Title:


Transformasi SMP Al-Irsyad Dalam Implementasi Program Sekolah Penggerak


Author:


Mail Fachria Yamin Marasabessy(1*)

(1) Universitas Terbuka, Indonesia
(*) Corresponding Author
10.31002/jpalg.v7i1.7450| Abstract views : 0 | PDF views : 0

Abstract


Penelitian ini bertujuan menganalisis berbagai Langkah perubahan yang dilakukan oleh sekolah SMP Al-Irsyad dalam melaksanakan program sekolah penggerak. Dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif maka analisis difokuskan pada transformasi penguatan sumber daya manusia di sekolah, pembelajaran, dan digitalisasi sekolah. Pengambilan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi terkait dengan program sekolah penggerak. Dimana peneliti turun langsung melakukan wawancara kepada informan yang telah ditentukan. Analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa SMP Al-Irsyad dalam melaksanakan program sekolah penggerak melakukan berbagai perubahan. Perubahan ini difokuskan pada penguatan sumber daya manusia di sekolah, mengimplementasikan kurikulum merdeka dengan menjalankan berbagai pendekatan pembelajaran, dan berupaya mendorong pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran di sekolah.


Keywords


Transformasi; Sekolah Penggerak; SMP.

Full Text:

PDF

References


Dewanti, A. K. (2021). Program Sekolah Penggerak. Arsip Publikasi Ilmiah Biro Administrasi Akademik, Universitas Muhammadiyah Malang.

Grindle, M. S. (1980). Politics and Policy Implementation in The Third World. New Jersey: Princeton University Press.

Herwina, W. (2021). Optimalisasi Kebutuhan Siswa dan Hasil Belajar dengan Pembelajaran Berdiferensiasi . PERSPEKTIF, 175-182.

Hidayati, N., Hidayati, D., Saputro, Z. H., & Lestari, T. (2023). Implementasi Pembelajaran Projek pada Sekolah Penggerak di Era Digital. Journal of Education and Teaching (JET), 4(1), 69-82.

Irvani, A. I., Ainissyifa, H., & Anwar, A. K. (2023). In House Training (IHT) Implementasi Kurikulum Merdeka di Komite Pembelajaran sebagai Komunitas Praktisi Sekolah Penggerak. JPM: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 160-166.

Kemendikbutristek. (2021). Program Sekolah Penggerak. Diakses 25 Maret 2023 dari https://psp-web.pauddikdasmen.kemdikbud.go.id/#/home

Lubis, S. H. H., Milfayetti, S., Lubis, M. J., & Purba, S. (2022). Peningkatan Sumber Daya Manusia Guru Melalui Program Guru Penggerak. Jurnal Syntax Admiration, 3(6), 823-832.

Malikah, S., Winarti, W., Ayuningsih, F., Nugroho, M. R., Sumardi, S., & Murtiyasa, B. (2022). Manajemen Pembelajaran Matematika pada Kurikulum Merdeka. Edukatif: Jurnal Ilmu Pengertahuan, 4(4), 5912-5918.

Mulyasa, H. E. (2021). Menjadi guru penggerak merdeka belajar. Bumi Aksara.

Munadi, Muhammad dan Barnawi. (2011). Kebijakan Publik di Bidang Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Nari, N. (2022). Analisis Implementasi Program Kurikulum Merdeka Tingkat SMP/MTs Melalui Guru Sebagai Sarana Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(2), 83-95.

Ningsih, K. D., Harapan, E., & Destiniar, D. (2021). Pengaruh komite sekolah dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap peningkatan mutu pendidikan. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 6(1), 1-14.

Rahayuningsih, S., & Rijanto, A. (2022). Upaya Peningkatan Kompetensi Kepala Sekolah sebagai Pemimpin Pembelajaran pada Program Sekolah Penggerak di Nganjuk. JAMU: Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 2(02), 120-126.

Ristanti, W. (2023). Implementasi Program Literasi Membaca Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Penggerak (Studi Kasus Di SMP Warga Surakarta) (Doctoral dissertation, UNS (Sebelas Maret University)).

Setiawan, F., Saputra, R., Yuliatin, A. T., & Ilham, M. (2021). Implementasi Kebijakan Pendidikan. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 4(2), 362-365.

Solichin, M. (2015). Implementasi Kebijakan Pendidikan Dan Peran Birokrasi. Religi: Jurnal Studi Islam, 6(2), 148-178.

Susanto, M. A., Sandi, E. A., & Shofiani, A. K. A. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dan Kreativitas Menulis Cerpen Peserta Didik Program Sekolah Penggerak Angkatan Pertama Jenjang SMP Kota Probolinggo. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 181-190.

Syafaaturrahman, H. (2023). Manajemen Sekolah Penggerak (Studi Deskriptif di SMP Muhammadiyah Al Mujahidin Gunungkidul Yogyakarta) (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA).

Syafi’i, F. F. (2022, January). Merdeka belajar: sekolah penggerak. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.

Tilaar, H.A.R. (2009). Kekuasaan dan Pendidikan: Manajemen Pendidikan Nasional dalam Pusaran Kekuasaan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Wibawa, S. (1994). Kebijakan Publik; Proses dan Analisis. Jakarta: Intermedia.

Wijayanti, P. S., Herawati, R., Sari, R. N., Warniasih, K., & Jamilah, F. (2022). Pemantapan Komite Pembelajaran Dalam Menghadapi Kenaikan Kelas Pada Fase D Di Sekolah Penggerak SMP N 4 Patuk. Jubaedah: Jurnal Pengabdian dan Edukasi Sekolah (Indonesian Journal of Community Services and School Education), 2(2), 204-212.

Winarno, B (2008). Kebijakan Publik; Teori dan Proses. Yogyakarta: MedPress.

Yuliah, E. (2020). Implementasi Kebijakan Pendidikan. Jurnal At-Tadbir: Media Hukum dan Pendidikan, 30(2), 129-153.

Yuliani, S., Yulianto, Y., & Rahayu, S. (2022). Pendampingan Sistem Manajemen Sekolah dengan adanya Technology Awareness di SMP Negeri 13 Dumai. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 6(2), 429-437.




DOI: http://dx.doi.org/10.31002/jpalg.v7i1.7450

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Facriah Marassabesy

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Journal of Public Administration and Local Governance

Public Administration Programme, Universitas Tidar

Jl.Kapten Suparman, No.39, Potrobangsan, Magelang Utara, Kota Magelang, Jawa Tengah, 56116

http://jurnal.untidar.ac.id/index.php/publicadmini

 P-ISSN: 2614-4433

 E-ISSN: 2614-4441