Title:


Pelaksanaan Kerja Sama Antar Daerah: Studi Kerja Sama Tiga Daerah di Provinsi Maluku Utara


Author:


Mail Mohbir Umasugi(1*)

(1) Universitas Terbuka, Indonesia
(*) Corresponding Author
10.31002/jpalg.v6i1.5654| Abstract views : 0 | PDF views : 0

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan kerja sama tiga daerah di Provinsi Maluku Utara yaitu antara Pemerintah Kota Ternate, Pemerintah Kota Tidore Kepulauan, dan Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat. Penelitian ini fokus mengkaji berbagai program yang dilakukan oleh masing-masing pemerintah daerah dari tahun 2017-2019. Pendekatan studi kasus dengan metode kualitatif digunakan untuk mengambarkan permasalahan secara obyektif tentang pelaksanaan kerja sama tiga daerah. Data primer diambil melalui wawancara dan data sekunder diperoleh dari kajian dokumen kerja sama ini digunakan untuk analisis permasalahan di lapangan dengan teknik reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasilnya ditemukan bahwa kesepakatan kerja sama yang ditandatangai tiga kepala daerah dalam bentuk MoU (Memorandum Of Understanding) ini tidak berjalan sesuai dengan rencana yang sudah disusun dalam dokumen kerja sama. Hanya Pemerintah Kota Ternate yang melaksanakan beberapa kegiatan untuk mendukung pelaksanaan kerja sama. Sedangkan Pemerintah Kota Tidore Kepulauan dan Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat belum memasukan secara spesifik program kegiatan kerja sama di dalam rencana kerja dan anggaran (RKA) dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2018 dan 2019.  

 


Keywords


Kerja Sama Ekonomi; Pertanian; Pariwisata.

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Benjamin. (2009). Memahami Dasar Regional Managemen & Regional Marketing Instrument Strategis Pembangunan Wilayah dan Kota Dalam Memahami Tantangan Globalisasi dan Implikasi Pelaksanaan Otonomi Daerah. Semarang: LEKAD.

Adhitya Eka Putranto. (2013). Peran BKAD Subosukawonosraten dalam Kerja sama Antar Daerah. Jurnal Pembangunan Wilayah dan Kota. Volume 9 (2): 111-121 Juni 2013.

Agranoff, Robert. A New Look at the Value-Adding Functions of Intergovermental Networks. Paper presented for Seventh National Public Management Research Conference, Georgetown University, October 9-11, 2003.

BP3D. (2016). Master Plan Kerja sama Antar Daerah Se-Halmahera Barat, Ternate dan Tidore. Ternate : BP3D.

Bugin, B. (2008). Analisis Data Penelitian Kualitatif : Pemahaman Filosofis dan Metodologis ke Arah Penguasaan Model Aplikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Creswell, J.W. (2010). Research Desaign: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hardi Warsono. Networking dalam Intergovernmental Management. http://ejournal.undip.ac.id/index.php/dialogue/article/viewFile/426/302, diakses pada tanggal 28 Januari 2020

Keban, Y.T. (1999). Kerja sama Antar Pemerintah Daerah Dalam Era Otonomi: Isu Strategis, Bentuk Dan Prinsip.

Kumorotomo, Wahyudi. (2015). Pola Kepemimpinan Kolektif Dalam Kerja sama Antar Daerah Yang Fungsional: Studi Kasus Kartamantul. Yogyakarta: Research Days Fisipol UGM.

Moleong, L.J. (2011). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muhaidin. (2015). Kerja sama Antar daerah Dalam Pengembangan Pariwisata Teluk Saleh, Pulau Moyo Dan Gunung Tambora (Samota) Tahun 2015. Prosiding Konferensi Nasional Ke- 3, Asosiasi Program Pascasarjana Perguruan Tinggi Muhammadiyah Yogyakarta (APPPTM)

Pratikno, et.al. (2004). Mengelola Dinamika Politik dan Sumberdaya Daerah. Yogyakarta: PLOD-Departemen Dalam Negeri.

Priyambodo, Raditya Dwi. (2015). Kepemimpinan Sekretariat Bersama Kartamantul dalam Kerja sama Antar Daerah Kawasan Urban Daerah Istimewa Yogyakarta. Yogyakarta: Research Days Fisipol UGM.

Rinanda, Rahmat. Fahjri. (2016). Policy Paper : Masa Depan Kelembagaan Kerja sama Antar Daerah, Studi Kasus : Sekber Kartamantul. Skripsi Karya tidak dipublikasikan. Departemen Politik dan Pemerintahan Universitas Gadjah Mada.

Sugiyono. (2015). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31002/jpalg.v6i1.5654

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Mohbir Umasugi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Journal of Public Administration and Local Governance

Public Administration Programme, Universitas Tidar

Jl.Kapten Suparman, No.39, Potrobangsan, Magelang Utara, Kota Magelang, Jawa Tengah, 56116

http://jurnal.untidar.ac.id/index.php/publicadmini

 P-ISSN: 2614-4433

 E-ISSN: 2614-4441