Title:


ANALISIS SOUND GOVERNANCE: SIKAP PEMERINTAH DAERAH TERHADAP KETERLIBATAN NGO DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PESISIR


Author:


Mail Dian Prima Safitri(1*)
Mail Edison Edison(2)
Mail Fitri Kurniasih(3)

(1) Prodi Ilmu Administrasi Negara, FISIP Universitas Maritim Raja Ali Haji, 
(2) Prodi Ilmu Administrasi Negara, FISIP Universitas Maritim Raja Ali Haji, 
(3) Prodi Ilmu Administrasi Negara, FISIP Universitas Maritim Raja Ali Haji, 
(*) Corresponding Author
10.31002/jpalg.v2i1.636| Abstract views : 434 | PDF views : 0

Abstract


Penelitian ini mengkaji persoalan respond pemerintah daerah khususnya terkait sikap pemerintah dalam dimensi Sound Governance terhadap Non Government Organization (NGO) yang sangat aktif melakukan pemberdayaan masyarakat pesisir. Kegiatan pemberdayan tersebut dilakukan di Kabupaten Bintan Kepulauan Riau (Kepri). Setting penelitian ini di lokasi Kampung Wisata Panglong di Desa Berakit Kabupaten Bintan. Penelitian ini menerapkan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data diperoleh melalui informan kunci yang ditentukan secara bertujuan (purposive).

NGO yang dimaksud adalah The Island Foundation (TIF) yang telah mengembangkan beberapa kegiatan dalam pemberdayaan. Diantaranya adalah Education and Literacy Program, Village and Development Program, dan Health and Nutrition. Atas keaktifan NGO ini tentu memnimbulkan tanda tanya dimana peran pemerintah daerah. Oleh karena itu, melalui kajian ini akan dilakukan pengamatan bagaimana pemerintah bersikap apakah berkolaborasi dalam kemitraan atau kontraproduktif terhadap potensi peran serta NGO TIF ini. Dari hasil penelitian diketahui bahwa dimensi sound governance yang berperan optimal adalah dimensi organisasi dan institusi, dimensi sector dan dimensi kekuatan internasional. Hambatan dalam kemitraan ini antara lain, peluang ini belum dipahami oleh pemerintah daerah baik di level Kab, Bintan maupun Pemerintah Desa Berakit. Dengan kata lain, kemitraan positif antara pemerintah  dengan TIF belum terjalin dengan seimbang. Kehadiran TIF sejauh ini lebih terlihat sebagai kesempatan mengalihkan peran, daripada sebagai mitra pembangunan.


Full Text:

PDF

References


Adisasmita, Rahardjo, 2015. Analisis Pembangunan Wilayah, Kelautan, Maritim, Terisolasi, Terpencil, Tertinggal, Perbatasan, Pesisir, Pulau-pulau Kecil, Archipilago dan Semeja

Ansell, Chris and Alison Gash. 2007. Collaborative Governance in Theory and Practice. Journal of Public Administration Research. Published: Oxford University Press

Bevir, Mark. 2004. Governance And Interpretation: What Are The Implication of Postfoundationalism?. Public Administration Jornal. Vol 82, No. 3 USA: Blackwell Publishing Ltd.

Cho, Chung-Lae. et. al. 2005. Translating National Policy Objectives into Local Achievements across Planes of Governance and among Multiple Actors: Second-Order Devolution and Welfare Reform Implementation. Journal of Public Administration Research and Theory, Vol. 15, no. 1.

Denzin, Norman K. dan Lincoln. 2009. Pendahuluan: Memasuki Bidang Penelitian Kualitatif, dalam Denzin, Norman K. dan Lincoln (ed). 2009. Handbook of Qualitative Research. Pustaka Pelajar: Yogyakarta Irianto, Yoyon, et.al. 2010. “Pemasaran Pendidikan”, dalam Tim Dosen Administrasi Pendidikan UPI. 2010. Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Domai, Tjahjanulin. 2011. Sound Governance. Malang: Universitas Brawijaya Press.

Farazmand, Ali. 2004. Globalization and Governance: A Theoretical Analysis. In Farazmand, Ali. ed. 2014. Sound governance : policy and administrative innovations. USA: Praeger Publisher.

Hatifah, SJ.S. 2009. Inovasi Partisipasi dan Good Governace. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia

Moleong, Lexy. J. 2001. Metodologi Penelitian Kualitatif. Rosda: Bandung

Sarundajang, S.H. 2005. Babak Baru Sistem Pemerintahan Daerah. Jakarta: Kata Hasta Pustaka

Skelcher, Chris, et. al. 2005. The Public Governance of Collaborative spaces: Discourse, Design And Democracy. Public Administration Jornal. Vol 83, No. 3. USA: Blackwell Publishing Ltd.

Sulistiyani, Ambar Teguh. 2004. Kemitraan Dan Model-Model Pemberdayaan Masyarakat. Yogyakarta: Gava Media

Sedarmayanti dan Syarifudin Hidayat. 2002. Metodologi Penelitian.CV. Mandar Maju. Bandung.

Perhubungan Kota Malang) . Jurnal Administrasi Publik (JAP). 3(1). pp. 87-93

Suaedi, Falih dan Bintoro Wardiyanto. (2010). Revitalisasi Administrasi Negara. Reformasi Birokrasi dan e-Governance. Yogyakarta. Graha Ilmu.




DOI: http://dx.doi.org/10.31002/jpalg.v2i1.636

Article Metrics

Abstract view : 434 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal of Public Administration and Local Governance



Journal of Public Administration and Local Governance

Public Administration Programme, Universitas Tidar

Jl.Kapten Suparman, No.39, Potrobangsan, Magelang Utara, Kota Magelang, Jawa Tengah, 56116

http://jurnal.untidar.ac.id/index.php/publicadmini

 P-ISSN: 2614-4433

 E-ISSN: 2614-4441