 | PDF views : 0

Abstract


Akses dan kualitas pendidikan masih menjadi permasalahan mendasar dalam pengembangan pendidikan tinggi. Pelaksanaan kebijakan pendidikan jarak jauh dengan berbagai model diharapkan mampu memberikan akses dan kualitas pendidikan kepada seluruh masyarakat. Salah satu model tersebut yakni tutorial tatap muka (TTM). Maka tulisan bertujuan mengevaluasi pelaksanaan program TTM di Kecamatan Mangoli Utara. Pendekatan kualitatif deskriptif digunakan untuk mengevaluasi pelaksanaan tutorial, evaluasi tugas Pokjar dalam mendukung program TTM, dan evaluasi peran UPBJJ UT Ternate dalam pelaksanaan TTM. Wawancara kepada mahasiswa, pokjar, dan perwakilan UPBJJ UT Ternate, serta observasi dan studi dokumentasi terkait dengan pelaksanaan TTM akan digunakan sebagai teknik pengambilan data. Hasil penelitian di lapangan menunjukkan bahwa pelaksanaan TTM di Kecamatan Mangoli Utara sudah berjalan sesuai dengan tahapan dalam program TTM, yakni dimulai dari tahap awal tutorial, tahap inti tutorial, dan tahap akhir tutorial. Dalam pelaksanaan TTM, penilaian tutor kepada mahasiswa dinilai dari partisipasi dan tugas mahasiswa. Selanjutnya peran Pokjar di Falabisyahaya sangat maksimal dalam memberikan sosialisasi jadwal TTM, pengambilan buku mata pelajaran, dan pemberitahuan informasi akademik kepada mahasiswa. Sehingga mahasiswa sangat antusias mengikuti TTM. Namun, peran UPBJJ UT Ternate dalam mengiriman buku BMP masih terjadi keterlambatan, sehingga dikeluhkan oleh mahasiswa.


Keywords


Evaluasi; Pendidikan Jarak Jauh; Tutorial.

Full Text:

PDF

References


Anita, A. S. (2017). Penilaian Tutor Terhadap Penguasaan Pengelolaan Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7 (1), 75-81

Asiah, N., Irawan, W., & Husani, S. (2014). Evaluasi Pelaksanaan Tutorial Tatap Muka Program Pendas UPBJJ-UT Gorontalo. Laporan Penelitian Dosen Madya. Universitas Terbuka. Diunduh pada 8 Februari 2020 dari http://repository.ut.ac.id/5922/.

Belawati, T. (2000). Enhancing Learning In Distance Education Through The World Wide Web. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, 1 (1).

Garrison, D. R. (1993). Quality and access in distance education: Theoretical consideration. Routlede: New York.

Harsono, S. (2017). Pengaruh Kepemimpinan, Kedisiplinan dan Komunikasi Terhadap Kinerja Melalui Motivasi Pada Tutor Universitas Terbuka (Studi Pada Kelompok Belajar Wonosobo II UPBJJ Yogyakarta Universitas Terbuka), di akses dari https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&as_ylo

Herman. (2010). Penilaian Peserta Terhadap Kinerja Tutor, dan Hasil Tutorial dan Biaya Tutorial pada Tutorial Tatap Muka di Universitas Terbuka. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, 11 (2), 84-98

Katalog UT. (2019). Sistem Penyelenggaraan. Penerbit Universitas Terbuka.

Kawengian, D. D & Rares, J. J. (2015). Evaluasi Kebijakan Pencegahan dan Pemberantasan Perdagangan Manusia Terutama Perempuan dan Anak di Kabupaten Minahasa Selatan Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal Acta Diurna, Vol 4, No 5.

Sahusilawane, W., & Hiariej, L. S. (2014). Evaluasi Pelaksanaan Tutorial Tatap Muka Pendidikan Dasar Di Kabupaten Seram Bagian Barat Pada UPBJJ-UT Ambon. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, 15 (1), 54-61.

Sari, Widya, Rifki, Andi Muhammad, dan Karmila Mila. (2020). Analisis Kebijakan Pendidikan Terkait Implementasi Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Darurat Covid-19, Jurnal MEMPESONA, Vol 3, no.2, pp 1-13

Simanjuntak, H., & Rumanta, M. (2013). Kualitas Pelaksanaan Tutorial Tatap Muka S-1 Pendas di UPBJJ-UT Pangkalpinang. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, 14 (2), 120-131.

Triyono, P, dkk. (2010). Evaluasi Pelaksanaan Tutorial S1 PAUD FKIP-UT Semester 8 di Kabupaten Wonosobo. Laporan Penelitian. UPBJJ-UT Semarang.




DOI: http://dx.doi.org/10.31002/jpalg.v5i2.4808

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Mohbir Umasugi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Journal of Public Administration and Local Governance

Public Administration Programme, Universitas Tidar

Jl.Kapten Suparman, No.39, Potrobangsan, Magelang Utara, Kota Magelang, Jawa Tengah, 56116

http://jurnal.untidar.ac.id/index.php/publicadmini

 P-ISSN: 2614-4433

 E-ISSN: 2614-4441